Device Input Output

1. Mekanisme kerja device I/O

Keyboard

adalah salah satu device I/O yang merupakan unit input terpenting dalam suatu pengolahan data sebuah komputer. Keyboard memiliki fungsi dapat memasukkan berbagai karakter baik berupa huruf, angka maupun karakter – karakter khusus  dan juga keyboard dapat berfungsi sebagai sarana bagi user untuk melakukan suatu perintah dari user seperti menyimpan file, membuka file, dan lain sebaginya.

Mekanisme kerja keyboard

Keyboard memiliki prosesor dan rangkaian sirkuit yang membawa informasi prosesor dan menuju prosesor. pada keyboard terdapat suatu bagian yang bernama keyboard matriks, yaitu sebuah kisi rangkaian yang berada dibawah tombol – tombol keyboard. Didalam keyboard, rangkaian – rangkaian tersebut terputus (seperti saklar) pada titik dibawah tombol, ketika tombol tersebut ditekan maka akan menekan sebuah saklar, sehingga rangkaian – rangkaian tersebut tersambung dan dapat mengalirkan sebuah arus listrik. Ketika tombol tersebut ditekan lama, maka prosesor akan mengenali tombol tersebut sama dengan menekan tombol secara berulang – ulang.

Ketika sebuah prosesor menemukan rangkaian tertutup atau suatu rangkaian yang tersambung ketika tombol di tekan, maka prosesor akan membandingkan suatu lokasi tersebut dengan peta karakter yang tersimpan di dalam ROM keyboard. dimana peta karakter tersebut adalah sebuah daftar posisi tiap – tiap tombol yang dipresentasikan dalam bentuk sebuah tabel.

Ketika tombol ditekan, tombol tersebut juga akan menekan sebuah karet yang ada dibawah tombol tersebut, kemudian karet tersebut akan terhubung pada sebuah chip yang akan mentransmisikan sebuah sinyal berbentuk kode biner yang di dapat ketika tombol ditekan. kemudian data kode biner tersebut akan di generate oleh chip komputer. Setelah itu akan ditampilkan kembali menjadi tampilan asli menjadi tulisan berbentuk huruf pada layar monitor. Seperti ketika ingin menekan huruf ‘o’ maka akan menghasilkan keluaran berupa huruf ‘o’ kecil, akan tetapi ketika menekan tombol Shift dan huruf o secara bersamaan maka akan menghasilkan keluaran berupa huruf kapital dari ‘O’.

2. proses komunikasi dan interfacing dengan modul IO pada device IO

Proses komunikasi antara CPU dengan modul IO memiliki beberapa proses, diantaranya yaitu Command Decoding, dimana modul IO akan menerima perintah – perintah dari CPU yang dikirimkan sebagai isi bus kontol. Data, digunakan untuk pertukaran data antara modul IO dengan CPU melalui bus data. Status Reporting berfungsi untuk melapor kondisi status modul IO staying peripheral yang mana kondisi tersebut dapat berupa busy maupun ready bahkan status tersebut dapat berupa error jika terjadi kesalahan dalam proses. Dan Addressing Recognition.

Antarmuka modul IO dengan CPU melalui bus sistem komputer memiliki tiga saluran, yaitu saluran data, saluran alamat dan saluran kontrol. Dan bagian terpenting adalah blok logika IO yang berhubungan dengan seluruh perangkat antarmuka peripheral yang berfungsi untuk switching dan pengaturan pada blok logika tersebut.