UAS LTI

December 30th, 2020

hai guys , disini masih banyak yang bingung ga nih sama pemikiran dan penalaran?, nah disini saya akan memeberikan penjelasan singkat dari perbedaan dari pemikiran dan penalaran guys, ok ?

kita mulai dari pemikiran, apa si pemikiran itu, pemikiran pada umumnya yaitu sebuah aktivitas kerja otak mengenai sesuatu hal. Berfikir juga merupakan aktivitas mental sebab berfikir tidak hanya menggunakan aktivitas otak namun juga menyangkut semua bagian tubuh dan juga perasaan atau emosi dalam psikologi.

nah jadi begitu guys pengertian pemikiran itu kita lanjut yang ke dua yaitu penalaran

kalian pernah ngalamin ngga, bingung dengan contoh kalimat seperti ini “semua A adalah P (premis)                        sebagian P adalah A (simpulan)              semua manusia mempunyai tangan   (premis)                                                          sebagian yang memiliki tangan adalah manusia (simpulan)”

itu adalah contoh kalimat penalaran yang mempunyai simpulan deduktif secara langsung

ada juga simpulan deduktif secara tidak langsung, contoh nya:

“premis 1: semua mahluk hidup adalah ciptaan tuhan (U).

 premis 2: manusia adalah mahluk   hidup (U).

 simpulan : manusia adalah mahluk   ciptaan tuhan (K).”

nah sekarang apa si penalaran itu, penalaran adalah jalan pikiran ketika seseorang akan mengambil kesimpulan tertentu (Kafie 1989). Kesimpulannya, penalaran adalah suatu proses kognitif dalam menilai hubungan diantara premis-premis ynag akhirnya menuju pada penarikan kesimpulan tertentu.

itu saja penjelasan singkat dari saya, kurang lebihnya saya mohon maa, semoga bermanfaat guys.

video penjelasan: