Tutorial Jommla, Wp E-Commerce dan OSCommerce

Posted: 12th May 2010 by Mohamad Muhdin in Uncategorized
Comments Off on Tutorial Jommla, Wp E-Commerce dan OSCommerce

TUTORIAL JOOMLA

Kebutuhan

  • Jika anda menggunakan sistem  operasi Windows anda dapat menginstall XAMPP http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html
  • Jika anda menggunakan Sistem operasi Linux, install apache, php dan MYSQL

Instalasi

Peletakkan Direktori ekstrak paket Joomla pada direktori  /var/www. Misal : /var/www/padslab dan

Ubah pemilikan direktori dan akses  file agar dapat diakses dari luar

  • root@dcslab-linux:/home/aini# cd /var/www/
  • root@dcslab-linux:/var/www# find /var/www/padslab/ -type d -exec chmod 755 {} \;
  • root@dcslab-linux:/var/www# find /var/www/padslab/ -type f -exec chmod 644 {} \;
  • root@dcslab-linux:/var/www#
    chown -R www-data:www-data padslab/

CEK INSTALASI WEB

http://localhost/nama_folder/

Contoh : http://localhost/padslab

hapus folder installation pada folder tempat ekstrak Joomla kemudian refresh lagi.

HALAMAN ADMINISTRATOR

http://localhost/nama_folder/administrator/

SECTION DAN KATEGORI

 Section merupakan bagian tertinggi

 Section terdiri atas kategori

 Kategori terdiri atas artikel

MEMBUAT SECTION

MEMBUAT KATEGORI

MEMBUAT ARTIKEL

BLOG – CONTENT CATEGORY

Blog – Content Category

MEMBUAT MENU

MEMBUAT MENU

 Menu Atas = Menu Top

 Membuat Menu Utama = Main Menu    Biasanya terletak di samping

 Membuat Menu User = User Menu  Menu akan muncul jika user login

lihattutorial video  tutorial

T UTORIAL MUDAH CARA MEMBUAT TOKO ONLINE MENGGUNAKAN WORDPRESS 2.7

Salah satu cara membuat toko online adalah dengan menggunakan mesin blog seperti WordPress (WP). Hal ini disebabkan kelebihan WP yang bisa diinstall dengan beragam plugin dengan beragam fitur dan fungsi. Dalam hal toko online, ada plugin yang memang ditujukan untuk hal tersebut, yaitu plugin WP-eCommerce. Bagaimana caranya membuat toko online dengan WP-eCommerce? Ikuti langkah2nya berikut ini.

Pertama, anda download dulu plugin WP-Commerce dari Instinct Entertainment disini (asumsi anda sudah menginstal WP).

Kalo sudah, install dengan cara:

1. Ekstrak dulu

2. Kemudian copy ke direktory wp-content/plugins

3. Login admin, klik menu Plugins disebelah kiri sehingga muncul halaman plugin

Aktifkan WP Shopping Cart dengan mengklik activate

Sejauh ini anda sudah mempunyai plugin eCommerce, tetapi anda masih belum bisa menggunakannya, karena anda butuh template khusus untuk e-Commerce. Anda bisa mendapatkan template khusus eCommerce gratis dari billionstudio dengan mendownloadnya disini.

Setelah download selesai, anda aktifkan template Crafty cart dengan cara.

1. Ekstrak file template dan copykan ke direktory wp-content/themes

2. Login admin (jika belum login), klik menu Appearance di sebelah kiri sehingga muncul halaman template.

3. Klik template Crafty Cart untuk mengaktifkannya. selesai.

Whoala.. toko online anda sudah jadi.

Tapi, tunggu dulu. Toko online anda masih kosong, masih belum ada produknya. Sebelum anda mulai menampilkan produk anda, anda masih harus melakukan beberapa settingan. Anda perhatikan di sebelah kiri anda halaman admin anda, ada tambahan menu Product seperti dibawah ini.

Klik pada menu Settings, dan lakukan perubahan pada item Base Country dan Currency Settings. Pilih Indonesia untuk keduanya (itu jika anda mau menjual produk dengan target segmen lokal).

OK, selesai. Sebenarnya masih ada beberapa setting yang perlu dilakukan, seperti payment option, tapi nanti bisa terlalu panjang postingannya. Insy di posting selanjutnya.

Nah, sekarang kita akan memasukkan produk perdana kita. Klik menu Manage Products sehingga muncul halaman Products. Dan masukkan deh, produk anda satu-persatu disana lengkap dengan gambar produk anda. Anda bisa bermain-main sendiri dengan plugin ini karena sangat mudah. Coba tambah group dan kategori produk anda secara mandiri, pasti bisa! Nih, screenshot hasil saya.

