E-Advertisement di Indonesia

Perkembangan teknologi informasi saat ini terutama internet telah mempengaruhi banyak bidang, termasuk bidang periklanan. Dulunya bidang periklanan ini berkutat pada media televisi, radio, maupun media cetak seperti koran, namun saat ini sudah banyak iklan yang menggunakan media internet. Tapi sebenarnya apakah iklan itu, dan seberapa pentingkah? Iklan adalah media promosi yang sifatnya mempengaruhi calon pembeli agar mencoba produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Dan iklan ini mempengaruhi factor penjualan suatu produk, dengan iklan ini calon pembeli bisa mengetahui barang atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan.

Sekarang ini media periklanan melalui internet lebih dipakai oleh para perusahaan. Mengapa sekarang ini iklan melalui internet lebih banyak digunakan oleh para perusahaan, hal ini dikarenakan pemasangan iklan di internet sifatnya bebas, bisa diakses selama 24 jam selama 7 hari penuh. Banyak kelebihan yang bisa diambil dari periklanan melalui internet ini. Bisa dibandingkan dengan media periklanan yang lain seperti televisi. Iklan pada media televisi dibatasi dengan adanya UU periklanan mengenai waktu maupun bentuk periklanan yang dilakukan, contohnya saja iklan rokok yang hanya bisa ditayang pada pukul 21.30 sampai pukul 05.00 pada waktu setempat, tetapi jika menggunakan jasa periklanan melalui media internet tidak ada pembatasan terhadap waktu maupun bentuk periklanan yang dilakukan sehingga lebih bebas dan sifatnya universal, semua orang bisa melihat dan mengaksesnya.

Dalam segi biaya, periklanan di internet cukup terjangkau. Hal yang mempengaruhi besar sedikitnya biaya yang dikeluarkan adalah bentuk dan ukuran iklan yang akan dipakai. Berbeda dengan televisi yang biayanya berdasarkan durasi penanyangan, atau radio yang berdasarkan durasi penyiarannya yang rata-rata hanya bisa dilakukan oleh perusahaan besar. Tetapi dengan media internet ini segala kalangan bisa menjangkaunya. Sehingga pilihan untuk memasang iklan di internet bisa memotong biaya produksi. Biasanya pemasangan iklan di internet terletak pada banner suatu website.

Selain keuntungan dari segi biaya dan pemasangannya, iklan di internet ini selalu update. Apabila ada informasi terbaru tentang produk yang diiklankan, perusahaan bisa mengubahnya secara cepat sesuai dengan apa yang akan ditambahkan. Tanpa harus membayar untuk pemasangannya kembali. Hal ini juga bisa membantu dalam mengurangi biaya produksi. Yang paling penting adalah perkembangan internet yang semakin pesat. Hampir semua orang di dunia ini adalah pengguna internet. Jadi hal ini bisa dimanfaatkan untuk memperluas lingkungan bisnis suatu perusahaan. Yang pastinya akan menaikkan keuntungan perusahaan tersebut.

Walaupun periklanan di internet sifatnya bebas dan universal, tetapi hal ini juga harus memperhatikan izin dan tata krama yang telah ditetapkan. Iklan itu harus jujur, bertanggung jawab, dan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku. Iklan juga tidak boleh menyinggung perasaan atau merendahkan martabat agama, adat budaya, suku dan golongan. Iklan harus dilandasi oleh asas persaingan sehat. Dengan adanya hal ini, tidak ada pihak yang merasa dirugikan, terutama untuk para konsumen.

Dalam pemasangan iklan di internet bisa dengan berbagai cara, contohnya banner dan pop-up. Iklan banner adalah iklan yang penempatannya di header sebuah website yang merupakan tempat terbaik karena sering dilihat oleh pengunjung suatu web. Format iklan ini adalah salah satu format yang paling popular untuk suatu perusahaan yang akan mengiklankan produknya dan pengelola iklan itu sendiri. Sedangkan pop-up adalah jendela iklan yang biasanya muncul secara tiba-tiba jika mengunjungi sebuah halaman web tetapi format iklan seperti ini bisa mengganggu proses menjelajah web walaupun sebenarnya pop-up bisa memuat iklan yang ukurannya jauh lebih besar. Perlu diperhatikan dalam pemasangan iklan dalam suatu website janganlah terlalu banyak, karena hal ini bisa mengganggu pengunjung web itu sendiri. Tujuan utama dalam menggunakan internet adalah untuk mencari suatu informasi, namun dengan adanya banyak iklan informasi yang disampaikan hanyalah sedikit dan menjadi tidak efisien. Pemasangan banyak iklan dalam suatu website juga bisa mempengaruhi web traffic, dan hal ini dapat menyebabkan koneksi internet terganggu sehingga pengunjung suatu website harus menunggu agak lama agar bisa mengakses halaman website ini.

Jadi dalam pemasangan iklan itu banyak factor yang perlu diperhatikan. Sehingga iklan yang fungsinya jadi alat promosi yang menguntungkan bagi suatu perusahaan tidak mengganggu dalam proses penjelajahan internet oleh pengunjung, karena sifatnya yang universal dan terjangkau dalam biaya pemasangannya. Sehingga semua pengguna jasa internet terjalin hubungan yang saling menguntungkan.

Managerial Issues

Istilah e-commerce pada saat ini bukanlah hal yang asing lain, sekarang ini sudah banyak jenis-jenis e-commerce yang ada di sekitar kita. Namun sebenarnya apakah itu e-commerce? E-commerce adalah aktivitas perdagangan dengan media elektronik seperti internet. Jadi setiap transaksi perdagangan atau bisnis yang sebelumnya harus dilakukan dengan bertatap muka bisa beralih ke dunia maya, tanpa harus bertemu langsung. Dan karena efektivitasnya yang tidak memerlukan transaksi tatap muka secara langsung, e-commerce ini banyak diminati orang-orang, terutama untuk orang-orang sibuk dan yang tidak mempunyai waktu senggang. Inilah yang menjadi gaya hidup sekarang ini, cara membeli barang hanya dengan melihat barang dan memesan melalui media internet, pembayaran dengan cara transfer melalui bank, kemudian barang pun dikirim ke alamat pemesan, tanpa harus pergi ke toko yang menyediakan barang yang diinginkan. Dan bahkan dengan cara seperti ini, sebuah usaha melalui e-commerce tidak harus memiliki lahan untuk tempat usahanya yang berupa toko.

