Tips Mendekorasi Ulang Ruang Tamu dengan Benar

Tips Mendekorasi Ulang Ruang Tamu dengan Benar – Mebel Blog | Saat ini, rumah minimalis sangat populer di kalangan milenium. Tentunya Selain bertepatan dengan gaya hidup saat ini, rumah minimalis cenderung kecil dan lebih murah.

Selain itu, desain yang sederhana ini juga cocok untuk generasi millennial yang umumnya mementingkan keintiman di antara orang-orang di lingkaran kehidupan mereka. Baik itu penghuni atau tamu, Anda dapat merasakan suasana hangat yang membuat interaksi mereka lebih nyaman. Ruang untuk interaksi ini adalah ruang tamu.

Misalnya, jika fasad rumah adalah kesan pertama, ruang tamu adalah tahap selanjutnya bagi tamu untuk mengetahui karakter kepala keluarga.

Tentunya Anda ingin ruang tamu minimalis Anda membuat orang terdekat merasa nyaman. Dekorasi tidak selalu identik dengan barang- barang mahal. Jika Anda menginginkan ruang tamu yang nyaman dan elegan, coba tips berikut.

Tips Dekor Ulang Ruang Tamu

  1. Atur kembali penataan furnitur di depan jendela.

Mengatur ulang penataan furnitur dapat membuat ruangan Anda tampak lebih luas dan lega. Kiat dari kami: Jika ada jendela besar di satu sisi, cobalah sofa dan jangan kembali ke jendela. Justru saat menempatkan sofa di depan jendela, tampilan akan lebih luas.

  1. Gunakan prinsip perawatan jendela

Ganti gorden di ruang tamu dengan tampilan yang lebih elegan dan nyaman. Misalnya: linen, katun atau kain lainnya. Pilih warna yang lebih berani, seperti pola garis biru-putih. Cukup gunakan tirai kain agar lebih abadi dan mudah dirawat. Tidak perlu menjadi semacam pemadaman, karena ruang tamu tidak membutuhkan banyak privasi.

  1. Sentuh motif di sofa

Pilihan selanjutnya, Anda bisa mengganti sarung bantal yang ada dengan berbagai motif, misalnya motif kain yang minimalis, chevron, polos dan floral. Hindari menggunakan motif tunggal untuk semua bantal karena akan terlihat tua dan kaku. Anda dapat menggunakan sarung bantal yang ada, dengan catatan bahwa gaya harus cocok satu sama lain.

  1. Tempatkan hiasan dinding

Di ruang tamu, Anda dapat menampilkan beberapa karya seni yang indah dan foto-foto perjalanan keluarga. Tempatkan beberapa aksesoris seperti cermin, jam dinding, rak multi-layar, stiker dinding atau tipografi monogram yang saat ini menjadi tren. Sesuaikan warna dengan tema dan jumlah aksesori dengan proporsi seimbang.

  1. Hiasi lantai

Untuk ruang tamu kecil dan sempit, Anda dapat membiarkan lantai terbuka tanpa pemolesan. Tetapi jika ruang tamu cukup luas, berikan karpet atau permadani yang indah untuk kenyamanan. Atau, karpet tenun krem ​​terang hingga coklat gelap dengan batas dengan banyak pilihan warna dapat digunakan.

  1. Pilih cat dinding yang tepat

Dinding adalah bagian terbesar dari ruangan. Pertama, ubah warna dinding Anda dengan mengecat ulang. Tidak perlu untuk semua sisi, cat hanya bisa dilakukan di satu sisi sebagai warna aksen. Kombinasikan warna krim kusam dengan biru navy atau oranye persik lembut.

  1. Pajang pot produk bekas

Jika Anda memiliki kaleng sisa kue, permen, selai, atau makanan kaleng lainnya, gunakan untuk menanam beberapa tanaman hias, seperti kaktus, dan jenis sedum atau tanaman sukulen lainnya yang mudah dirawat. Anda juga bisa menanam beberapa sayuran dan rempah-rempah, seperti kol, sawi, bawang dan rempah-rempah. Bahkan, tanaman ini tidak mekar, tetapi mereka akan tetap terlihat menyegarkan di ruangan.

Baca Juga Inspirasi Desain Rumah Kecil Tanpa Sekat

Itulah Beberapa tips mendesain ulang untuk ruang tamu yang bisa anda jadikan referensi jika anda sedain desain ruang tamu.