Tutorial instalasi osCommerce

Persiapan awal install oscommerce

Download Oscommerce Silahkan anda download program oscommerce yang ada di URL http://www.oscommerce.com/solutions/downloads

Setelah anda download anda taruh file .zip nya di document root account hosting anda di folder /sites/namadomainanda/www/, lalu anda extract file tersebut di spanel

Mempersiapkan database

Sebelum memulai instalasi oscommerce, terlebih dahulu Anda mempersiapkan nama database baru yang akan digunakan. Berikut langkah-langkahnya:

1. dari menu utama SPANEL, pilih menu MySQL

2. pilih Add database, lalu tentukan db_username, db_name beserta _password

3. klik Add

Oscommerce ini membutuhkan gd dan curl, jadi perlu anda aktifkan, caranya anda ke spanel kami, lalu ke subdomain manager, klik Prefs, lalu klik Create file php.ini, tambahkan perintah :

extension=gd.so

extension=curl.so

persiapan instalasi selanjutnya adalah memberikan file permission untuk file configure.php yang ada di folder /includes dan /admin/includes dengan chmod 777 .

Langkah 1 Pada langkah instalasi pertama adalah setting database, masukkan isian Database Server adalah localhost , lalu untuk username dan password adalah username dan password yang anda buat di spanel kami sebelumnya.

Langkah 2 Pada langkah instalasi yang kedua, adalah tentang Web Server, isikan WWW Address dan Webserver Root Directory jika sesuai dengan keinginan anda, jika sebagai default anda langsung klik continue untuk melanjutkan ke langkah 3.

Langkah 3 Pada langkah ke 3 adalah “Online Store Settings”, anda isikan nama usaha dagang anda(Store Name), pemilik usaha dagang(Store Owner Name), email pemilik usaha dagang (Store Owner E-Mail Address), username administrator dan password administrator. Setelah anda isikan, anda klik continue untuk melanjutkan ke langkah 4.

Langkah 4 Pada langkah ke 4 adalah Finished(selesai), anda bisa langsung klik catalog jika anda ingin melihat hasil katalog awal instalasi, atau klik Administration Tools jika anda ingin melanjutkan untuk mengelola tampilan, mengelola katalog, kategori, metode pembayaran dan lain sebagainya.

Troubleshoting

Saya menggunakan OSCOMMERCE dan setiap ingin mengkonfigurasi selalu gagal dan muncul pesan Forbidden

Forbidden

You don’t have permission to access /admin/configuration.php on this server.

Solusi:

pada file .htaccess didalam direktori admin, tambahkan baris:

<Files “configuration.php”>

Order deny,allow

Allow from All

</Files>

Bagaimana cara menginstal osCommerce dari Fantastico

osCommerce dapat dengan mudah diinstal melalui Fantastico yang datang dengan beberapa server hosting seperti Hostgater.

Dengan asumsi Anda sudah meluncurkan aplikasi Fantastico, mari kita sekarang belajar cara menginstal osCommerce dari Fantastico. Di sisi kiri menu di bawah judul E-Commerce, Anda akan menemukan CubeCart, osCommerce & Zen Cart, osCommerce silakan klik pada link, ini akan membawa Anda ke layar instalasi osCommerce.

osCommerce adalah sebuah daya yang digunakan keranjang belanja dengan berbagai modul besar dan dukungan dari hampir setiap pembayaran gateway. Ketika Anda gulir ke bawah halaman, anda akan menemukan sebuah heading yang mengatakan Pasang Baru (2.2 Release Candidate 2a + buySAFE) klik pada link tersebut, hal itu akan membawa Anda ke halaman lain yang mengatakan Install pusatLINUX.com Online Shop (1 / 3) sekarang mulai mengisi formulir ini.

Dalam Memasang di direktori, masukkan nama direktori yang ingin anda instal, atau membiarkan field ini kosong untuk instalasi di direktori root, kemudian di bawah ini yang mana akses Admin mengatakan data, Anda dapat memasukkan username dan password admin di masing-masing kotak, dan di bawah di mana dikatakan bahwa konfigurasi Base, masukkan nama toko, nama pemilik, alamat pengirim email, alamat email admin, mengabaikan sisanya di bawah ini dan klik pada tombol Install pusatLINUX.com Online Shop, dan sekarang instalasi klik tombol Finish.

That’s it osCommerce telah diinstal dalam account Anda dan siap untuk Anda untuk mulai mengkonfigurasi itu.

Sekarang klik pada link di atas untuk http:// login ke instalasi baru Anda.  Ini akan membawa Anda ke halaman yang mengatakan Administrator Login, sekarang login menggunakan username dan password admin Anda tetapkan pada saat instalasi.

Anda akan menemukan diri Anda di halaman 3 / 3 yang mengatakan Instal pusatLINUX.com Online Shop (3 / 3) pergi ke akhir halaman dan klik pada Kembali ke ikhtisar osCommerce tombol, instalasi baru Anda sekarang terdaftar di bawah instalasi saat ini di rumah script halaman, dari di sini anda dapat mengunjungi situs Anda dengan mengklik situs kunjungi di sisi kanan dari toko Anda bernama selama instalasi atau bahkan menghapus skrip dari account Anda dengan mengklik tombol Hapus, sekarang Anda tahu cara menginstal osCommerce ke account Anda dari fantastico.

Jika Anda perlu mencari profesional pusatLINUX.com Online Shop Anda toko, Anda mungkin tertarik dalam template osCommerce.