Sudah dari dulu usaha dan bisnis itu pasti banyak sekali persaingan, terutama usaha melalui e-commerce yang saat ini banyak diminati dan sangat poluler. Persaingan pun semakin ketat. Jadi usaha e-commerce ini, banyak tantangannya.  Dalam e-commerce sendiri membutuhkan kepercayaan yang kuat, dikarenakan transaksi tidak dilakukan secara langsung. Jadi untuk menarik konsumen, harus memberikan layanan sebaik mungkin agar kepercayaan konsumen muncul dan kembali mau menggunakan jasa e-commerce kita. Sehingga terjadi perkembangan yang baik untuk usaha e-commerce ini. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam jenis usaha ini, yaitu kelancaran konsumen dalam mengakses website kita, tata cara pemesanan, tata cara pembayaran, serta tata cara pengirman barang agar konsumen tidak merasa dirugikan. Apabila hal ini sudah terpenuhi, maka persaingan usaha tidak terlalu menekan lagi dikarenakan sudah mengambil hati konsumen dan secara otomatis konsumen akan kembali menggunakan layanan usaha e-commerce kita.

Semakin banyaknya usaha e-commerce, pengusaha e-commerce harus mengetahui strategi yang tepat dan situasi pasar untuk mengetahui apa sebenarnya yang diinginkan konsumen. Pengusaha e-commerce harus selalu mencari tahu tentang produksi produk dan jasa yang lebih baik dari pengusaha-pengusaha e-commerce yang lain. Kedua hal ini sangat mempengaruhi perkembangan usaha e-commerce itu sendiri, ini berguna untuk mencari konsumen agar mau melakukan transaksi dengan kita. Selain itu, teknologi seperti  network security diperlukan untuk mendukung pembangunan kepercayaan pada konsumen. Hal ini untuk menghindari adanya kecurangan yang mengakibatkan kerugian bagi pengusaha e-commerce itu sendiri maupun bagi konsumen. Karena dalam transaksi e-commerce ini antara pengusaha dan konsumen tidak bisa bertemu langsung, dan konsumen pun tidak bisa melihat dan memilih barang secara langsung, hanya bisa melalui gambar yang ada di website usaha e-commerce tersebut dan yang tidak kalah penting adalah informasi barang yang ditawarkan hendaknya dicantumkan pun harus jelas. Dan tidak kalah pentingnya adalah sumber daya manusia pada bidang IT yang terlibat di dalamnya. SDM IT ini diperlukan agar suatu sistem tidak mudah dibobol oleh cracker, terutama untuk data-data perusahaannya. Bila hal ini sampai bocor, maka bisa mengakibatkan kerugian yang besar pada perusahaan tersebut.

Dalam e-commerce sendiri, terdapat beberapa macam model transaksi, antara lain  Business to Business (B2B), Business to Customer (B2C) dan Business to Employee (B2E). Saat ini yang banyak diminati adalah Business to Business (B2B) yang merupakan transaksi perdagangan antar perusahaan yang menjual barang atau jasa dalam jumlah yang besar.  Dalam B2B ini biasanya harga yang ditawarkan lebih murah dikarenakan banyak jumlah barang yang dibeli untuk dijual kembali. B2B adalah salah satu bentuk transaksi yang menguntungkan, karena memiliki banyak keuntungan di antaranya produktifitas kerja yang potensial dan besar, waktu yang singkat dapat dilakukan transaksi jual beli barang atau jasa dalam jumlah yang besar, serta biaya yang relative murah sehingga keuntungan yang diperoleh pun menjadi semakin besar.

E-commerce sendiri dapat dipelajari secara otodidak. Intinya kemauan mau belajar, membaca dan menggunakan internet. Terutama pembelajaran tentang bagaimana mendapatkan kepercayaan konsumen, penggunaan internet, serta mekanisme dari usaha e-commerce itu sendiri. Dan untuk memulai usaha e-commerce, yang paling utama adalah memiliki website atau weblog untuk menampilkan barang-barang yang kita tawarkan. Dalam memiliki website atau weblog ini bisa dengan membelinya, menyewanya, atau membuatnya sendiri. Setelah itu, mulailah usaha e-commerce dengan promosi dari mulut ke mulut atau memasang iklan yang menarik agar konsumen tertarik. Apabila ada konsumen layani dengan baik sehingga lahirlah kepercayaan dari konsumen kepada kita.

Dalam menjalankan usaha e-commerce ini, kita harus benar-benar tahu dengan keadaan di pasar. Jangan sampai usaha e-commerce kita tidak berkembang. Sekarang ini banyak contoh kasus e-commerce yang bisa membuat konsumen berpikir dua kali apabila ingin melakukan transaksi dengan media ini. Jangan sampai konsumen merasa dirugikan dengan berbedanya jenis dan kuatitas barang yang diterima serta proses pengiriman yang tidak sesuai kesepakatan awal. Banyak terjadi hal seperti itu. Namun belum bisa diantisipasi secara konkrit dikarenakan masih sedikitnya UU yang mengatur tentang transaksi perdagangan melalui e-commerce ini. Belum ada patokan yang jelas dalam pelaksanaan jenis usaha ini.

Walaupun e-commerce banyak menghasilkan keuntungan, namun masih banyak bayangan-bayangan kegagalan bagi pengusaha e-commerce. Namun kegagalan ini bisa dijadikan motivasi dan pembelajaran untuk langkah usaha yang lebih baik, langkah untuk menanggulangi kegagalan yang terjadi agar tidak kembali terulang. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan usaha e-commerce, antara lain :

  • Strategi yang dilakukan kurang berhasil sehingga tidak ada perkembangan pada usaha e-commerce kita.
  • Adanya kecurangan dalam trasaksi barang, sehingga harus berhati-hati terutama dalam memilih produsen barang.
  • Terlalu sedikit UU yang mengatur tentang transaksi online, sehingga belum ada aturan yang jelas.
  • Kurangnya infrastruktur yang baik sehingga memungkinkan terjadi penyusupan dan pembobolan yang mengakibatkan kerugian dalam hal financial.

Sehingga kita harus mengantisipasi permasalahan yang bisa mengakibatkan kegagalan, harus diadakan evaluasi agar mengetahui perkembangan dari usaha e-commerce kita.

Arsitektur Mikrokomputer

Sistem Komputer yang kita ketahui dalam keseharian adalah yang terdapat pada PC. Suatu sistem komputer bekerja dengan ditandai adanya interaksi antara komputer dan peripheral (hadware-nya) dengan program dan sistem operasi (softwarenya). Komputer (CPU) adalah “otak” dari sistem tersebut sedangkan peripheral menghubungkan “otak” tersebut dengan dunia luar. Kerja suatu sistem komputer dioperasikan oleh sistem operasi dan program.

Suatu sistem komputer terdiri atas tiga bagian utama:

  1. 1. CPU (Central Processing Unit)

CPU terdiri atas empat bagian yaitu:

  1. 1. CU (Control Unit) :

Ini adalah unit pengendali. Fungsi utama unit pengendali (CU) adalah mengambil, mengkode, dan melaksanakan instruksi sebuah program yang tersimpan dalam memori. Unit pengendali mengatur urutan operasi seluruh sistem. Unit ini juga menghasilkan dan mengatur sinyal pengendali yang diperlukan untuk menyerempakkan operasi, juga aliran dan instruksi program.

