BLITZ BASIC

            Blitz BASICmerujuk pada dialek bahasa pemrograman yang diinterpretasikan oleh compiler Blitz yang pertama, dirancang oleh pengembang yang berbasis di Selandia Baru bernama Mark Sibly. Karena berasal dari BASIC, Blitz sintaks dirancang agar mudah digunakan untuk pemula, saat pertama kali belajar pada sebuah program. Bahasa pemrogamannya adalah berorientasi pada game-pemrograman tetapi juga sering untuk hampir semua jenis aplikasi. Bahasa pemrogaman Blitz berkembang sebagai produk baru yang dirilis, dengan inkarnasi terbaru yang menawarkan kemampuan yang lebih yaitu teknik pemrograman lebih canggih seperti lebih berorientasi pada objek (objek-orientation)dan multi-threading.

Sejarah

Bahasa pemrograman Blitz diciptakan pertama kali untuk platform Amiga dan diterbitkan oleh Australian firm Memory and Storage Technology. Kemudian di Selandia Baru, Blitz2 diterbitkan beberapa tahun kemudian oleh Acid Software ( penerbit permainan lokal Amiga). Sejak itu, Blitz compiler telah dirilis pada beberapa platform.

BlitzBasic

Idigicon menerbitkan BlitzBasic untuk Microsoft Windows pada bulan Oktober 2000. bahasa pemrogamannya termasuk built-in API untuk melakukan grafis 2D dasar dan operasi audio. Setelah merilis Blitz3D, BlitzBasic sering disebut sebagai Blitz2D. Pengakuan BlitzBasic meningkat ketika batas “free” version telah berakhir dibagikan di majalah komputer populer Inggris seperti “PC Format”. Hal ini mengakibatkan sengketa hukum antara pengembang dan penerbit yang akhirnya diselesaikan secara damai.

 

 

Versi

1)Blitz3D

 

Blitz3D dirilis untuk Microsoft Windows pada bulan September 2001, bersaing dengan bahasa pemrogaman game PC yang sama (seperti Dark Basic). Blitz3D menambahkan “BlitzBasic Commmand” di set dengan masuknya API untuk DirectX 7-berbasis 3D engine.

Meskipun awalnya hak distribusi Blitz3D dimiliki oleh Idigicon, Blitz Research Ltd kemudian menandatangani kesepakatan dengan perusahaan sehingga memungkinkan Blitz Research Ltd untuk mendistribusikan Blitz3D sendiri. Sebagai imbalannya, Idigicon diberikan hak penuh untuk mendistribusikan BlitzBasic dan untuk menghapus semua salinan saham yang beredar dari Blitz3D. Blitz3D dirilis sebagai Open Source pada 4 Agustus 2014.

 

 

2)BlitzMax

Fungsi :Membuat Games and GUI Applications untuk Windows, Mac OS X and Linux

Fitur: BlitzMax compiler, core BlitzMax modules, Max2D graphics module, MaxGUI module, IDE, debugger, sample code and documentation. Source code for all modules included.

Windows Requirements: Windows 2000/XP/Vista/7/8. MinGW install optional, but recommended – please see this forum topic for details.

OS X Requirements: Mac OS X 10.3.9 or higher; Xcode SDK installed (free download from Mac App Store); Xcode command line tools installed (once Xcode is installed, from the Xcode menu bar select Preferences -> Downloads -> Command Line Tools).

Linux Requirements: Hardware OpenGL support recommended.

 

BlitzMax compiler yang pertama dirilis pada bulan Desember 2004 untuk Mac OS X. Hal ini membuat dialek Blitz pertama yang dapat dikompilasi pada platform * nix. Compiler untuk Microsoft Windows dan Linux kemudian dirilis pada Mei 2005.Blitz Max membawa perubahan terbesar dari struktur bahasa pemrogaman kekisaran modern dari semua produk Blitz dengan memperluas tipe system termasuk konsep orientasi objek (object-oriented) dan memodifikasi grafis API untuk setelan OpenGL yang lebih baik Blitz Max juga yang pertama dari semua bahasa pemrograman Blitz yang mewakili string internal menggunakan UCS2, sehingga native-support untuk string literal terdiri dari karakter non-ASCII.

 

BlitzMax platform-agnostic command-set memungkinkan pengembang untuk mengkompilasi dan menjalankan kode sumber pada berbagai platform. Secara tidak resmi, pengguna telah mampu mendapatkan Linux dan Mac OS X untuk cross-compile ke platform Windows.

 

 

3) Monkey X

Fungsi :Membuat Games untuk iOS, Android, Windows Phone

Fitur: Monkey translator, Mojo modules, TED IDE, debugger, sample code and documentation. Source code for all modules included.

Windows Requirements: Windows XP/Vista/7/8

OS X Requirements: Mac OS X 10.7 or higher; Xcode SDK installed (free download from Mac App Store); Xcode command line tools installed (once Xcode is installed, from the Xcode menu bar select Preferences -> Downloads -> Command Line Tools).

Linux Requirements: Ubuntu recommended.

Pada tahun 2011, BRL merilis bahasa pemrograman cross-platform baru yang disebut Monkey dan modul resmi pertama yang disebut Mojo. Monkey memiliki sintaks mirip dengan BlitzMax, tapi bukannya kompilasi langsung ke kode assembly, menerjemahkan sumber file Monkey langsung ke kode sumber untuk memilih bahasa, kerangka, atau platform misalnya Windows, Mac OS X, iOS, Android, HTML5, dan Flash.

CONTOH SOFTWARE YANG MENGGUNAKAN BLITZBASIC

 

Eschalon: Book I – BlitzMax

Eschalon: Book II – BlitzMax

Fairway Solitaire – BlitzMax

Grid Wars – BlitzMax

Qbix – BlitzMax

Platypus – Blitz2D (Mac port, BlitzMax)

Worms – originally titled Total Wormage and developed in Blitz Basic on the Amiga before its commercial release[4]

Wonderful Wizard of Oz – BlitzMax

Unwell Mel –BlitzMax