Cara mengkonfigurasi toko Anda di osCommerce

Dengan asumsi Anda sudah login ke aplikasi osCommerce, mari kita mempelajari cara mengkonfigurasi toko Anda di osCommerce. Dalam layar Konfigurasi memilih tindakan, klik pada My Store,

Anda akan mendapatkan layar seperti di bawah ini, ini adalah halaman konfigurasi untuk toko Anda, mari kita sekarang belajar bagaimana mengedit pengaturan. Setiap baris item dapat diedit, sekarang pertama klik pada nama toko yaitu; item baris pertama dan klik pada tombol edit di sisi kanan halaman.

Ia akan meminta Anda untuk mengedit nama toko dari My Store mengatakan Yohanes toko, klik tombol update untuk memperbarui nama toko

Anda bisa melihat nama Kedai sudah diubah dari My Store di pic2 Yohanes Simpan dalam Pic3.
Untuk mengedit pengaturan ini, cukup klik pada nilai saat ini dan dengan mengklik tombol Edit di sebelah kanan.
Selain pengaturan toko, masih banyak pengaturan lain yang kita dapat mengkonfigurasi dari margin kiri seperti yang terlihat di bawah ini.

Daftar pustaka:

http://akuherma.web.id

http://ai23.wordpress.com

http ://Master Web Network.com

UTS E-COMMERCE

Posted: 23rd April 2010 by Mohamad Muhdin in Uncategorized
Comments Off on UTS E-COMMERCE

UTS E-COMMERCE

1.Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supply chain management!

Semakin berkembangnya jaringan internet saat ini sangat membantu perusahaan dalam mengembangkan e-commerce. Komunikasi antar perusahaan dapat berjalan dengan sangat cepat. Demikian pula pengaturan aliran barang ( supply chain management ) dapat dilakukan dari satu tempat tertentu. Setiap orang yang memiliki akses ke internet dapat mengambil bagian dalam model bisnis ini, misalnya dengan melakukan browsing di internet untuk mencari informasi mengenai produk, produsen, dan harga, men-down load perangkat lunak atau data tertentu, mengirim e-mail kepada produsen, melakukan chatting dengan konsumen lain, melakukan transaksi pembayaran dengan aneka fasilitas (seperti kartu kredit, smart card, internet interface maupun automatic ordering), dan sebagainya.

Supply Chain Management sendiri merupakan pengelolaan berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh bahan mentah, dilanjutkan kegiatan transformasi sehingga menjadi produk dalam proses, kemudian menjadi produk jadi dan diteruskan dengan pengiriman kepada konsumen melalui sistim distribusi. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan mencakup pembelian secara tradisional dan berbagai kegiatan penting lainnya yang berhubungan dengan supplier dan distributor. Electronic commerce memungkinkan pengurangan inventory dan overhead dalam menyederhanakan supply chain management tipe ‘pull’. Dalam supply chain management tipe pull, proses dimulai dari pesanan pelanggan serta digunakan manufacturing just-in-time.

Dengan kata lain, manajemen rantai pasokan akan lebih terpelihara dengan baik dengan adanya fasilitas internet (networking). Peningkatan value chain adalah manfaat yang diperoleh ketika seseorang atau produsen menggunakan media e-commerce. Selain terdapat kelebihan, penggunaan e-commerce dalam hubungannya dengan SCM ini pun juga memiliki keterbatasan yaitu ketepatan waktu dalam pengiriman barang, jangkauan daerah pengiriman barang, juga pengiriman barang masih ditakutkan dapat hilang di jalan.

2.Jelaskan bagaimana E-Commece dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan!

Mengurangi siklus waktu

Sistem pemesanan yang elektronis memungkinkan pemrosesan produk dapat lebih cepat dan akurat. Siklus waktu yang dimaksud disini adalah waktu pemesanan sampai dengan konsumen menerima barang yang telah dipesan. Dengan produk yang terdigitalisasi, e-commerce memungkinkan pengiriman produk berlangsung secara sepat dan real-time. Dengan melihat langsung pada website E-commerce maka memungkinkan pelanggan ataupun konsumen dapat langsung melihat bagaimana kriteria sebuah produk dan memesannya. Setelah transaksi selesai dilakukan, maka perusahaan akan mengirimkan barang pesanan melalui jasa pengiriman. Dilihat dari sisi perusahaan sebagai pelaku e-commerce, perusahaan dapat melakukan penjualan yang mudah diakses dari mana saja, kapan saja, dan siapa saja. Tentunya konsumen akan semakin merasa nyaman karena tanpa harus bepergian jauh, mereka dapat memperoleh barang yang diinginkan dan dengan cara demikian perusahaan dapat mengurangi biaya pemasaran produknya.

Dari sisi pebisnis:

  • Electronic commerce mengurangi waktu antara outlay modal dan penerimaan produk dan jasa

Dari sisi konsumen :

  • Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
  • Pelanggan bisa menerima informasi yang relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggu.

Meningkatkan kinerja karyawan

  • Electronic commerce mendukung upaya-upaya business process reengineering. Dengan mengubah prosesnya, maka produktivitas sales-people, pegawai yang berpengetahuan, dan administrator bisa meningkat 100% atau lebih.

Memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan

  • Electronic commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan. Mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
  • Electronic commerce menyediakan produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan pembandingan dengan cepat.
  • Dalam beberapa kasus, khususnya produk-produk yang digitized , electronic commerce menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
  • Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).
  • Electronic commerce member tempat bagi para pelanggan untuk merinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta pengalaman.
  • Konsumen dapat melakukan transaksi di dalam rumah saja tanpa harus pergi keluar dan mencari produk yang diinginkan.

3.Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing!

Dengan berkembangnya teknologi informasi, khususnya internet, peran pasar tradisional secara perlahan mulai tergantikan oleh pasar elektronis (marketspace). Keberadaanfisik pasar ini secara perlahan akan berkurang, begitu pula dengan kebutuhan untuk mengantarkan barang ke pasar (marketplace). Pada marketspace, yang merupakan pasar elektronis, barang-barang di antarkan langsung kepada pembeli saat pembelian dilakukan. Hal mi menyebabkan pasar menjadi lebih efisien. Perbedaan antara marketplace dan marketspace adalah:

Marketplace Marketspace
Mass marketing and advertisement Target, one to one interactive marketing and advertisement
Mass production Mass customization
Monologue Dialogue
Paper catalog Electronic dialogue
One to many communication model Many to many communication model
Supply side thinking Demand side thinking
Customer as target Customer as partner
Segmentation Communities
Physical products and services Digital product and services
Branding megabrand Communication diversity
Intermediation Disintermediation reintermediation

Keuntungan marketplace:

  • Pembeli dapat langsung melihat dan menerima barang yang dibeli.
  • Lebih aman dan terpercaya karena langsung bertransaksi dengan orang bukan dengan mesin.

Kelemahan marketplace:

  • Pencarian informasi dan pembelian tidak selalu dapat dilakukan 24 jam dalam sehari.

Keuntungan marketspace:

  • Kaya akan informasi
  • Murahnya biaya pencarian informasi bagi konsumen
  • Menghilangkan ketidaksamaan informasi antara penjual dan pembeli
  • Pemisahan sementara yang lebih baik antara waktu pembelian dengan waktu pemprosesan produk digital yang dibeli di e-marketplace.
  • Penjual dan pembeli dapat berada di lokasi yang berbeda

Kelemahan marketspace:

  • Adanya kekurangan sistem keamanan, kehandalan, standar, dan beberapa protokol komunikasi.

4.Bandingkan harga Sony digital Camera pada: shopping.com, mysimon.com, bottomdollar.com, bizrate.com, dan pricescan.com. Situs mana yang memberikan harga terbaik? Dimana anda mendapatkan informasi terbaik?

Perbandingan harga digital camera Sony DSC-TX1L Cyber-Shot :

shoping.com

mysimon.com

botomdollar.com


bizrate.com


priceSCAN.com dengan harga $299.99


Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa situs yang memberika harga termurah untuk digital camera Sony DSC-TX1L Cyber-Shot tipe yang sama adalah shopping.com dengan harga $284. Daftar harga ini dapat kita dapatkan dengan bantuan search engine yang terdapat pada storefront tiap situs. Search engine dari tiap situs terletak di tempt yang mudah untuk ditemukan sehingga memudahkan konsumen untuk segera melakukan pencarian produk yang diinginkan, Tapi dari sisi informasi produk di pricescan.com yang paling lengkap dalam memberikan informasi tentang suatu produk yang kita inginkan.

5. Jelaskan bagaimana trust, kepuasan, loyalitas konsumen pada E-Commerce!

Kepuasan konsumen

Kepuasan konsumen dalam electronic commerce merupakan reaksi yang paling penting dalam B2C di lingkungan online. Statistik menunjukkan bahwa 80% konsumen yang puas akan melakukan pembelian lagi di dalam 2 bulan mendatang, 90% akan merekomendasikan e-tailer tersebut ke orang lain, namun 87% konsumen jika tidak puas akan meninggalkan e-tailer tersebut tanpa memberikan komplain.

Loyalitas konsumen

Loyalitas konsumen merupakan suatu keadaan dimana konsumen terus berada di suatu vendor atau merk dan melakukan pengulangan pembelian. Dalam electronic commerce biasanya disebut e-loyalty yaitu konsumen yang loyal terhadap suatu e-tailer.

dengan rujukan: dari sciencedirect

“Consumer perception of interface quality, security, and loyalty in electronic commerce”

Hsin Hsin Chang , Su Wen Chen

Customer interface quality, perceived security, and customer loyalty are critical factors for success of an e-commerce website; however, the relationships among them are not fully understood. We proposed a model for testing the relationships among themand the important outcomes of the site: switching costs and customer loyalty. Data was collected to test the model using a web-based survey, and empirical analyseswere performed using SEM. The analytical results demonstrated that customer interface quality and perceived security positively affected customer satisfaction and switching costs, and thus customer loyalty to an e-commerce website. Specifically, our study showed that switching costs positively moderated the effect of customer satisfaction on customer loyalty; this moderating effect is discussed.