  1. 2. ALU (Arithmetic Logic Unit): Unit ini berfungsi melaksanakan operasi aritmatik serta operasi-operasi logika.
  2. 3. Memory Unit (Unit Penyimpan)

Unit-unit ini mengandung program-program yang bersangkutan dan data yang sedang diolah.

  1. 4. I/O (Unit Pengontrol Masukan dan Pengeluaran), Unit ini melakukan hubungan dengan peripheral.

Bila sebuah komputer dibangun dalam sebuah PCB tunggal maka disebut minikomputer. Dan sebuah CPU yang dipakai dalam sebuah chip semikonduktor disebut mikroprosessor. Mikrokomputer sendiri adalah sebuah komputer yang dikonstruksi dari sebuah mikroprosesor dengan ditambahkan unit memori serta sistem I/O. Sistem mikrokomputer sama dengan yang terdapat pada sistem komputer. Untuk menanggulangi berbagai macam kerja yang harus dilakukan, biasanya diberikan “logika tambahan” atau rangkaian logika lain misalnya tri-state buffer, buffer, decoder, multiplexer.

Ciri utama sistem mikrokomputer : hubungan yang berbentuk “bus”. (Istilah bus diambil dari bahasa latin omnibus yang berarti kepada/untuk semua). Bus menunjukkan hubungan antara komponen-komponen secara elektris. Bus meneruskan data, alamat-alamat (address) atau sinyal pengontrol.

Bagian-Bagian Sistem Mikrokomputer

  1. 1. CPU/Mikroprosesor

Mikroprosesor berfungsi sebagai unit pengolah utama (CPU). Unit ini terdiri dari sebuah kalkulator dan unit pengontrol (CU). Unit kalkulator dari mikroprosesor terdiri dari register atau daftar (sebuah memori sementara yang cepat dan kecil), ALU, register status (menunjukkan keadaan sesaat dari perhitungan) dan sebuah pengkode.

  1. 2. Memori
    a. RAM (Random Access Memory)

RAM adalah unit memori yang dapat dibaca dan/atau ditulisi. Data dalam RAM bersifat volatile (akan hilang bila power mati). RAM hanya digunakan untuk menyimpan data sementara, yaitu data yang tidak begitu penting (tidak masalah bila hilang akibat aliran daya listrik terputus). Ada dua macam RAM yaitu RAM statik dan RAM dinamik. RAM statik adalah flipflop yang terdiri dari komponen seperti resistor, transistor, dioda dan sebagainya. Setiap 1 bit informasi tersimpan hingga sel “dialamatkan” dan “ditulis-hapuskan”. Keuntungan dari RAM statik adalah akses atau jalan masuk yang bebas ke setiap tempat penyimpanan yang diinginkan, dan karena itu kecepatan masuk ke dalam memori terhitung relatif tinggi. RAM dinamik menyimpan bit informasi sebagai muatan. Sel memori elementer dibuat dari kapasistansi gerbang-substrat transistor MOS. Keuntungan RAM dinamik adalah sel-sel memori yang lebih kecil sehingga memerlukan tempat yang sempit, sehingga kapasistas RAM dinamik menjadi lebih besar dibanding RAM statik. Kerugiannya adalah bertambahnya kerumitan pada papan memori, karena diperlukannya rangkaian untuk proses penyegaran (refresh). Proses penyegaran untuk kapasitor ini dilakukan setiap 1 atau 2 mili detik.
b. ROM (Read Only Memory)

ROM merupakan memori yang hanya dapat dibaca. Data tidak akan terhapus meskipun aliran listrik terputus (non-volatile). Karena sifatnya, program-program disimpan dalam ROM. Beberapa tipe ROM:

– ROM Murni : yaitu ROM yang sudah diprogram oleh pabrik atau dapat juga program yang diminta untuk diprogramkan ke ROM oleh pabrik.

– PROM (Programmable Random Access Memory) : ROM jenis ini dapat diprogram sendiri akan tetapi hanya sekali pakai (tidak dapat diprogram ulang).

– EPROM (Erasable Programmable Random Access Memory) : yaitu jenis ROM yang dapat diprogram dan diprogram ulang.
c. Input/Output (I/O)

Piranti Input/Output (I/O interface) dibutuhkan untuk menghubungkan piranti di luar sistem. I/O dapat menerima/memberi data dari/ke mikroprosesor. Untuk menghubungkan antara I/O interface dengan mikroprosesor dibutuhkan piranti address. Dua macam I/O interface yang dipakai yaitu: serial dan paralel. Piranti serial (UART/universal asynchronous receiver-transmitter) merupakan pengirim-penerima tunggal (tak serempak). UART mengubah masukan serial menjadi keluaran paralel dan mengubah masukan paralel menjadi keluaran serial. PIO (paralel input output) merupakan pengirim-penerima serempak. PIO dapat diprogram dan menyediakan perantara masukan dan keluaran dasar untuk data paralel 8 bit.

Dan dalam mikrokomputer yang bertugas menghubungkan semua komponen dalam unit mikrokomputer disebut bus. Bus menunjukkan hubungan antara
komponen-komponen secara elektris. Bus meneruskan data, alamat-alamat (address) atau sinyal
pengontrol. Ada tiga tipe bus yaitu:

– Data Bus (bus-D) : bus dengan delapan penghantar, data dapat diteruskan dalam arah bolak-balik (lebar data 8 bit) yaitu dari mikroprosesor ke unit memori atau modul I/O dan sebaliknya.

– Control Bus (bus-C) : meneruskan sinyal-sinyal yang mengatur masa aktif modul mikrokomputer yang sesuai dengan yang diinginkan menurut kondisi kerja.

– Address Bus (bus-A) : meneruskan data alamat (misal alamat 16 bit), dari penyimpan atau dari saluran masukan/keluaran yang diaktifkan pada saat tertentu.

Hubungan dalam masing-masing bus berupa kabel paralel 8 bit (jalur) maupun 16 bit (jalur).

MIKROPROSESSOR

Apabila komputer diibaratkan sebagai tubuh manusia, maka mikroprosesor (prosesor) adalah otaknya. Kecepatan sebuah komputer sebagian besar bergantung kepada kecepatan prosesor yang terpasang didalamnya. Makin cepat prosesor yang digunakan oleh sebuah PC, makin kencang PC tersebut bekerja.

Sejarah Mikroprosesor

1971: 4004 Microprocessor

Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.

1972: 8008 Microprocessor

Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.

