Jurnal Kesehatan

Blog mahasiswa Universitas Brawijaya

Pilihan Jus Detoksifikasi Paling Sehat

Toko jus bermunculan di mana-mana karena alasan yang bagus! Minum jus segar dapat digunakan sebagai sarana detoksifikasi tubuh, membantu menciptakan tubuh yang lebih basa, dan memberikan dorongan energi dan pikiran yang jernih.

Membuat jus adalah taktik ampuh yang digunakan oleh banyak orang yang tumbuh dengan cepat untuk menurunkan berat badan dengan cepat, mendapatkan nutrisi yang tepat, dan membantu mendorong gaya hidup sehat.

Setiap kali saya pulang dari liburan atau makan malam yang sangat buruk, saya mengambil jus yang sehat untuk membersihkan tubuh saya dan memberi istirahat pada sistem pencernaan saya.

Saya membagikan 4 resep jus favorit kami dengan bermacam-macam buah dan sayuran untuk variasi. Karena putri tertua saya adalah “ahli kesehatan”, kami membuat jus buatan sendiri ini setiap minggu dan menyimpannya dalam toples di lemari es agar mudah diakses. Menghemat begitu banyak uang membuat jus di rumah!

Manfaat Cold-Pressed Juice Bagi Kesehatan

Menurut Mayo Clinic, dengan meminum jus yang baru dibuat, tubuh Anda dapat menyerap nutrisi lebih baik daripada makan buah-buahan dan sayuran utuh dan ini memberi sistem pencernaan Anda istirahat dari bekerja dengan serat.

Mereka mengatakan bahwa membuat jus dapat mengurangi risiko kanker, meningkatkan sistem kekebalan Anda, membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda, membantu pencernaan dan membantu Anda menurunkan berat badan. Jus segar dapat memberi Anda energi dan pikiran yang jernih.

Buah dan Sayuran Terbaik untuk Membuat Jus Detoksifikasi

Beberapa sayuran yang paling populer adalah wortel, ketimun, seledri, kangkung, bayam, bit, dan romaine. Buah yang paling populer digunakan untuk membuat jus adalah lemon, jeruk, apel, dan jeruk nipis. Tambahan lainnya adalah jahe segar, peterseli, chlorella, dan kunyit.

Manfaat Jus Detoksifikasi Bagi Kesehatan Tubuh

  • Kale – sangat rendah kalori, anti-oksidan kuat dengan sifat anti-inflamasi, dan membantu untuk penyakit arthritis dan autoimun.
  • Bayam – keindahan bayam terletak pada betapa mudahnya menyamarkan rasanya. Rasanya yang ringan namun dikemas dengan vitamin, memiliki sifat anti-kanker, dan merupakan salah satu makanan tersehat di planet ini.
  • Mentimun – karena 95% airnya, ini merupakan detoksifikasi yang luar biasa dan membantu fungsi hati dan ginjal
  • Lemon – salah satu item paling penting untuk disimpan di dapur Anda karena ini adalah agen pembersih yang sangat efektif dan menghilangkan rasa pahit sayuran
  • Wortel – dikenal sebagai sumber beta-karoten, serat, vitamin K, dan kalium yang baik. Wortel telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan peningkatan kesehatan mata
  • Seledri – rendah kalori karena kebanyakan air. Ini adalah makanan rendah glisemik dan sumber serat makanan, Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin K.
  • Bit – mengandung nutrisi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, melawan peradangan, dan mendukung detoksifikasi.
  • Apel – “sebutir apel sehari menjauhkan dokter” adalah pepatah terkenal untuk alasan yang bagus. Membantu melawan peradangan dan kesehatan jantung.
  • Jeruk – penguat sistem kekebalan tubuh karena tinggi vitamin C dan rendah kalori.
  • Kunyit – sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan
  • Jahe – membantu pencernaan dan mendukung sistem kekebalan tubuh

Kombinasi Buah dan Sayur Terbaik untuk Jus Detoksifikasi

Berikut kombinasi jus buah dan sayur di bawah ini:

  • Minumlah Sayuran Anda: Bayam, Mentimun, Seledri, Lemon, Jahe, dan Apel (opsional: peterseli)
  • Detoxifier: Bit, Wortel, Lemon, Jahe, Apel
  • Visi: Wortel, Jeruk, Jahe (opsional: kunyit)
  • Wortel Manis: Apel, Wortel, dan Peterseli

Jika Anda ingin membeli jus secara online yang diantarkan ke rumah Anda, Anda dapat melihat cold-pressed juice di sini. IT’s Buah memiliki serangkaian produk jus Detoksifikasi yang bisa Anda coba.

