WAN merupakan jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. Pada sebagian besar WAN, jaringan terdiri dari sejumlah banyak kabel atau saluran telephone yang menghubungkan jaringan satu dengan yang lain dengan media router.
Dalam berkomunikasi menggunakan jaringan, tentunya akan ada standarisasi khusus jika berkomunikasi di dalamnya. Saat berkomunikasi pun kita akan membutuhkan perangkat untuk saling terhubung. Adalah FCC yang mempunyai tugas untuk mengatur segala jenis penggunaan perangkat telekomunikasi. Organisasi milik Amerika serikat ini juga mempunyai tujuan untuk mengatur komunikasi wireless, agar tidak terjadi kesimpang siuran, maupun penyalahgunaan dalam hal penggunaan sinyal atau frekuensi radio yang digunakan dalam teknologi wireless.
Untuk berkomunikasi pun kita memerlukan sebuah kabel atau frekuensi radio. Untuk itulah, fungsi dari organisasi TIA/EIA ada. Karena mereka memiliki standart pemasangan kabel menggunakan disain dan instalasi sistem pemasangan kabel yang terkoordinasi. Sedangkan untuk frekuensi radio sendiri, diatur oleh organisasi ITU. Saat informasi di kirimkan, organisasi ANSI lah yang berperan. Karena tugas utama ANSI adalah untuk industri pemrosesan informasi. Organisasi yang mendefinisikan standart Amerika serikat ini adalah anggota IEC dan ISO. Stadarisasi yang keluar dari organisasi ini salah satunya adalah standart ASCII dan SQL LANGUAGE.
Kemudian, dalam berkomunikasi kita pasti membutuhkan sebuah protokol. Untuk struktur dan fungsi protocol komunikasi data, organisasi ISO lah yang berperan. Protokol dari ISO sekarang dikenal dengan OSI LAYER. Dan untuk penetapan protokol itu sendiri, kita membutuhkan standarisasi dari organisasi IETF. Karena tugas utama dari organisasi ini adalah mengatur dan menetapkan protocol-protocol standard yang digunakan di internet.
Namun saat ini telekomunikasi sudah semakin berkembang sejalan dengan teknologi yang semakin canggih. Maka, IEEE(Institute of Electrical and Electronics Engineers) lah yang memegang peran penting. Karena Ia merupakan organisasi yang mempunyai tugas untuk peningkatan teknologi. Beberapa standar IEEE yaitu, IEEE 802.3 untuk Ethernet akses LAN., IEEE 802.11 untuk Wifi, akses wireless LAN, IEEE 802.16 untuk WiMAX, akses wireless MAN.