1974: 8080 Microprocessor

Menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan

1978: 8086-8088 Microprocessor

Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.

1982: 286 Microprocessor

Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya.

1985: Intel386™ Microprocessor

Intel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004

1989: Intel486™ DX CPU Microprocessor

Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.

1993: Intel® Pentium® Processor

Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.

1995: Intel® Pentium® Pro Processor

Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.

1997: Intel® Pentium® II Processor

Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.

1998: Intel® Pentium II Xeon® Processor

Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.

1999: Intel® Celeron® Processor

Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.

1999: Intel® Pentium® III Processor

Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.

1999: Intel® Pentium® III Xeon® Processor

Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.

2000: Intel® Pentium® 4 Processor

Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.

2001: Intel® Xeon® Processor

Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.

2001: Intel® Itanium® Processor

Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).

2002: Intel® Itanium® 2 Processor

Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium

2003: Intel® Pentium® M Processor

Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.

2004: Intel Pentium M 735/745/755 processors

Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.

2005: Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz

Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.

2005: Intel Pentium D 820/830/840

Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.

2006: Intel Core 2 Quad Q6600

Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP )

2006: Intel Quad-core Xeon X3210/X3220

Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP)

2007: Intel Core Duo

Intel Core Duo adalah prosesor intel pertama yang mempunyai 2 buah inti ( core ). Menggunakan teknologi fabrikasi chip 65 nm.

Pengertian Mikroprosesor

Sebuah mikroprosesor (disingkat µP atau uP) adalah sebuah central processing unit (CPU) elektronik komputer yang terbuat dari transistor mini dan sirkuit lainnya di atas sebuahsirkuitterintegrasisemikonduktor.

Sebelum berkembangnya mikroprosesor, CPU elektronik terbuat dari sirkuit terintegrasi TTL terpisah; sebelumnya, transistor individual; sebelumnya lagi, dari tabung vakum. Bahkan telah ada desain untuk mesin komputer sederhana atas dasar bagian mekanik seperti gear, shaft, lever, Tinkertoy, dll.

Evolusi dari mikroprosesor telah diketahui mengikuti Hukum Moore yang merupakan peningkatan performa dari tahun ke tahun. Teori ini merumuskan bahwa daya penghitungan akan berlipat ganda setiap 18 bulan, sebuah proses yang benar terjadi sejak awal 1970-an; sebuah kejutan bagi orang-orang yang berhubungan. Dari awal sebagai driver dalam kalkulator, perkembangan kekuatan telah menuju ke dominasi mikroprosesor di berbagai jenis komputer; setiap sistem dari mainframe terbesar sampai ke komputer pegang terkecil sekarang menggunakan mikroprosesor sebagai pusatnya.
Karakteristik Mikroprosesor

Berikut adalah karakteristik penting dari mikroprosesor :

1. Ukuran bus data internal (internal data bus size): Jumlah saluran yang terdapat dalam mikroprosesor yang menyatakan jumlah bit yang dapat ditransfer antar komponen di dalam mikroprosesor.

2. Ukuran bus data eksternal (external data bus size): Jumlah saluran yang digunakan untuk transfer data antar komponen antara mikroprosesor dan komponen-komponen di luar mikroprosesor.

3. Ukuran alamat memori (memory address size): Jumlah alamat memori yang dapat dialamati oleh mikroprosesor secara langsung.

4. Kecepatan clock (clock speed): Rate atau kecepatan clock untuk menuntun kerja mikroprosesor.

5. Fitur-fitur spesial (special features): Fitur khusus untuk mendukung aplikasi tertentu seperti fasilitas pemrosesan floating point, multimedia dan sebagainya

Tipe – tipe microprocessor

  1. Pentium (diproduksi oleh Intel Corporation).

Pentium merupakan prosesor yang paling popular .berkembang sejak Pentium dengan kecepatan 60 Megahertz kemudian Pentium II, lalu Pentium III, hingga saat ini yang paling mutakhir adalah Pentium 4 dengan kecepatan hingga 2000 Megahertz atau 2 Gigahertz.

  1. Celeron (produksi Intel).

Celeron sebenarnya adalah Pentium II yang di kurangi atau di tiadakan komponen memori cache level 2-nya. Beberapa jenis prosesor ini adalah : a Celeron dengan cache L2 0 KB b Celeron dengan cache L2 128 KB c Celeron –II dengan cache L2 256 KB.

  1. Thunderbird (produksi AMD).

Thunderbird adalah kelanjutan dari Athlon dan Duron .ketiganya di produksi AMD sebagai saingan terberat Intel Pentium .K7(istilah lebih ringkas dari Thunderbirtd) dipercaya memiliki ketahanan dan kecepatan lebih baik dari pada Intel Pentium yang setara , sangat cocok bagi pemakai komputer yang gemar melakukan overclocking.

  1. WinChip (produksi IBM )

DT merupakan perusahaan yang lebih kecil yang menghasilkan CPU seperti Pentium MMX dengan harga murah. WinChip C6 pertama IDT diperkenalkan pada Mei 1997.

Prinsip kerja mikroprosesor

Cara suatu mikroprosesor bekerja dalam suatu rangkaian elektronik diarahkan oleh suatu program dalam kode-kode bahasa mesin (machine language) yang telah “dimasukkan” terlebih dahulu kedalam memory sistem rangkaian berbasis mikroprosesor itu. Di dalam sebuah mikroprosesor paling tidak terdiri dari rangkaian-rangkaian digital; memory/register, pengolah logika aritmatika, rangkaian kontrol operasi sekuensial.

Walau sebenarnya pekerjaan mikroprosesor jauh lebih rumit, tetapi pada dasarnya hanya ada 3 pekerjaan yang dilakukan :

  1. Menggunakan ALU, mikroprosesor dapat melakukan operasi aritmatik (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian). Mikroprosesor modern memiliki prosesor floating point yang bisa melakukan operasi-operasi yang sangat rumit untuk membantu CPU.
  2. Mikroprosesor bisa memindahkan data dari lokasi memori ke peranti lainnya dan sebaliknya.
  3. Mikroprosesor bisa membuat keputusan dan melompat ke set instruksi yang baru, berdasar pada keputusan itu.

Jalur data mikroprosesor

  1. Bus alamat (bisa berukuran 8, 16, atau 32-bit) : berfungsi untuk mengirim alamat ke memori.
  2. Bus data (juga bisa berukuran 8, 16, atau 32-bit) : berfungsi untuk mengirim/menerima data ke/dari memori.
  3. Jalur RD (read) dan WR (write) berfungsi untuk memberitahu memori apakah ia harus membaca atau menulis data di lokasi yang dialamati.
  4. Jalur clock : berfungsi memberikan deretan pulsa clock pada prosesor.
  5. Jalur reset : berfungsi mereset penghitung program ke nol (atau ke sesuatu nilai) dan memulai lagi pekerjaan dari awal.