Cara Memilih Furniture Yang Tepat Untuk Rumah Kecil

Cara Memilih Furniture Yang Tepat Untuk Rumah Kecil | Rumah-rumah kecil semakin berkembang di kota-kota besar, bahkan di daerah penyangga perkotaan. Meski Anda tinggal di rumah-rumah kecil, bukan berarti Anda kesulitan untuk memperoleh kenyamanan di rumah anda. Ada banyak cara untuk mengubah tampilan ruangan kecil agar lebih baik dan lebih nyaman untuk ditinggali. Kuncinya adalah memilih dan mengatur furnitur.

Mengapa pilihan furnitur untuk rumah kecil itu penting? Karena furnitur berkontribusi besar pada “ilusi” ruangan besar atau ruangan sempit, terutama di ruangan kecil. Karena itu, sebelum Anda membeli di toko mebel jepara, Anda harus mempertimbangkan sejumlah elemen. Karena terbatasnya  ruangan pada rumah kecil, Anda harus memanfaatkan setiap inci. Mengisi furnitur juga harus dipilih dengan hati-hati sehingga tidak makan banyak tempat.

Ada 5 faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih furnitur untuk rumah.

  • Besar Ukuran Ruangan

Sebaiknya sesuaikan ukuran perabot atau furniture dengan ukuran besar ruangan.

  •  Jumlah Penghuni

Semakin banyak anggota keluarga, semakin banyak perabot yang Anda butuhkan.

  • Fungsi ruangan

Setiap kamar di rumah membutuhkan berbagai jenis furnitur. Di kamar tidur, misalnya, Anda biasanya membutuhkan tempat tidur dan lemari. Sedangkan ruang keluarga tentu membutuhkan furnitur yang berbeda dari yang ada di kamar tidur.

  • Kebiasaan para pengguna ruangan

Kebiasaan masing-masing individu berbeda, kebutuhan akan berbeda. Setiap individu cenderung memiliki selera estetika yang berbeda.

  • Anggaran atau biaya

Saat ini, ada berbagai jenis furnitur yang tersedia dengan berbagai harga. Anda dapat memilih sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Dari semua jenis furnitur yang ada di pasaran, ada 2 jenis furnitur yang cocok dengan rumah berukuran terbatas. Kedua furnitur tersebut adalah furnitur tanam dan furnitur yang multifungsi. Setiap perabot memiliki kriteria sendiri, sehingga dapat masuk ke dalam ruangan kecil Anda.

Selain furnitur yang bagus, Anda juga perlu mempertimbangkan menempatkan furnitur di dalam ruangan. Jika penempatannya asal – asalan atau lalai, perabot yang dipilih dengan baik ini tidak akan mengisi ruangan secara optimal. Bahkan, itu bisa membuat ruangan terlihat sesak dan terasa semakin sempit.

Furnitur Tanam

Bentuknya yang praktis dan ukuran yang tepat atau presisi, membuatnya cocok di aplikasikan di rumah kecil. Jika Anda mencari interior yang rapi dan bersih, furnitur tanam dapat menjadi solusi terbaik. Furnitur tanam didefinisikan sebagai furnitur yang dirancang untuk menyatu dengan rumah, biasanya dipasang dengan sistem pembongkaran.

Furnitur tanam melekat pada bangunan, dinding, lantai dan langit-langit untuk meringkas sebuah ruangan dan menghemat tempat. Selain itu, bentuknya bisa disesuaikan karena ukurannya lebih spesifik dan lebih cocok.

Di rumah-rumah kecil, menanam furnitur dapat ditempatkan di area aktivitas padat sebagai tempat penyimpanan. Untuk furnitur besar dan mobilisasi minimal, Anda dapat menggunakan sistem instalasi agar lebih kompak dan kuat.

Beberapa jenis perabot rumah yang cocok untuk sistem penanaman adalah televisi, rak buku, peralatan dapur, dan lemari pakaian. Namun, ini tidak menutup kemungkinan, sistem penanaman ini juga diterapkan pada meja kerja atau tempat tidur, asalkan tidak tidak di pindah – pindah dalam kehidupan sehari-hari.

Bentuknya fleksibel dan dapat mengikuti ukuran ruangan, menjadikannya furnitur tanam dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan pada area yang sulit di isi furniture, misalnya dilorong, dinding di atas atau sudut yang jarang digunakan untuk aktivitas.