Kepercayaan konsumen

Kepercayaan konsumen merupakan situasi psikologi dari pihak-pihak yang berkemampuan untuk membantu dalam meraih tujuan yang direncanakan. Dalam electronic commerce untuk cara-cara untuk meningkatkan trust adalah diperlukannya kepercayaan antara pembeli dan penjual, menggunakan brand yang sudah dikenal, adanya mekanisme keamanan yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan.

dengan rujukan: dari sciencedirect

“Trust in consumer-to-consumer electronic commerce”

Kiku Jones *, Lori N.K. Leonard

We developed a model of consumer-to-consumer (C2C) e-commerce trust and tested it.We expected that two influences: internal (natural propensity to trust [NPT] and perception of web site quality [PWSQ]) and external (other’s trust of buyers/sellers [OTBS] and third partyrecognition [TPR]) would affect an individual’s trust in C2C e-commerce. However contrary to studies of other types of e-commerce, support was only found for PWSQ and TPR; we therefore discussed possible reasons for this contradiction. Suggestions are made of ways to help e-commerce site developers provide a trustworthy atmosphere and identify trustworthy consumers.

6. Jelaskan bagaimana penerapan segmentasi pada E-Commerce

Untuk pemasaran produk melalui internet variabel segementasi utamanya adalah geografi, demografi, psikografi, perilaku dan manfaat.

Segmentasi Geografi. Segmentasi geografi merupakan pembagian pasar menjadi unit-unit geografis yang berbeda, misalnya wilayah, negara, negara bagian, propinsi, kota, dan kepulauan. Contohnya Kraft Foods memasarkan permen karet di Perancis, memasarkan es krim di Brazil, dan memasarkan pasta di Italia. Coca-cola (www.cocacola.com) memasarkan produk minuman dengan merk tertentu yang hanya dijual di Jepang, yaitu Sokembicha (non-karbonat, gingseng, dan teh), Lactia (milk fermentasi), Aquarius (minuman untuk para atlit9, Georgia (minuman kopi berkualitas), dan Qoo (minuman juice).

Segmentasi Demografi. Segmentasi demografi merupakan pembagian di mana pasar dikelompokkan berdasarkan variable-variable pendapatan, jenis kelamin, pendidikan, jumlah penduduk, usia, ukuran keluarga, siklus hidup keluarga, pekerjaan, agama, ras, generasi, kewarganegaraan, dan kelas sosial. Contohnya Swatch (www.swatch.com) membidik segmen remaja global dengan usia 12 sampai 24 tahun yang berorientasi pada mode. Swatch menggunakan strategi kreatif dengan desain produk sesuai dengan selera remaja. Untuk jam tangan tersedia lebih dari 300 model.

Segmentasi Psikografis. Segmentasi psikografis mengkelompokkan pasar dalam variabel gaya hidup, nilai dan kepribadian. Gaya hidup ditunjukkan oleh orang-orang yang menonjol pada kelas sosial. Minat terhadap suatu produk juga dipengaruhi oleh gaya hidup. Oleh sebab itu barang yang dibeli oleh orang-orang tersebut adalah untuk menunjukkan gaya hidupnya. Contohnya Chevrolets (www.chevrolet.com) memiliki pembeli dengan ciri kepribadian yang konservatif, hemat, memperhatikan harga diri, kurang maskulin, dan berusaha untuk tidak menjadi ekstrim

Segmentasi Perilaku dan Manfaat. Segmentasi perilaku membagi kelompok berdasarkan status pemakai, kejadian, tingkat penggunaan, status kesetiaan, tahap kesiapan pembeli, sikap. Pasar dapat dikelompokkan menjadi bukan pemakai, bekas pemakai, pemakai potensial, pemakai pertama kali, dan pemakai tetap dari suatu produk. Contohnya Campbell Soup Company (www.campbellsoup.com) memilih target Cina karena Cina mempunyai konsumsi soup paling tinggi di dunia.

7. Cari contoh 3 situs yang menerapkan B2B menggunakan E-Commerce. Berikan gambaran tentang situs-situs tersebut!

Business-to-business e-commerce merupakan transaksi antara pebisnis yang dilakukan secara elektronik melalui internet, ekstranet, intranet, atau jaringan pribadi. Contoh situs yang melakukan B2B adalah

Wal Mart (www.walmart.com). WalMart merupakan perusahaan pengecer terbesar di dunia dan menggunakan B2B dalam bisnis onlinenya. Dengan B2B tiap bulan Wal Mart dapat dengan mudah memberikan laporan rugi laba kepada tiap supplier utamanya atas tiap barang yang diterima dari supplier yang bersangkutan. Wal Mart membuat suatu inisiatif yang dinamakan Collaborative Forecasting and Replenishment (CFAR) untuk membantu retailer dan suppliernya berkolaborasi dalam suatu prakiraan tunggal jangka pendek, kemudian membakukannya dengan memindahkan dari dunia angan-angan ke dalam realita work order.

Altra dan e-steel (www.altra.org).