Fungsi komponen di dalam mikroprosesor :

  1. Register A, B, dan C terdiri dari untai latch yang disusun dari untai flip-flop. Address Latch hanya meregister A, B, dan C
  2. Program counter : sebuah latch dengan kemampuan tambahan untuk menaikkan satu angka, dan juga bisa me-reset ke nol jika diperintahkan.
  3. ALU bekerja seperti penjumlah 8-bit sederhana : melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian nilai-nilai 8-bit.
  4. Test register : sebuah latch yang bisa menyimpan nilai perbandingan-perbandingan yang dilakukan di ALU. Sebuah ALU secara normal bisa membandingkan dua buah angka dan menentukan apakah keduanya sama besar nilainya atau salah satu lebih besar dari yang lain.
  5. Tri-state buffer : bisa melewatkan dan memutus keluarannya (seperti saklar). Buffer ini memungkinkan keluaran yang berjumlah banyak bisa tersambung pada sebuah jalur, tetapi pada satu waktu hanya satu dari mereka yang secara memberikan nilai “1” atau “0” ke jalur.
  6. Instruction Register dan instruction decoder bertanggungjawab untuk mengendalikan semua komponen-komponen lainnya.

Instruksi Pada Mikroprosesor

Mikroprosesor yang sangat sederhana sekalipun tetap memiliki instruksi-instruksi yang jumlahnya cukup banyak. Instruksi diimplementasikan dalam pola-pola bit (disebut juga bahasa mesin, machine language), masing-masing memiliki arti sendiri-sendiri saat dimuatkan ke dalam instruction register.Manusia pada umumnya tidak mungkin mengingat-ingat pola-pola bit, maka sebagai jalan keluar dirancanglah satu set kata pendek yang melukiskan pola-pola bit tersebut, yang lebih mudah dipahami.

Koleksi kata-kata pendek ini disebut sabagai bahasa assembly. Untuk menterjemahkan kata-kata pendek ini ke dalam bahasa yang dimengerti oleh mesin, digunakan peranti yang disebut assembler. Instruksi yang telah diterjemahkan oleh assembler ditempatkan ke dalam memori untuk dieksekusi oleh mikroprosesor. Contoh Instruksi Mikroprosesor Sederhana

  • LOADA mem – Muat register A dari alamat memori
  • LOADB mem – Muat register B dari alamat memori
  • CONB con – Muat sebuah nilai konstan ke register B
  • SAVEB mem – Simpan register B ke alamat memori
  • SAVEC mem – Simpan register B ke alamat memori
  • ADD – Tambahkan A dan B dan simpan hasilnya di C
  • SUB – Kurangi A dan B dan simpan hasilnya di C
  • MUL – Kalikan A dan B dan simpan hasilnya di C
  • DIV – Bagi A dan B dan simpan hasilnya di C
  • COM – Bandingkan A dan B dan simpan hasilnya di C
  • JUMP addr – Melompat ke sebuah alamat
  • JEQ addr – Melompat, jika setara, ke alamat
  • JNEQ addr – Melompat, jika tak setara, ke alamat
  • JG addr – Melompat, jika lebih besar dari, ke alamat
  • JGE addr – Melompat, jika lebih besar dari atau setara, ke alamat
  • JL addr – Melompat, jika lebih kecil dari, ke alamat
  • JLE addr – Melompat, jika lebih kecil dari atau setara, ke alamat
  • STOP – Berhenti melakukan eksekusi

KEYBOARD dan REVOLUSINYA

Keyboard yang umumnya berguna sebagai alat ketik telah mengalami perkembangan dalam hal desain dan fungsi. Namun belakangan ini, keyboard hadir dengan tombol-tombol yang mempunyai fungsi lain, seperti tombol pengontrol Media Player, tombol khusus untuk bermain game, tombol shortcut untuk menjalankan aplikasi, bahkan didesain dengan layar sentuh sebagai pengganti tombol tradisional. Berikut ini adalah contoh dari keyboard-keyboard tersebut:
Optimus Maximus
Keyboard ini dilengkapi dengan layar beresolusi 48×48 pixel di setiap tombolnya yang berfungsi sebagai display angka, huruf ataupun karakter lain. Tampilan pada layar tombol akan berubah sesuai dengan mode yang kita pilih.
Mode Inggris
Mode Cina
Mode Game Half Life
Mode Photoshop
Di sisi kiri keyboard, terdapat tombol-tombol shortcut untuk menjalankan program aplikasi.
Logitech diNovo Edge



Dilengkapi TouchDisc™ navigation, sebagai navigasi untuk memindahkan kursor dan Media controls sebagai control audio komputer. Desain tombol keyboard yang lembut menjadikannya terasa nyaman ketika dipakai untuk mengetik. Tidak peduli seberapa cepat dan keras Anda mengetik, keyboard ini tidak akan mengeluarkan suara.
Logitech G19 Gaming Keyboard

Merupakan salah satu varian dari keyboard yang didesain untuk bermain game. Dipersenjatai dengan Multi-key input, yaitu lima tombol yang dapat dipakai sekaligus dalam melakukan beberapa tindakan yang kompleks ketika bermain game.
Dengan adanya menu Game Mode, beberapa tombol menu Windows akan diset dalam mode disable sehingga tidak akan mengganggu jalannya permainan apabila tombol tersebut tertekan.
Tipro – Free Series


Keyboard yang didesain dengan konsep flexible dan customisable.
Optimus Tactus
Merupakan salah satu jenis keyboard tanpa tombol.
Karakter akan ditampilkan pada keyboard melalui sebuah layar Touch screen.
Selain itu, layar ini juga mampu untuk menampilkan video.
Luxeed Led


Keyboard ini terlihat seperti keyboard-keyboard lain, tetapi nampak lain jika sudah terhubung dengan komputer.
Luxeed merupakan keyboard yang kaya akan warna. Warna ini dihasilkan oleh led yang tertanam pada keyboard, dengan total 430 buah led yang dapat diatur warnanya sesuai keinginan pemakai.
Numeric Pad didesain secara terpisah dengan bodi keyboard sehingga dapat menghemat tempat.
A1Pro


Keyboard ini hadir tanpa Numeric Pad, tetapi digantikan dengan pad khusus semacam Pen Tablet dalam ukuran mini.
Fungsinya untuk digitalisasi gambar/tulisan tangan.
Wolf King Warrior XXtreme
Mempunyai konsep berbeda dari keyboard pada umumnya, yang memungkinkan pemakai dapat mengetik walaupun dengan satu tangan.
Sesuai dengan segmentasi keyboard untuk game, desain tata letak untuk kontrol game RPG dan FPS diatur agar perpindahan tangan seminimal mungkin.
orbiTouch Keyless

Merupakan kombinasi antara keyboard dan mouse. Penulisan angka/ huruf adalah dengan menggeser mouse ke salah satu dari 8 posisi pada keyboard.
Virtual Laser Keyboard


Adalah aksesori untuk semua gadget portabel seperti Blackberry, Smartphone, PDA, Tablet PC & MAC tetapi juga dapat dihubungkan ke komputer menggunakan USB dongle. Dengan ukuran sebesar Zipo, keyboard ini dapat dibawa dengan mudah.
Ergo Keyboard from Nicolas Tavlas

Ergo Keyboard from Nicolas Tavlas adalah keyboard yang user-friendly. Dengan kemiringan 25 derajat pada bagian tengah, menjadikan keyboard ini nyaman ketika digunakan waktu mengetik.