 

Menjaga Kesehatan Tubuh Wanita

Gaya hidup sehat dapat membantu Anda berkembang sepanjang hidup dan meraih cita-cita. Namun, membuat pilihan yang sehat tidak selalu mudah.

Sulit untuk menemukan waktu dan energi untuk berolahraga teratur atau menyiapkan makanan sehat. Namun, upaya Anda akan membuahkan hasil dan memberi Anda banyak manfaat selama sisa hidup Anda.

Cara untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

#1. Tetap Aktif

Usahakan untuk aktif secara fisik selama 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu.

Jika tidak ada waktu 30 menit, bagi menjadi tiga sesi 10 menit. Gerakan yang sehat termasuk berjalan kaki, olahraga, menari, yoga, berlari, atau aktivitas lain yang Anda sukai.

#2. Konsumsi Buah dan Sayur

Makan makanan yang seimbang dan rendah lemak dengan banyak buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.

Pilih diet yang rendah lemak jenuh dan kolesterol. Hindari pula gula, garam, dan lemak dalam jumlah sedang.

#3. Utamakan Keselamatan

Hindari cedera dengan mengenakan sabuk pengaman dan helm sepeda, menggunakan detektor asap dan karbon monoksida di rumah, dan usahakan Anda tidak sendiri saat keluar rumah pada malam hari.

#4. Berhenti Merokok

Jangan merokok, atau berhenti jika Anda merokok. Mintalah bantuan penyedia layanan kesehatan Anda. Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) umumnya menyediakan layanan berhenti merokok serta konsultasi dokter bagi perokok yang ingin berhenti.

#5. Hindari Alkohol dan Narkotika

Minumlah secukupnya jika Anda minum alkohol. Jangan pernah minum sebelum atau saat mengemudi, atau saat hamil. Mintalah bantuan seseorang yang Anda percayai jika Anda mungkin kecanduan narkoba atau alkohol.

#6. Gunakan Alat Kontrasepsi

Bantu cegah Infeksi Menular Seksual (IMS) dan HIV/ AIDS dengan menggunakan kondom setiap kali berhubungan seksual.

Kondom tidak 100 persen aman, jadi diskusikan pemeriksaan IMS dengan pasangan Anda. Metode KB selain kondom, seperti pil dan implan, tidak akan melindungi Anda dari IMS atau HIV.

#7. Jaga Kebersihan Gigi

Sikat gigi Anda setelah makan dengan sikat gigi berbulu lembut atau sedang. Sikat juga setelah minum dan sebelum tidur. Gunakan benang gigi (dental floss) setiap hari.

#8. Batasi Paparan Sinar Matahari

Hindari sinar matahari, terutama antara jam 10 pagi dan 3 sore, ketika sinar matahari yang membahayakan kulit bersinar paling kuat.

Anda masih terpapar sinar radiasi matahari meskipun cuaca mendung atau jika Anda berada di dalam air karena sinar radiasi menembus keduanya.

Gunakan tabir surya dengan spektrum luas yang melindungi dari sinar UVA dan UVB, dengan faktor perlindungan matahari (SPF) 15 atau lebih tinggi. Pilih kacamata hitam yang menghalangi 99 hingga 100 persen sinar matahari.

Jaga Kesehatan Mental

Wanita saat ini memiliki kehidupan yang sibuk dan menuntut. Anda mungkin merasa ditarik ke arah yang berbeda dan mengalami stres karena berurusan dengan pekerjaan, keluarga, dan masalah lain.

Akibatnya, Hanya tersisa waktu sedikit untuk diri Anda sendiri. Belajar menyeimbangkan hidup Anda agar Anda memiliki waktu untuk diri sendiri. Hal ini mampu menjaga kesehatan mental dan fisik Anda.

Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Tetap berhubungan dengan keluarga dan teman.
  2. Terlibat dalam komunitas Anda.
  3. Pertahankan sikap positif dan lakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia.
  4. Jaga rasa ingin tahu Anda. Belajar seumur hidup bermanfaat bagi kesehatan Anda.
  5. Hubungan percintaan yang sehat selalu bebas dari paksaan.
  6. Belajar mengenali dan mengelola stres dalam hidup. Tanda-tanda stres termasuk sulit tidur, sering sakit kepala, dan masalah perut; menjadi sangat marah; dan beralih ke makanan, obat-obatan dan alkohol untuk menghilangkan stres.
  7. Cara yang baik untuk mengatasi stres meliputi olahraga teratur, kebiasaan makan yang sehat, dan latihan relaksasi, seperti pernapasan dalam atau meditasi. Berbicara dengan anggota keluarga dan teman tepercaya dapat sangat membantu. Beberapa wanita menemukan bahwa terlibat dalam komunitas dan berinteraksi membantu meringankan stres.
  8. Cukup tidur dan istirahat. Orang dewasa membutuhkan sekitar delapan jam tidur setiap malam.
  9. Bicaralah dengan psikolog atau penyedia layanan kesehatan mental jika Anda merasa tertekan selama lebih dari beberapa hari. Depresi termasuk penyakit yang bisa diobati. Tanda-tanda depresi termasuk merasa hampa dan sedih, banyak menangis, kehilangan minat dalam hidup, dan pikiran untuk mati atau bunuh diri. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal memiliki pikiran untuk bunuh diri, segera dapatkan bantuan.

Pentingnya Detoksifikasi Sebelum Memulai Diet

Apakah Anda sedang mencoba memahami akar masalah usus yang mengganggu? Ataukah ingin mencoba program diet makan? Mungkin, Anda ingin mengadopsi gaya hidup sehat?

Menurut Center Mark Hyman, MD, sebelum Anda mengubah diet, pola makan, atau mengadopsi gaya hidup baru yang mempengaruhi kesehatan tubuh, Anda disarankan untuk detoksifikasi terlebih dulu.

“Ketika Anda mendengar kata ‘detoksifikasi’, Anda mungkin berpikir detoksifikasi obat atau detoks alkohol atau enema rumput gandum. Bukan itu yang saya bicarakan,” ujar penulis buku Food: What the Heck Should I Eat? tersebut.

Dr. Hyman menjelaskan alasan mengapa detoks itu penting dan bagaimana detoksifikasi dilakukan dengan tepat..

Apa Itu Detoksifikasi?

Sebelum memahami alasan di balik pentingnya detoksifikasi, Anda harus memahami dulu apa yang dimaksud detoksifikasi.

Menurut Dr. Hyman, detoksifikasi adalah cara tubuh membuang limbah yang tak terpakai. Kalau limbah menumpuk dalam tubuh, maka tubuh akan bereaksi dengan rasa sakit. Detoksifikasi adalah kunci untuk mencari cara agar kapasitas tubuh untuk detoksifikasi meningkat. Pada saat yang bersamaan detoksifikasi artinya membuang limbah sambil meminimalkan paparan racun.

Dr. Hyman menjelaskan bahwa bahan kimia beracun yang berasal dari makanan, udara, dan lingkungan, dapat diserap oleh tubuh setiap hari.

“Menurut Kelompok Kerja Lingkungan organisasi nirlaba, rata-rata bayi yang baru lahir memiliki 287 racun yang diketahui dalam darah tali pusatnya,” kata Dr. Hyman.

Ini berarti sang ibu terpapar setidaknya sebanyak ini racun setiap hari, “jadi bayangkan berapa banyak yang telah terpapar dalam hidup Anda,” katanya.

Faktanya, hidup manusia dikelilingi oleh racun dan toksin yang mempengaruhi otak, fungsi organ tubuh, dan kesehatan secara umum.

Mengapa Detoksifikasi Penting?

Bagi orang sehat, sistem detoksifikasi tubuh ibarat mesin yang diminyaki dengan baik. Tetapi jika Anda mulai mengalami masalah pencernaan, gangguan fungsi hati, atau Anda merasa lelah terus-menerus, maka berarti tubuh Anda sedang sakit.

 “Selain itu, jika Anda kelebihan berat badan, bahan kimia lingkungan [beracun] seperti pestisida dan plastik disimpan di jaringan lemak Anda,” kata Dr. Hyman.

