Informasi Seputar Info dan Tips Umum Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

13Sep/19Off

4 Pilihan Mobil Jeep Offroad Paling Tangguh

Bukan hal baru lagi jika banyak orang lebih menyukai mobil tipe jeep untuk menaklukkan medan berat off road. Selain modelnya yang gagah mobil Jeep offroad juga terkenal sangat tangguh, bahkan dengan mudah mampu melewati medan berbatu, berlumpur, sungai, dan segala medan ekstrim lainnya.

Meskipun memiliki ketangguhan yang sama namun mobil Jeep offroad dibagi menjadi beberapa jenis dengan spesifikasi berbeda. Nah, bagi yang gemar bertualang di medan off road menggunakan mobil jeep, berikut 4 pilihannya untuk Anda.

Jeep Grand Wagoner

Booming mobil offroad Jeep Grand Wagoner terjadi di era 80-an. Kendaraan ini mampu mencuri perhatian masyarakat kala itu bahkan masih terkenal hingga saat ini. Grand Wagoner sendiri konon sempat diproduksi selama 28 tahun terus menerus, mulai tahun 1963 hingga berakhir pada tahun 1991.

Dari deretan panjang nama mobil offroad di dunia, Jeep Grand Wagoner termasuk kendaraan jenis jeep yang mampu bertahan dalam hal produksi aktif. Ini bisa menjadi tolok ukur bahwa mobil yang satu ini layak diperhitungkan untuk melibas medan berat off road.

Jeep Wrangler

Untuk jenis mobil jeep offroad terbaik berikutnya ada Jeep Wrangler. Dilihat dari modelnya mobil jeep ini masuk kategori kendaraan SUV. Produk Jeep Wrangler offroad sendiri dibagi menjadi 3 jenis berbeda yaitu: Jeep Wrangler Sahara, Wrangler Sport, dan Wrangler Rubicon.

Khusus untuk Wrangler Rubicon menjadi jenis jeep paling terkenal karena performanya sangat menonjol. Kendaraan off road yang diluncurkan tahun 2003 ini terbukti tangguh menaklukkan medan berat termasuk lintasan sungai. Hal ini karena Wrangler Rubicon dilengkapi sistem drainase serta kap mesin berventilasi. Fungsinya tentu saja untuk mencegah supaya air tidak terperangkap di bagian mesin.

Jeep Cherokee

Mobil Jeep Cherokee merupakan jenis mobil jeep offroad yang paling sering terlihat di film-film action Hollywood. Pertama kali diluncurkan di negara bagian Amerika Serikat California tahun 1974 silam, mobil ini sangat populer di masanya, bahkan masih terkenal sampai sekarang.

Bentuk fisiknya yang mungil membuat Jeep Cherokee terlihat unik dengan bodi yang cukup pendek yaitu 12 inci saja. Bobotnya juga tidak begitu berat yakni 1.000 pon saja. Meski demikian mobil off road ini dibekali desain interior cukup mewah khas mobil-mobil klasik.

Cherokee juga dibekali penambahan mesin 2,4-liter in line 4 dengan sistem transmisi 9 percepatan. Jeep yang satu ini sangat disukai karena tampilannya yang sporty sekaligus menjadi jenis kendaraan SUV yang mempunyai ukuran full paling baik dimasanya.

Jeep Hummer

Mobil jeep memiliki seri lain yang tak kalah terkenal dari jenis-jenis jeep sebelumnya yaitu Jeep Hummer. Pertama kali muncul tahun 1990 kendaraan ini langsung mendapat respon positif dari masyarakat khususnya penggemar mobil offroad.

Saat diluncurkan Hummer diperkenalkan dengan prototype dalam versi berbeda yaitu versi sipil dan versi militer. Uniknya untuk versi sipil sudah dibekali dengan desain interior yang cukup bagus. Sebaliknya untuk versi militer tampilannya justru cenderung sama seperti versi sebelumnya.

Sekedar informasi, mobil jeep offroad biasanya merujuk pada jenis kendaraan yang memiliki penggerak 4 roda atau 4 FWD/4 x 4. Dalam hal ini jeep 4 x 4 sudah jarang terlihat di jalan beraspal. Keberadaannya bisa kita lihat langsung di jalur atau trek-trek off road.

Ada beberapa owner yang melakukan modifikasi, misalnya dengan sedikit meninggikan mobil dari ground clearance aslinya. Tentu saja ini dilakukan untuk mempermudah mobil jeep offroad tersebut untuk melewati rintangan berat seperti kubangan lumpur, hamparan pasir, hingga trek 90 derajat.

 

13Sep/19Off

Harga Bright Gas 5.5 kg di Indomaret

Harga Bright Gas 5.5 kg di Indomaret – Berkurangnya pasokan tabung gas melon 3 kg memaksa sebagian masyarakat untuk membeli Bright Gas 5.5 kg. Pengurangan gas elpiji 3 kg memang sengaja dilakukan Pertamina untuk memangkas biaya subsidi.

Perlu diketahui bahwa gas bersubsidi 3 kg hanya diperuntukkan bagi masyarakat miskin. Toh faktanya kalangan masyarakat yang mampu secara ekonomi justru lebih banyak menggunakan gas 3 kg dibanding gas elpiji 12 kg non-subsidi.

Mengapa Pertamina meluncurkan Bright Gas 5.5 kg?