OPERATING SYSTEM AND UTILITY PROGRAM

System software adalah perangkat lunak yang mempunyai kumpulan – kumpulan prosedur, yang merupakan penghubung application software dengan hardware. Dan dasar komponen dari system software terbagi menjadi 3, yaitu operating system (OS), device drivers, dan utility programs.
Fungsi Operating system, secara umum fungsi OS (Operating Sistem) yaitu:
  • MULTI TASKING, memungkinkan beberapa program sekaligus diproses pada saat bersamaan di sebuah komputer dengan single user. Bekerja pada dua atau lebih program yang tersimpan dalam memory pada saat yang sama. Foreground adalah program yang sedang digunakan. Background adalah program yang sedang bekerja tapi tidak sedang digunakan.
  • MULTIPROGRAMMING, memungkinkan beberapa program menggunakan resources komputer pada saat waktu yang bersamaan bergantian (cth: proses memasukan data, melakukam cetak pada printer)
  • TIME SHARING, memungkinkan beberapa pemakai komputer menggunakan CPU bersamaan dan CPU akan memberikan waktunya bergantian kepada user untuk melayaninya.
  • MULTIPROCESSING, memungkinkan beberapa CPU bekerja besama-sama secara paralel dalam suatu sistem, yang biasanya terdapat pada supercomputer.
Dan Utility Program adalah system software yang menjalankan tugas-tugas maintenance. Biasa disebut dengan utility. Berikut adalah utility yang biasa terdapat pada windows. Utility program sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu utility eksternal dan utility internal.
 Utility internal adalah utility yang sudah ada pada Windows kita, secara default sudah terinstall pada saat kita selesai menginstall Windows. Contohnya:
  • File Manager untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti melakukan copy, memberi nama, menghapus dan memindah file. Image viewer menampilkan isi dari file gambar ketika user melakukan double click.
  • Personal Firewall untuk mendeteksi dan mengamankan personal computer dari instruksi-instruksi yang tidak dikenal (unauthorized intrusions). Versi update Windows XP terbaru secara langsung memungkinkan untuk membangun personal firewall pada saat isntalasi.
  • Unintaller untuk menghapus program yang biasanya ada di local disk c:
  • Disk Scanner untuk mendeteksi dan mengkoreksi masalah pada hard disk atau floppy disk dan Mencari atau menghapus file-file yang tidak digunakan.
  • Disk Defragment untuk mengatur ulang file-file dan space yang tidak digunakan pada hard disk sehingga program dapat berjalan lebih cepat.
  • Diagnostik Utility untuk melakukan menyusun informasi secara teknik tentang hardware dan beberapa software. Mempersiapkan laporan masalah secara terurai.
  • Backup Utility untuk melakukan duplikasi file-file yang dipilih atau seluruh hard disk ke disk atau tape. Umumnya melakukan compress files pada saat melakukan backup sehingga membutuhkan tempat lebih kecil.
 Utility External adalah utility yang bukan bawan Windows, harus menginstall terlebih dahulu. Inilah beberapa contoh dari utility external:
  • Antivirus Program untuk mengidentifikasi dan menghapus virus pada memory, storage media, dan file-file yang masuk Harus diupdate secara berkala
  • CD/DVD burning software berfungsi untuk menuliskan text, graphics, audio, dan file video ke recordable atau rewriteable CD atau DVD
  • File Compression Utility berfungsi untuk mengurangi ukuran file untuk menambah sedikit ruang dan memperbaiki performance. Compressed files biasa disebut dengan zipped files, Utility program yang umum digunakan: PKZIP , WinZip, Izarc, dll.
  • Cleaning System, digunakan untuk membersihkan file-file, registri, internet files yang rusak.
  • Multimedia adalah software yang mampu mengolah gambar dan suara. Contoh : Winamp, PowerDVD, WinDVD, Windows Media Player, ACDSee, QuickTime
  • Office dan Internet
  1. Office contoh : Microsoft Office (Word, Power Point, Excel, Access), yang gratis : OpenOffice.
  2. Internet contoh : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape, Opera.
  3. Untuk chatting : MiRC, BitchX.
  4. Untuk messenger : Yahoo Messenger, ICQ, MSN Messenger.
  5. Untuk file transfer : FTP, misal WS_FTP, CuteFTP.
  6. Untuk download : Download Accelerator, IDM, FlashGet, RedGet.
Namun pada saat ini, Personal Computer Maintenance Utility yang aslinya adalah utility external, bisa juga berfungsi layaknya utility internal. Personal Computer Maintenance Utility berfungsi untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah sistem operasi dan disk. Beberapa secara terus menerus mengawasi komputer untuk mengidentifikasi masalah yang muncul . maintenance utility yang biasa digunakan: tune up 2008, doctor PC dan lain-lain.

Supercomputer…

Supercomputer adalah manipulator angka berkecepatan sangat tinggi yang digunakan terutama untuk aplikasi-aplikasi ilmiah dan rekayasa, yang membutuhkan banyak proses komputasi terutama kalkulasi matematis. Generasi baru dari superkomputer berbeda dari komputer konvensional mainframe dalam penggunaan komputasi paralel. Sebuah komputer bisnis memproses perintah satu persatu dalam sebuah CPU tunggal. Pemrosesan paralel mencakup penggunaan dari ribuan CPU kecil untuk memproses secara simultan bagian-bagian dari tugas matematika yang telah dipecah menjadi banyak sub tugas. Jadi bisa dikatakan bahwa mainframe menggunakan semua dayanya untuk mengerjakan banyak program dan komputasi secara simultan, sedangkan Supercomputer memakai semua dayanya untuk mengeksekusi beberapa program secepat mungkin. Perbedaannya adalah seperti meminta seseorang untuk menemukan semua nama di dalam sebuah direktori telepon yang nama pertamanya adalah James. Sebuah komputer konvensional akan mulai dengan huruf A, kemudian bergerak dari halaman ke halaman hingga Z. Sebuah mesin yang memproses secara paralel akan mengalokasikan halaman 1 ke mikroprosessor 1, halaman ke 2 ke mirkroprosessor 2 dan seterusnya.