Altra dan e-steel merupakan perusahaan yang mengimplementasikan B2B dimana keduanya menjalin hubungan vertical exchanges. Di sini terdapat banyak penjual yang dapat secara langsung berhubungan dengan pembeli

Chemdex dan Grainger (www.chemdex.org).

Chemdex dan Grainger perusahaan yang juga melakukan B2B. Kedua perusahaan ini merupakan pemasok produk sejenis yang bekerjasama untuk menawarkan produknya. Dengan demikian kedua perusahaan ini dapat saling melengkapi disamping itu konsumen akan senang untuk mengunjungi situs ini dengan asumsi pasokan barangnya di butuhkan cukup tersedia karena merupakan gabungan dari dua pemasok. Jadi di situs ini terdapat katalog online yang menyajikan produk dari kedua perusahaan.

DAFTAR PUSTAKA

sciencedirect.com,

Consumer perception of interface quality, security, and loyalty in electronic commerce” Hsin Hsin Chang , Su Wen Chen. Crown Copyright [1] 2009 Published by Elsevier B.V. All rights reserved.

Trust in consumer-to-consumer electronic commerceKiku Jones *, Lori N.K. Leonard, 2008 Elsevier B.V. All rights reserved

www.cocacola.com

www.swatch.com

www.chevrolet.com

www.campbellsoup.com,

www.walmart.com

www.chevrolet.com

www.campbellsoup.com

www.walmart.com

www.altra.org

www.chemdex.org

www.altra.org

www.chemdex.org

Hello world!

Posted: 19th March 2010 by Mohamad Muhdin in Uncategorized

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!

>TUGAS II

Posted: 19th March 2010 by Mohamad Muhdin in Uncategorized
Comments Off on >TUGAS II

>TIPE MALL
Pengertian e-Mall
Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang E mall, sebelumnya disini akan dejelaskan mengenai e Mall terlebih dahulu. Secara umum e_commerce dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu business to business (B2B) dengan business to customer (B2C). B2B adalah sistem komunikasi bisnis on line antar pelaku bisnis, sedangakan B2C merupakan mekanisme toko on Line (electronic shopping Mall) yaitu transaksi antara e_merchant dengan e_customer. Dalam business to business pada umumnya transaksi dilakukan oleh para crading partners yang sudah saling kenal dengan format data yang telah disepakati bersama. Sedangkan dalam business to customer sifatnya terbuka untuk public sehingga setiap individu dapat mengaksesnya melalui suatu web server. Jadi e mall merupakan bagian dari e-commerce yang berupa toko atau mall online / maya di dunia internet.
Ada adalah beberapa tipe toko dan mall :
1.toko / mall umum
ini adalah marketspace yang besar yang menjual semua tipe produk, contoh amazon.com, choicemall.com, shop4.vcomshop.com, spree.com dan portal publik yang besar seperti yahoo.com, aol.com, lycos.com. semua departemen yang besar dan toko diskon termasuk dalam kategori ini.
2.toko / mall spesial
mereka hanya menjual satu tipe atau beberapa tipe produk, seperti buku,bunga.anggur, mobil, atau hewan. Amazon.com memulai bisnisnya sebagai spesial penjual buku, namun sekarang telah berubah menjadi general store. 1800flowers.com hanya menjual bunga dn hadiah yang berkaitan. Fashonmall/beautyjungle spesialisasi pada produk kecantikan, tips, dan trend mode. Cattoys.com menjual berbagai macam mainan kucing. Uvine.com menjual anggur.
3.regional vs toko global
beberapa toko, seperti e-grocers atau penjual furnitur, melayani customer yang berada pada lingkungannya saja. Contoh parknshop.com hanya melayani hongkong
4.Pure on-line vs click and mortal stores. Kita mengenal adanya pure e-commerce dan partial e-commerce. Suatu e-commercepure atau partial berdasarkan pada tingkat digitasi dari suatu produk yang diperdagangkan, proses, dan agen pengirimannya. Apabila segala aspek dalam sistem e-commerce itu digital maka dapat dikategorikan sebagai pure e-commerce. Selain itu, ciri lain dari pure e-commerce adalah organisasi penyelenggara benar-benar organisasi online, menggunakan model bisnis new-economy organization, dan menjual produk atau jasanya hanya secara online. Sedangkan, partial e-commerce dicirikan dengan penggabungan antara aspek digital dan tradisional/fisik, penggunaan model bisnis click-and-mortar organization (penggabungan antara offline dan online), serta melakukan kegiatan-kegiatan bisnis utamanya di dunia nyata. Contoh: pure on-line; AOL, eBay, VeriSign, dan Checkpoint. Com dikategorikan lick-and-mortar stores; GE, IBM, Intel, dan Schwab.

Penjelasan mengenai generalized e-mall
Seperti dijelaskan diatas bahwa generalized e-mall merupakan mall yang menjual barang-barang secara umum. Kita dapat mengambil contoh shop4.com, di disitus luar negeri tersebut menjual berbagai produk yang dibutuhkan oleh konsumen.

