6 Tips Usir Kantuk Saat Belajar di Kelas

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar pelajar sekolah pasti pernah merasakan kantuk saat berada di kelas. Bahkan tak jarang, beberapa anak tertidur di mejanya lantaran tak mampu menahan kantuk.

Kalau itu terjadi di jam istirahat sih tak jadi masalah, namun saat jam belajar berlangsung dan guru sedang mengajar itu bisa jadi double masalah. Pertama, kamu kehilangan momen pelajaran yang diterangkan dan kedua, kamu bisa kena teguran guru.

Jika kamu atau teman di kelas sering merasa mengantuk saat pelajaran di kelas, segera cari solusi untuk berubah. Berikut 6 tips yang dapat kamu lakukan untuk mengusir rasa kantuk di kelas.

1. Tidur Cukup di Malam Hari

Cara paling ampuh yang untuk mencegah ngantuk di kelas adalah tidur yang cukup di malam harinya. Untuk ukuran remaja direkomendasikan tidur sekitar 7 jam. Hindari begadang, supaya diwaktu sekolah kamu tidak merasa kantuk.

2. Bangun Pagi Tepat Waktu

Setelah tidur cukup dimalam hari, aktivitas selanjutnya adalah bangun pagi. Beraktivitas lebih awal seperti merapikan tempat tidur dan olahraga akan membuat badan terasa lebih fit, ringan dan tidak gampang capek.

3. Makan Pagi yang Sehat

Jangan menganggap remeh sarapan di pagi hari. Makan pagi yang sehat, protein, sayuran dan karbohidrat yang seimbang bisa memberikan energi untuk tetap on alias nggak loyo di kelas.

4. Baca Materi Pelajaran

Membaca materi pelajaran sebelum guru datang, bisa jadi cara tepat supaya bisa konsentrasi dan menyerap pelajaran saat guru sedang mengajar.

5. Lakukan Banyak Interaksi dan Rileks di Kelas

Kelas merupakan tempat yang menyenangkan untuk bersosialisasi dan berdiskusi. Oleh karena itu, untuk menghindari rasa mengantuk, kamu dapat melakukan berbagai interaksi, sahabat, teman dikelas dan guru.

Selama mengikuti pelajaran, usahakan badan dan pikiran kamu selalu berada dalam kondisi rileks atau santai. Tegakkan badan lalu sandarkan ke kursi dengan posisi yang tetap tegak sambil melemaskan bahu, lengan dan kaki.

6. Ijin ke Toilet

Segera cuci muka kamu untuk menghilangkan rasa kantuk. Saat berjalan menuju toilet kamu juga bisa melihat suasana baru di luar kelas yang bisa saja membuat mata kamu menjadi lebih segar. Dengan hilangnya rasa kantuk, maka kamupun bisa fokus dan konsentrasi menerima pelajaran di kelas.