Superkomputer pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960-an, yang didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), yang akhirnya membentuk perusahaan sendiri, Cray Research pada tahun 1970an. Dia mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Dan untuk sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer.

Untuk masalah penggunaan, superkomputer biasanya digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dll. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer. Dan mereka lebih memilih superkomputer dikarenakan supercomputer lebih unggul dalam kecepataan dari komputer biasa dengan menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail kecil yang rumit. Komputer ini biasanya menspesialisasikan untuk penghitungan tertentu, biasanya penghitungan angka. Hirarki memorinya didesain secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat; dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di hirarki memori dan komponennya. Sistem I/Onya juga didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang tinggi. Seperti sistem paralel pada umumnya, hukum Amdahl berlaku, dan superkomputer didesain untuk menghilangkan serialisasi software.

Ada beberapa contoh supercomputer di dunia, salah satunya adalah superkomputer dalam teknologi yang disebut dengan HECToR, High-End-Computing-terascale-Resource, yang dapat memjawab beberapa pertanyaan besar dalam pengetahuan, yang memungkinkan melakukan penelitian sulit dengan cara yang cukup mudah. HECTor sendiri biasanya digunakan untuk penelitian superkonduktor, mesin pembakar, dan penelitian material-material baru.

Dan dari beberapa supercomputer di dunia, Roadrunner, salah satu produk superkomputer buatan IBM menduduki tempat teratas dalam daftar Top 500 superkomputer tercepat dunia. Kecepatannya mencapai 1,1 Petaflops, artinya mampu mengerjakan 1,1 Kuadriliun operasi komputasi per detik. Sementara itu, Jaguar, superkomputer buatan Cray, menempel ketat di belakang Roadrunner dengan 1,06 Petaflops per detik. Bahkan, tidak lama lagi pendatang baru dari IBM, Sequoia siap menyaingi keduanya. Sequoia memiliki performa 20 kali lebih cepat daripada Roadrunner, atau lebih besar dari 400.000 prosesor dengan CPU 3 GHz quadcore, yang diprediksi akan diperkenalkan tahun 2011.

Selain untuk penelitian ilmiah, supercomputer juga didedikasikan untuk bidang kesehatan. Salah satu contohnya  untuk pencegahan penyakit osteoporosis. IBM dan para ilmuwan dari Swiss Federal Institute of Technology menggunakan IBM BlueGene/L untuk membangun simulasi tulang manusia yang kompleks, dimana dapat mendiagnosa osteoporosis, penyakit yang secara harafiah berarti tulang keropos merupakan penyakit yang menyerang satu dari tiga wanita dan satu dari lima pria diatas umur 50 tahun. Yang disebabkan oleh hilangnya kepadatan tulang, lebih awal. Seperti yang diungkapkan oleh Alessandro Curioni, Manager bagian Computational Sciences di IBM Zurich Research Laboratory, kepada ComputerWorld mengatakan bahwa osteoporosis menyerap biaya kesehatan tertinggi setelah kanker. Selain itu, dengan menggunakan superkomputer buatan IBM ini, para ilmuwan mendekati diagnosa awal yang sangat penting. Karena untuk osteoporosis ini, sangat sulit untuk melakukan diagnosa awal, kecuali jika penyakitnya sudah sampai pada tahap yang parah. Jadi kerja superkomputer ini tidak hanya melihat kepadatan tulang saja, namun juga distribusi tekanan dalam tulang. Dengan menggunakan BlueGene/L, tim ini mencoba untuk mengadakan simulasi pertama pada tiap 5 milimeter bagian dari tulang. Dengan melakukan komputasi selama 20 menit, superkomputer ini menghasilkan data simulasi sebesar 90 GB. Superkomputer ini memberi para ilmuwan sebuah kemampuan komputasi untuk mendapatkan simulasi dari bagian tulang yang kecil sampai struktur tulang secara keseluruhan. Dan diperkirakan kurang lebih 10 tahun, komputer desktop yang ada sekarang akan mempunyai kemampuan superkomputer, dan hal tersebut memudahkan para dokter untuk melakukan simulasi di kantornya sendiri.

Namun dibalik dari segala kelebihan yang ada, superkomputer pun masih mempunyai kelemahan. Selain harganya yang sangat mahal, dan bentuknya yang besar, pembelian supercomputer harus mendapatkan persetujuan dari presiden USA. Dikarenakan kemampuan supercomputer yang dapat membaca dan menyadap berbagai data dari satelit. Dan mayoritas pengguna dari supercomputer ini berasal dari negara-negara yang sudah maju ataupun perusahaan-perusahaan yang besar.

Analog VS Digital

Antara digital dan analog. Analog dan digital sebenarnya lebih kepada istilah dalam penyimpanan dan penyebaran data. Data Analog disebarluaskan melalui gelombang elekromagnetik (gelombang radio) secara terus menerus, yang banyak dipengaruhi oleh faktor ”pengganggu”, sementara data digital adalah merubah data menjadi sederhana yaitu hanya terdiri dari 0 dan 1, yang akan lebih mudah untuk di sebarkan secara mudah tanpa terjadi gangguan.

Pemahaman yang mudah tentang analog dan digital adalah pada pita kaset lagu dan file MP3 kamu. Jika kamu meng-copy (menyalin) atau merekam pita kaset, tentu hasilnya banyak ditentukan oleh alat perekamnya, kebersihan ”head” rekam nya, dan sebagainya, semakin banyak kamu merekam ke tempat lain, kualitas suaranya akan berubah. Tapi dengan meng-copy file MP3, kamu akan mendapat salinannya sama persis dengan aslinya, berapapun banyaknya kamu menggandakannya.Kini ada juga yang menyalin lagu-lagu dari pita kaset menjadi file, atau disebut juga “men-digital-isasi”

Analog dan digital sebenarnya lebih kepada istilah dalam penyimpanan dan penyebaran data. Data Analog disebarluaskan melalui gelombang elekromagnetik (gelombang radio) secara terus menerus, yang banyak dipengaruhi oleh faktor ”pengganggu”, sementara data digital adalah merubah data menjadi sederhana yaitu hanya terdiri dari 0 dan 1, yang akan lebih mudah untuk di sebarkan secara mudah tanpa terjadi gangguan.