Penjelasan mengenai e-mall shop4.com
Komponen utama dan pemain dalam e-mall adalah customer, penjual, barang, dan jasa (fisikal atau digital), infrastruktur, front end, back end, perantara, partner bisnis lainnya, dan jasa pendukung.
1. Customer
10 juta orang di dunia ini yang membuka internet merupakan pembeli potensial atas barang dan jasa yang ditawarkan atau diiklankan di internet. Pembeli mencari perbandingan harga, barang sesuai pesanan, barang kolektor, entertainment, dan lain-lain. Situs ini hanya berlaku bagi konsumen yang ada di Amerika serikat.
2. Penjual
Dalam situs tersebut disebutkan bahwa shop4.com merupakan salah satu pasar online yang melakukan penjualan local, nasional dan interlokal yang dilakukan oleh individu maupun bisnis kecil. “Shop4®.com is owned and offered by Signature Agency, Inc.” disini jelas disebutkan bahwa pemiliknya adalah signature agency Inc.
3. Produk dan jasa
Produk yang dijual disini beraneka ragam, mulai dari buku, computer, kebutuhan rumah tangga dan kantor, elektronik, olah raga, mainan, kesehatan dan kecantikan.
4. Infrastruktur
infrastruktur marketspace meliputi jaringan elektronik, hardware, software, dan lain-lain.
5. Front end
customer berinteraksi dengan marketspace melalui front end. Komponen dari front end bisa meliputi pintu gerbang penjual, katalog elektronik, shopping cart, search engine, dan pintu pembayaran. Semua front end telah ada di situs tersebut dengan jelas.
6. Back end
semua aktivitas berhubungan dengan agregasi pesanan dan pemenuhan, manajemen persediaan, pembelian dari supplier, accounting, keuangan,proses pembayaran, packaging, pendistribusian yang dinamakan back end dari sebuah bisnis.
7. Perantara
Dalam marketing, perantara merupakan orang ketiga yang mengoperasikan hubungan antara penjual dan pembeli. Perantara menawarkan jasa mereka dalam web. Peranan dari perantara disini berbeda dengan peranan perantara pada umumnya. Perantara online menciptakan dan mengatur pasar online. Mereka membantu mencocokkan pembeli dan penjual, menyediakan jasa infrastruktur, dan membantu customer dan atau penjual dalam menyelesaikan transaksi. Mereka juga membantu sangat banyak transaksi yang ada pada jasa penyediaan, seperti didemonstrasikan pada WebMD. Perantara online biasanya beroperasi dengan sistem komputer.
8. Partner bisnis lainnya
Selain perantara, terdapat beberapa tipe partner bisnis, seperti pengiriman yang berkolaborasi melalui internet, dan partner lain yang biasanya berkaitan dengan supply chain. Disini shop4.com menjalin kerjasama dengan Global Online Travel — www.geperfectgetaways.com, Signature’s Nationwide Auto Club, Inc® — www.autoclub.com, Signature Wellness Plan® — www.signaturewellnessplan.com, Legal Services Plan — www.legalhelpnow.com.
9. Jasa pendukung
Banyak jasa pendukung yang tersedia, mulai dari pengesahan sertifikat, jaminan orang ketiga, sampai penyedia layanan.
Secara keseluruhan, shop4.com telahmenyediakan dan memberikan pelayanan yang maksimal terhadap konsumen. Disitu juga terdapat persetujuan penggunaan, yang bertujuan untuk memberitahukan kesepakatan antara penjual dan calon pembeli di dunia maya.
Penjelasan mengenai spesialized e-mall
Seperti yang telah dijelaskan di atas, jenis e mall ini adalah e mall yang menjual barang yang lebih spesifik. Jika anda merupakan penyuka gaya berbusana, maka shoppingmall.com merupakan pilihan yang tepat. Shoppingmall mulai penjualan di dunia maya tahun 2004. Disini merupakan e-mall yang hanya menjual pakaian, dari pakaian anak-anak, pria dan wanita, asesories, sepatu, dan aneka kebutuhan yang lain. Fashionmall.com merupakan hasil kerja sama antara beauty jungle yang menyediakan produk kecantikan, boo.com sebagai penyedia pakaian, dan outlettmall.com sebagai penedia pakaian wanita dan masih banyak lg merchant yang lain.

Sumber rujukan:
http://lenidisini.dagdigdug.com/2008/12/16/mengenal-e-commerce/
http://iamspecialized.com
Globalagencydirect.Net
AdsenseCamp.com

>TUGAS 1

Posted: 11th March 2010 by Mohamad Muhdin in Uncategorized
Comments Off on >TUGAS 1

>

TUGAS I

Definisi E-commerce

Internet berkembang menjadi saluran distribusi global utama untuk produk, jasa, lapangan pekerjaan pada bidang manajerial dan professional sehingga Dampaknya mengubah perekonomian, struktur pasar dan industri, produk dan jasa serta aliran distribusinya, segmentasi pasar, nilai bagi konsumen, perilaku konsumen, lapangan pekerjaan dan pasar tenaga kerja selain itu Dampaknya juga terjadi pada masyarakat dan politik, dan perspektif kita terhadap dunia dan diri kita didalamnya. berikut ini beberapa definisi dari para ahli tentang e-commerce :

Menurut Gary Coulter dan John Buddemeir (E-commerce Outline) : e-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, pemesanan produk, yang semuanya dikerjakan melalui internet. Beberapa perusahaan memilih untuk menggunakan kegiatan bisnis ini sebagai tambahan metode bisnis tradisional, sementara yang lainnya menggunakan internet secara eksklusif untuk mendapatkan para pelanggan yang berpotensi.