Hadirnya Bright Gas 5.5 kg untuk mengalihkan penikmat gas subsidi 3 kg ke varian gas yang baru sekaligus melengkapi Bright Gas isi 12 kg yang sudah sejak lama muncul. Dalam hal ini Bright Gas 5.5 kg sendiri masuk kategori LPG umum atau gas elpiji non-subsidi dengan sasaran konsumen kalangan menengah keatas.

Peluncuran Bright Gas ukuran 5.5 kg ini dimulai di outlet-outlet, Indomaret, pangkalan, dan SPBU dengan harga Rp 325,000/tabung dan isinya. Namun sejak bulan April 2018 lalu harga pertabung menjadi Rp 270.000 dan harga isi Rp 65.000.

Hingga saat ini Pertamina terus mendorong masyarakat (terutama kalangan menengah keatas) untuk menggunakan Bright Gas 5.5 kg melalui program tukar 2 buah tabung gas isi 3 kg dengan 1 tabung Bright Gas 5.5 kg.

Pemerintah memang tidak men-subsidi bakan bakar Bright Gas 5.5 kg oleh karena itu wajar jika harga jual dipasaran jauh lebih mahal dibanding tabung gas elpiji 3 kg. Jadi perlu digarisbawahi bahwa Bright Gas 5.5 kg adalah bahan bakar non-subsidi untuk masyarakat menengah keatas, sedangkan tabung gas isi 3 kg khusus untuk kategori masyarakat miskin.

Dimana bisa membeli Bright Gas 5.5 kg dengan harga murah?

Di Indomaret dan Alfamart saat ini sudah menyediakan tabung Bright Gas kemasan 5.5 kg lengkap dengan isinya. Untuk harga Bright Gas 5.5 kg di Indomaret Anda bisa langsung cek disini. Jika harga di Indomaret masih cukup mahal, Anda bisa membandingkan harga di agen-agen resmi. Biasanya agen-agen resmi Pertamina menjual Bright Gas 5.5 kg dengan selisih harga cukup signifikan.

 

13Sep/19Off

4 Kelebihan Prosesor Media Tek, Snapdragon Nyerah?

Kelebihan Prosesor Media Tek – Gaung prosesor Media Tek kurang begitu menggema, terlebih jika disandingkan dengan Snapdragon dari Qualcomm atau Exynos-nya Samsung. Faktanya memang prosesor ini kerap dipandang sebelah mata bagi sebagian besar pengguna smartphone.

Jika harus diadu, sebenarnya Media Tek tidak kalah tangguh dengan SND atau Exynos. Artinya disini Media Tek punya nilai plus dibanding anggapan banyak orang yang menilai prosesor ini memiliki banyak kekurangan. Nah, apa saja kelebihan prosesor Media Tek ini?

Selain Snapdragon, Exynos dan Media Tek sebenarnya ada beberapa perusahaan pengembang prosesor khusus untuk perangkat smartphone. Sebut saja Surge dari Xiaomi dan HiSilicon Kirin besutan Huawei. Tentu saja produk-prosuk chipset tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Seperti halnya Media Tek, meski statusnya kadang ‘terpinggirkan’ dan kalah bersaing dengan Snapdragon, setidaknya prosesor ini punya 4 keunggulan yang tidak dimiliki chipset lain. Tidak percaya? Cek saja yang berikut.

Pencipta Prosesor True Octa Core Pertama

Kelebihan prosesor Media Tek yang pertama, Media Tek adalah pencipta prosesor True Octa Core pertama di dunia. Mungkin disini masih banyak yang bingung apa itu “True Octa Core”.

True Octa Core adalah prosesor yang mempunyai 8 inti. Hebatnya, 8 inti tersebut mempunyai kecepatan sama. Teknologi ini pertama kali diterapkan pada chipset MT6592 yang dirilis tahun 2013 silam. Sebuah prosesor dengan 8 inti pemrosesan yang memiliki kecepatan 2GHz.

Pencipta Prosesor Deca Core Pertama

Selain menjadi yang pertama menciptakan prosesor True Octa Core, Media Tek kembali menjadi yang pertama memproduksi prosesor Deca Core. Sebuah prosesor dengan 10 inti pemrosesan.

Produk prosesor dengan Deca Core pertama kali adalah Media Tek Helio X20, yang kemudian juga ditanam pada Xiaomi Redmi Note 4 (versi MediaTek). Berikutnya muncul beberapa penerus Helio X20 (Helio X series) masing-masing yaitu Helio X23, X25, X27 dan yang terbaru Helio X30.

Pencipta Prosesor Deca Core Pertama Fabrikasi 10 nm

Konon Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 835 adalah prosesor pertama dengan fabrikasi 10 nm (nanometer). Tapi faktanya SND 835 hanya memiliki 8 inti pemrosesan atau hanya Octa Core.

Sedangkan Media Tek merilis Helio X30 yang merupakan prosesor pertama dengan 10 inti (deca Core) yang real dibangun melalui proses fabrikasi 10 nanometer. Disini harus diketahui bahwa semakin kecil angka fabrikasinya, konsumsi daya prosesor tersebut juga semakin hemat, namun dari sisi performa tetap kencang.

Harga Jauh Lebih Murah

Sektor harga juga menjadi salah satu keunggulan prosesor Media Tek. Bahkan margin harga dengan produk Kompetitor cukup mencolok. Harga yang lebih murah inilah yang mendorong produsen smartphone menggandeng Media Tek untuk bekerja sama. Hasilnya tentu saja harga produk smartphone yang sangat terjangkau.

Itu tadi 4 dari sekian banyak kelebihan prosesor Media Tek. Bagaimana? Masih mau percaya mitos prosesor Media Tek itu tidak punya nilai plus?