Tugas STI

October 19th, 2010

M.ALFIAN NURIS.S

105060807111036/Kelas: A

TUGAS SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI{STI}

DATABASE

A.      PENGERTIAN DATABASE

Data Base (basis data) merupakan kumpulan data yang di simpan secara sistematik dan saling berhubungan. Hubungan antar data dapat ditunjukan dengan adanya kolom kunci dari tiap file/tabel yang ada. Dalam satu file terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk, yang merupakan satu kumpulan entitas yang seragam. Satu record (Pada umumnya digambarkan sebagai baris data) terdiri dari field yang saling berhubungan menunjukan bahwa field tersebut dalam satu pengertian yang lengkap dan disimpan dalam satu record. Software yang digunakan untuk mengelola dan memanggil query database disebut DBMS

Dari pengertian yang tertulis diatas dapat disimpulkan bahwa database mempunyai beberapa kriteria penting, yaitu :

1]. Bersifat data oriented dan bukan program oriented.
2]. Dapat digunakan oleh beberapa program aplikasi tanpa perlu mengubah basis datanya.
3]. Dapat dikembangkan dengan mudah, baik volume maupun strukturnya.
4]. Dapat memenuhi kebutuhan sistem-sistem baru secara mudah
5]. Dapat digunakan dengan cara-cara yang berbeda.

Adapun ciri-ciri basis data diantaranya adalah sebagai berikut :

1]. Efisiensi meliputi kecepatan, ukuran, dan ketepatan data.
2]. Data dalam jumlah besar.
3]. Berbagi Pakai (dipakai bersama sama/Sharebility).
4]. Mengurangi bahkan terjadinya duplikasi dan ketidakkonsistenan data.

B.     Pengertian DBMS(Database Manajement System)

Seperti yang disebutkan di atas bahwa DBMS dalah software yang digunakan untuk memanggil dan mengelola query database. Pengertian lain dari DBMS adalah sistem yang dibuat untuk memudahkan user dalam mengelola database. Sistem ini dibuat untuk mengatasi kelemahan sistem pemrosesan yang berbasis berkas. Pada pendekatan yang berbasis berkas, umumnya perancangan sistem didasarkan pada kebutuhan individual pemakai, bukan berdasarkan kebutuhan sejumlah pemakai.

DBMS memiliki keuntungan seperti berikut:

1.      Pengaksesan yang efisien terhadap data

DBMS menyediakan berbagai teknik yang canggih sehingga penyimpanan dan pengambilan data dilakukan secara efisien.

2.      Keamanan dan integritas data

Karena data dikendalikan oleh DBMS, DBMS dapat melakukan kendala integritas terhadap data. Segala sesuatu yang tidak sesuai dengan definisi suatu field dan kekangan yang melekat pada field akan ditolak.

3.      Administrasi data

Jika sejumlah pemakai berbagi data, pemusatan administrasi dapat meningkatkan perbaikan yang sangat berarti. Dengan cara seperti ini, duplikasi atau redudansi data dapat diminimalkan.

4.      Akses bersamaan dan pemulihan terhadap kegagalan

DBMS menyediakan mekanisme sehingga data yang sama dapat diakses oleh sejumlah orang dalam waktu yang sama. Selain itu, DBMS melindungi pemakai dari efek kegagalan sistem. Jika terjadi kegagalan sistem, DBMS dapat mengembalikan data sebagaimana kondisi saat sebelum terjadi kegagalan.

Beberapa Contoh DBMS :

DBMS Vendor
Access Microsoft Corporation
DB2 IBM
Informix Ibm
Ingres Computer Associate
MySQL The MySQL AB Company
Oracle Oracle Corporation
Sybase Sybase Inc.
Microsoft SQL Server Microsoft Corporation
Visual dBASE Borland
Visual FoxPro Microsoft Corporation

C.     Model Database

Database Hierarkis

Pada database Hierarkis, field atau record diatur dalam kelompok-kelompok yang berhubungan, menyerupai diagram pohon, dengan record child (level lebih rendah) berada di bawah record parent (level yang lebih tinggi).

Database Jaringan

Konsep database jaringan mirip dengan database hierarkis tetapi setiap record child dapat memiliki lebih dari satu record parent. Selanjutnya setiap record child dapat dimiliki oleh lebih dari satu record parent.

Database Relasional

Database Relasional bekerja dengan menghubungkan data pada file-file yang berbeda dengan menggunakan sebuah kunci atau elemen data yang umum.

Database Berorientasi Objek

Model ini menggunakan objek sebagai perangkat lunak yang ditulis dalam potongan kecil yang dapat digunakan kembali sebagai elemen dalam file database. Database berorientasi objek adalah sebuah database multimedia yang bisa menyimpan lebih banyak tipe data dibanding database relasional.

Database Multidimensial

Database Multidimensial (MDA) memodelkan data sebagai fakta, dimensi, atau numerik untuk menganalisis data dalam jumlah besar, tujuannya adalah untuk mengambil keputusan. Database Multidimensial menggunakan bentuk kubus untuk merepresentasikan dimensi-dimensi data yang tersedia bagi seorang pengguna, maksimal empat dimensi.

D.    Data Mining

Data Mining adalah proses pencarian otomatis terhadap pola dalam data dalam jumlah besar dengan menggunakan perangkat seperti klasifikasi, penggugusan (clustering), dll.

Data mining diterapkan dengan paradigma untuk melihat informasi yang tersembunyi. Data mining merupakan kegiatan yang meliputi pengumpulan, pemakaian data historis untuk menemukan keteraturan, pola dan hubungan dalam set data berukuran besar.

Teknik Penggalian Data

Pada dasarnya penggalian data dibedakan menjadi dua fungsionalitas, yaitu deskripsi dan prediksi. Berikut ini beberapa fungsionalitas penggalian data yang sering digunakan:

Hello world!

August 30th, 2010

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!