Menurut Donna Perry, pengertian e-commerce sangat sederhana yaitu kemampuan untuk melakukan bisnis secara elektronik melalui komputer, fax, telefon,

Dari pendapat para ahli diatas saya mencoba mendifinisikan e-commerce adalah suatu bentuk transaksi yang berhubungan dengan aktifitas-aktifitas perdagangan, termasuk organisasi dan perorangan yang berdasarkan pada pemrosesan dan transmisi data digital termasuk teks, suara, dan gambar-gambar visual sehingga nantinya setiap orang akan dengan mudah mengakses informasi mengenai produk/jasa yang akan dibeli oleh konsumen. Di sini konsumen akan dimudahkan untuk mendapatkan produk/jasa yang dibutuhkan tanpa harus membuang waktu dan tenaga untuk mendapatkan informasi suatu Produk/jasa yang diinginkan, disisi lain produsen juga diuntungkan dalam hal promosi penjualan. untuk menjual produk dan / atau jasa di internet, sebuah perusahaan membutuhkan :

Komputer – bukan hanya beberapa komputer, tetapi dibutuhkan sebuah server dengan kapasitas besar dan kecepatan tinggi yang memungkinkan Secure Socket Layer (SSL) mempunyai enkripsi yang aman. Server ini harus benar-benar stabil.

Merchant account – yang diperoleh melaui sebuah bank atau institusi keuangan dan mengizinkan perusahaan menerima kartu kredit sebagai bentuk pembayarannya. Rekening ini sebaiknya menggunakan sebuah institusi yang mengetahui tentang perdagangan di internet dan yang menawarkan pemrosesan transaksi online secara real-time.

Website – sebuah website e-commerce.

Ruang lingkup e-commerce

Berdasarkan ruang lingkupnya, merupakan bagian dari Electronic Business seperti digambarkan pada gambar berikut :

ELECTRONIC BUSINESS, merupakan lingkup aktivitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas.

ELECTRONIC COMMERCE, merupakan lingkup perdagangan yang dilakukan secara elektronik, dimana di dalamnya termasuk :

– Perdagangan via Internet (Internet Commerce)

– Perdagangan dengan fasilitas Web Internet (Web-Commerce)

– Perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara elektronik (Electronic Data Interchange/EDI)

Peluang e-commerce

Dengan memanfaatkan teknologi informasi dengan e-commerce, akan mendatangkan peluang yang luas terutama munculnya proses bisnis baru dan jasa/produk baru dengan diperolehnya pasar baru bagi perusahaan/organisasi yang menggunakan e-commerce. Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana e-commerce akan menciptakan peluang baru tersebut.

Pada gambar diatas dijelaskan bahwa terjadi hubungan timbal balik antara pasar baru yang diperoleh dengan pemanfaatan e-commerce,demikian juga hubungan timbal-balik antara perusahaan dengan pemasok, konsumen dan partner kerjanya. Hubungan perusahaan dengan pemasok dan partner kerjanya akan memunculkan peluang terciptanya proses bisnis baru, sedangkan hubungan perusahaan dengan konsumen dan partner kerjanya akan memunculkan peluang terciptanya jasa & produk baru yang dihasilkan oleh perusahaan.

kalau melihat dari potensi di indonesia e-commerce mempunyai banyak peluang diantaranya:

@ Generasi muda Indonesia cepat menyesuaikan diri, hal ini bisa dilihat dengan semakin tingginya minat orang muda untuk mempelajari teknologi informasi baik secara formal maupun otodidak.

@ Tingkat pendidikan terus meningkat , ini bertujuan untuk mengimbangi kemajuan teknologi yang semakin pesat.

@ Meningkatnya kesadaran bahwa E-Commerce/Internet dapat:

*membuka pasar dan jasa baru,

*meningkatkan efisiensi

*memotong birokrasi, dll

@ Mulai dipikirkannya perangkat hukum yang mendukung berkembangnya E-Commerce dan Internet

Lisensi Dokumen:

Copyright © 2010 mohamad-muhdin.blogspot.com

Seluruh dokumen di mohamad-muhdin.blogspot.com bukan merupakan hasil plagiatisme, dan referensi yang digunakan merupakan dokumen yang copyrigtnya sah dan diijinkan untuk mengunduh informasi tersebut

Sumber data: (diunduh tanggal 05/03/2010)

http://elearning.amikom.ac.id/index.php/download/materi/190302001-ST108-1/2009/11/20091121_E-COMMERCE-1.ppt

http://www.its.ac.id/personal/files/material/1253-santoso-Perkembangan%20TIK%20bab%205.pdf

http://lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/14141/e_commerce.pdf

McLeod, Raymond Jr.(1998). Management Information Systems. Prentice Hall, Texas