Pemahaman yang mudah tentang analog dan digital adalah pada pita kaset lagu dan file MP3 kamu. Jika kamu meng-copy (menyalin) atau merekam pita kaset, tentu hasilnya banyak ditentukan oleh alat perekamnya, kebersihan ”head” rekam nya, dan sebagainya, semakin banyak kamu merekam ke tempat lain, kualitas suaranya akan berubah. Tapi dengan meng-copy file MP3, kamu akan mendapat salinannya sama persis dengan aslinya, berapapun banyaknya kamu menggandakannya.Kini ada juga yang menyalin lagu-lagu dari pita kaset menjadi file, atau disebut juga “men-digital-isasi”

Analog adalah suatu bentuk dari komunikasi elektronik yang merupakan proses pengiriman informasi pada gelombang elektromaknetik, dan bersifat variabel dan berkelanjutan atau disebut juga dengan sinyal analog. Contohnya sinyal gambar pada televisi, atau suara pada radio yang dikirimkan berkesinambungan. Dan analog merupakan proses pengiriman sinyal dalam bentuk gelombang. Misalnya ketika seseorang berkomunikasi dengan menggunakan telepon, maka suara yang dikirimkan melalui jaringan telepon tersebut dilewatkan melalui gelombang. Dan kemudian, ketika gelombang ini diterima, maka gelombang tersebutlah yang diterjemahkan kembali ke dalam bentuk suara, sehingga si penerima dapat mendengarkan apa yang disampaikan oleh pembicara lainnya dari komunikasi tersebut.

Sedangkan pengertian dari digital adalah hasil teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (disebut juga dengan biner)untuk proses informasi yang mudah, cepat dan akurat. Sinyal tersebut disebut sebuah bit. Sinyal digital ini memiliki berbagai keistimewaan yang unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog, yaitu:

  • Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
  • Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri,
  • Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk,
  • Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif.

Komputer mengolah data yang ada adalah secara digital, melalui sinyal listrik yang diterimanya atau dikirimkannya. Pada prinsipnya, komputer hanya mengenal dua arus, yaitu on atau off, atau istilah dalam angkanya sering juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Kombinasi dari arus on atau off inilah yang yang mampu membuat komputer melakukan banyak hal, baik dalam mengenalkan huruf, gambar, suara, bahkan film-film menarik yang anda tonton dalam formatdigital.

Sebenarnya dari pengertian-pengertian di atas dapat disimpulkan perbedaan analog dan digital yang paling mendasar adalah pada bentuk gelombang sinyal masing-masing. Sinyal Analog mempunyai bentuk sinus atau setengah lingkaran, sedangkan sinyal digital mempunyai bentuk gelombang persegi atau kotak. Bentuk gelombang sinyal listrik bisa dilihat dengan alat bernama osiloskop. Selain itu teknologi yang menggunakan analog lebih sulit daripada yang digital, dikarenakan :

  • Digital hanya mempertimbangkan speed, power dissipation saja sedangkan analog harus memepertimbangkan speed, power dissipation, gain, precission, supply voltage dsb
  • Analog lebih sensitif terhadap derau/noise, crosstalk dan interferensi (kecepatan & presisi)
  • Jarang yang bisa diotomatisasi dalam perancangan seperti digital yang bisa di Lay out dan sintesis secara otomatis.
  • Modelling & Simulation untuk analog memerlukan pengalaman karena banyak efek dan perilaku yang “aneh”
  • Teknologi sekarang banyak digunakan dan dirancang untuk memproduksi produk digital, karena itu sulit kalau mau memproduksi yang analog.

Namun walaupun teknologi yang menggunakan digital jauh lebih mudah daripada analog, namun ada alat yang menggunakan analog dan sulit untuk digantikan. Contohnya saja :

  • Pemrosesan Sinyal dari Alam, secara alamiah, sinyal yang dihasilkan alam itu adalah berbentuk analog. Misalnya sinyal suara dari mikrofon, seismograph dsb , walaupun kemudian bisa diproses dalam domain digital, sehingga banyak alat yang mempunyai bagian ADC dan DAC. Dan pembuatan ADC dan DAC dengan presisi dan kecepatan tinggi, konsumsi daya rendah itu sangat sulit ini memerlukan orang-orang analog.
  • Komunikasi Digital, untuk mengirim sinyal melalui kabel yang panjang biasanya juga harus diubah dulu menjadi sinyal analog, memerlukan juga perancangan ADC dan DAC.
  • Penerima nir-kabel (wireless), sinyal yang diambil/diterima oleh antenna penerima RF adalah ANALOG (few milli volt, high noise)
  • Penerima Optis, mengirim data kecepatan tinggi melalui jalur fiber optic yang panjang data harus diubah menjadi bentuk cahaya (light) = ANALOG, perlu perancangan rangkaian kecepatan tinggi, dan pita lebar (broad band) oleh orang analog. (saat ini kecepatan receiver 10-40Gb/s)
  • Mikroprosesor & Memory, walaupun sesungguhnya DIGITAL, tapi pada kecepatan tinggi (high speed digital design), perilakunya mirip analog –> dilihat sebagai sinyal analog –> perlu pengertian tentang sistem Analog

Hubungan antara persamaan diferensial dengan bidang teknik informatika

Hubungan antara persamaan diferensial dengan teknik informatika, salah satu contohnya adalah pemodelan terrain.

Pemodelan Terrain merupakan salah satu pemodelan dalam pemrograman grafik yang umumnya diimplementasikan untuk objek-objek yang statis. Dan salah satu implementasi terrain yang sering digunakan adalah pemodelan lanskap, contohnya saja pemodelan betangan tanah, pinggiran pantai, dan gunung berapi. Selain itu, model ini banyak dijumpai dalam game motor rally dan real-time strategy.

Pada pemodelan untuk gunung berapi, digunakan pemodelan yang diolah dari peta digital yang diproses menjadi heightmap. Dan pemodelan ini menggunakan sistem partikel untuk animasi permukaan, pengontrolan permukaan implisit, dan animasi aliran lava. Partikel adalah entitas yang tidak mempunyai parameter ruang, namun mempunyai parameter posisi, kecepatan, dan gaya interaksi antar partikel yang bisa juga dipengaruhi gaya luar. Sedangkan sistem partikel adalah kumpulan massa titik dalam ruang tiga dimensi yang dihubungkan dengan gaya tertentu dan dipengaruhi oleh gaya eksternal, seperti gaya gravitasi dan gaya gesekan antar partikel. Partikel itu mengalami percepatan jika diberikan gaya a= d2x/dy = F/M  yang dirumuskan dalam hukum I Newton, dengan :

F = gaya yang diberikan

m = massa partikel

x = posisi partikel dalam arah sumbu x, y, z

dan gaya gravitasi yang dialami partikel dapat dirumuskan f = m.g .

Percepatan sendiri adalah turunan pertama terhadap waktu dari persamaan kecepatan v = dv/dt = a , dan kecepatan adalah turunan terhadap waktu dari posisi x = dx/dt = v sehingga menjadi x = F/m