“Saat Anda menurunkan berat badan, Anda perlu membuang racun yang dilepaskan dari jaringan lemak. Jika tidak, racun-racun tersebut dapat meracuni metabolisme Anda dan mengganggu proses penurunan berat badan.”

Meskipun Anda tidak kelebihan berat badan, Dr. Hyman menunjukkan bahwa toksisitas telah dikaitkan dengan hampir semua penyakit, termasuk demensia, penyakit jantung, alergi makanan, dan masalah pencernaan.

Sekarang setelah Anda mengetahui mengapa detoksifikasi itu penting, pertanyaan selanjutnya adalah: Bagaimana Anda memulai detoksifikasi?

Bagaimana Cara Memulai Detoks?

Pertama, Anda perlu mengidentifikasi racun apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh. Besar kemungkinan, Anda mengonsumsi makanan yang sama dan berulang, dan menumpuk jenis racun yang sama.

Kalau Anda belum terbiasa detoksifikasi, Anda bisa mencoba detoks sehari untnuk menguji apakah Anda akan cocok menjalankan program ini atau tidak.

Saran Dr. Hyman adalah untuk menghilangkan gula, biji-bijian, daging olahan dan ikan dengan merkuri tinggi, produk susu, dan apa pun yang mengandung pengawet selama 10 hari. Lihat bagaimana tubuh Anda bereaksi.

Selama proses tersebut, ganti makanan Anda dengan makanan asli dan utuh. Anda juga bisa mencoba menu detox seminggu untuk memudahkan proses transisi.

“Dasar dari diet Anda haruslah protein berkualitas tinggi, lemak, dan sayuran non-tepung yang tidak meningkatkan gula darah atau insulin,” kata Dr. Hyman.

“Tidak hanya jenis makanan ini mendetoksifikasi tubuh Anda tetapi juga menghidupkan kembali metabolisme Anda, menenangkan peradangan di seluruh tubuh, menghancurkan keinginan makan, dan membuat Anda kenyang.”

Cara Lain untuk Detoksifikasi

Selain mengonsumsi makanan sehat, Anda harus berolahraga. Meskipun kebanyakan orang tidak mengaitkan olahraga dengan detoksifikasi, Dr. Hyman mengatakan bahwa olahraga adalah bagian yang tidak terpisahkan dari diet detox.

“Olahraga membantu sirkulasi darah dan limfatik Anda melakukan tugasnya,” katanya. “Selain itu, mendetoksifikasi pikiran Anda sama pentingnya dengan mendetoksifikasi tubuh Anda,”katanya. 

Fakta lainnya, olahraga dapat meredakan kecemasan dan merangsang perasaan bahagia.

Selain olahraga, Anda disarankan untuk mengonsumsi jus diet detox yang banyak ditawarkan khusus untuk tujuan detoksifikasi tubuh.

Apa yang Terjadi Setelah Anda Detox?

Setelah 10 hari, Anda akan siap untuk menghentikan detoksifikasi dan perlahan-lahan mulai memasukkan kembali makanan yang telah Anda kurangi ke dalam diet Anda.

Dengan cara ini, Anda bisa mengidentifikasi makanan dan aktivitas yang cocok dengan tubuh Anda atau tidak. Kalau tubuh Anda memunculkan reaksi negatif setelah mengonsumsi makanan tertentu, maka hentikan segera.

Sebaliknya, terus konsumsi makanan yang membuat Anda merasa lebih berenergi, lebih bahagia, dan lebih nyaman. Setelahnya, Anda bisa mulai mengadopsi diet yang ingin Anda lakukan, apakah diet vegan, diet keto, atau diet paleo.

Apapun diet yang Anda praktekkan, Anda sebaiknya mengawali prosesnya dengan detoksifikasi tubuh.

Setelah Anda mengadopsi diet tertentu, Anda disarankan untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan aktif agar mendapat manfaat kesehatan tubuh untuk jangka panjang.

Jika Anda memiliki riwayat penyakit, tentunya diskusikan perubahan pola makan dan gaya hidup Anda dengan dokter sebelum mulai melakukan diet apapun. Ini untuk menghindari resiko penyakit yang lebih parah atau kerusakan fungsi organ tubuh karena diet yang ternyata tidak cocok dengan tubuh Anda.