Baca Juga Inspirasi Desain Rumah Kecil Tanpa Skat

Furnitur multifungsi layak dipertimbangkan karena memiliki kelebihan, yaitu dapat memenuhi 2 hingga 3 fungsi, atau bahkan lebih. Saat ini di pasaran, tersedia banyak furnitur multifungsi dengan desain inovatif. Dengan sistem terintegrasi, furnitur fungsional ini hanya dapat mengubah bentuk dan fungsi untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda, misalnya dilipat, dipindahkan, diangkat atau diperpanjang. Jika Anda kesulitan menemukan yang tepat, Anda dapat memesannya dari produsen furnitur dengan menyesuaikan ukuran, bentuk, warna dan bahan.

Perabotan multifungsi selalu tersedia saat dibutuhkan untuk memenuhi fungsi utamanya dan mencakup fungsi praktis lainnya. Oleh karena itu, dapat ditanam secara fisik atau di tempel. Mebel juga bisa disebut multifungsi tanpa modifikasi bentuknya. Misalnya, dudukan TV dapat berfungsi baik sebagai partisi maupun sebagai ruang penyimpanan.

Mengingat kondisi, fungsi dan komposisi yang dirancang untuk memenuhi beberapa fungsi, tidak mengherankan bahwa harga furnitur multifungsi umumnya lebih tinggi. Namun, jika Anda menghitungnya, itu bisa lebih murah daripada membeli furnitur yang berbeda. Selain itu, menghemat uang juga dan menghemat ruang agar terlihat luas pada rumah mungil Anda.

Inspirasi Desain Rumah Kecil Tanpa Sekat

Inspirasi Desain Rumah Kecil Tanpa Sekat | Banyak yang beranggapan bahwa rumah kecil tidak dapat membebaskan Anda untuk bereksplorasi. Bahkan, Anda masih bisa membuat desain interior yang nyaman dengan sentuhan pribadi yang menyenangkan meski hunian Anda terbatas. Pada artikel ini, saya akan berbagi referensi rumah kecil tanpa sekat yang dapat Anda adaptasi. Apakah kamu penasaran? Lihat artikel ini sepenuhnya, ya!

Referensi Desain Rumah Kecil

 

  1. Penyatuan dua bagian melalui konsep terbuka

Konsep terbuka sangat ideal untuk digunakan sebagai interior rumah atau apartemen kecil. Di sini Anda dapat menggabungkan dua fungsi ruangan dengan partisi permanen seperti ruang tamu dan ruang makan. Namun, perlu diingat pilihan furnitur karena berfungsi sebagai penanda fungsi ruangan, misalnya penggunaan sofa dengan karpet dan set meja.

  1. Furnitur yang multifungsi

Pilihan furnitur yang efisien juga dapat memengaruhi kenyamanan hunian Anda. Sebagai karya salah satu desainer berikut ini, di mana penggunaan furnitur multifungsi seperti tempat tidur dengan rak penyimpanan dan penempatan sofa bed sangat efektif dalam memberikan penghuni dengan ruang maksimum untuk merasa lebih bebas.

  1. Ruang fungsional melalui mezzanine

Bahkan jika hunian Anda terbatas, ruang tambahan privasi masih tetap diperlukan. Tanpa harus merombak rumah atau menambah jumlah lantai dalam bangunan, Anda dapat membuat ruang tambahan di dalam rumah melalui mezzanine untuk digunakan sebagai ruang tamu dan ruang kerja. Untuk menghindari kedap air, minimalkan penggunaan furnitur di area tersebut dan sisakan celah yang cukup agar aliran udara dan cahaya menjadi lancar.

  1. Rumah sehat dengan jendela besar

Memberikan jendela dalam jumlah yang cukup diperlukan untuk setiap rumah. Terutama di rumah-rumah kecil yang benar-benar membutuhkan jendela, sehingga ruang tidak lembak dan pengap. Penyediaan jendela besar di ruang keluarga dapat memberikan udara yang optimal dan dapat memberikan pencahayaan alami sehingga anggota keluarga dapat tetap nyaman begitu berkumpul.

  1. Pemilihan cat yang tepat untuk kesan luas

Dalam desain interior hunian kecil, pilihan cat sangat penting. Sebagai referensi, pilih cat warna netral, seperti putih, yang memantulkan cahaya secara optimal, sehingga ruangan terlihat lebih luas. Agar tidak monoton, Anda dapat memasang berbagai dekorasi menarik, salah satunya adalah gaya Skandinavia, yang dapat memberikan penampilan estetika dan trendi pada rumah ukuran kecil.