Manfaat Detoksifikasi bagi Kesehatan

Detoksifikasi yang sedang populer belakangan ini membuat masyarakat penasaran. Ada banyak variasi detoksifikasi yang bisa dipilih. Mulai dari minuman detox seperti jus diet detox, makanan detox, hingga puasa detox.

Benarkah detoksifikasi yang kini populer dengan istilah diet detox memiliki manfaat nyata bagi tubuh? Dalam artikel ini, saya membahas alasan perlunya detoksifikasi dan manfaat detoksifikasi bagi kesehatan menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari berbagai negara.

Mengapa kita perlu detoksifikasi?

Aktivitas harian membuat tubuh manusia terpapar berbagai zat kimia berbahaya. Salah satu alasan mengapa detoksifikasi penting, menurut pengamat, adalah untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Manusia dikelilingi oleh racun, di udara yang kita hirup, makanan yang dikonsumsi, dan bahkan di dalam air yang kita minum. Ditambah dengan gaya hidup kurang sehat yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat, racun semakin menumpuk tak terkendali. Satu-satunya cara untuk maju adalah mencoba mengeluarkan racun dari tubuh dan membuat tubuh lebih segar, setelah memulai dari awal.

Gejala Tubuh Beracun

Praktisi kesehatan membuat ringkasan dan pertanyaan untuk mengidentifikasi jika seseorang memiliki racun tubuh yang menumpuk. Berikut ini adalah gejala tubuh mengandung racun yang sudah di ambang batas normal.

Apakah Anda menderita salah satu dari gejala ini?

  • Masalah Kulit
  • Pilek dan Flu Berulang
  • Bau mulut
  • Sakit Kepala atau Migrain
  • Bau badan
  • Masalah Pencernaan
  • Kembung
  • Gas
  • Nyeri Sendi atau Punggung
  • Kelesuan
  • Ketidakmampuan Menurunkan Berat Badan

Kalau Anda memiliki satu atau lebih gejala di atas, maka kemungkinan Anda memiliki racun di dalam tubuh yang harus segera dikeluarkan.

Detoksifikasi Mengatasi Racun Tubuh?

Detoksifikasi dengan cold-pressed juice disinyalir dapat membantu meringankan gejala dari berbagai kondisi medis jangka panjang. Jika Anda memiliki masalah khusus, Anda bisa mencoba mengonsumsi jus diet detox yang mudah dijumpai. Banyak konsumen mengakui bahwa gejala-gejala racun tubuh yang mereka alami sudah berkurang signifikan setelah mengonsumsi jus detox.

Belum banyak penelitian yang didedikasikan untuk mengidentifikasi manfaat detoksifikasi tubuh dengan jus buah dan sayur. Tapi, ini bukan berarti bahwa manfaat detoksifikasi hanya mitos saja.

Kenyataan di lapangan membuktikan bahwa konsumen cold-pressed juice merasa memiliki energi lebih dan lebih mudah berkonsentrasi setelah menjalani terapi puasa diet detox dan meningkatkan konsumsi buah dan sayur.

Kabar baiknya, beberapa penelitian dasar meneliti manfaat detoksifikasi untuk mengurangi berat badan, dan sudah banyak referensi medis dan jurnal kesehatan yang membuktikan manfaat minuman detox.

Manfaat Detoksifikasi bagi Tubuh Menurut Sains

Praktisi detoksifikasi dan diet detox mengklaim bahwa jus diet detox memiliki manfaat berikut ini;

  • Menurunkan berat badan
  • Menghilangkan racun dan toksin dari dalam tubuh
  • Menyeimbangkan pH dari dalam tubuh
  • Meningkatkan fungsi sistem pencernaan
  • Meningkatkan sistem imun
  • Memperbaiki suasana hati
  • Meningkatkan stamina
  • Meningkatkan konsentrasi

Meskipun hasil yang dialami tiap konsumen mungkin saja berbeda, tetapi klaim mengenai manfaat detoksifikasi sudah terkenal, terutama manfaat jus diet detox.

Sedangkan menurut penelitian ilmuwan, berikut ini adalah manfaat nyata detoksifikasi tubuh yang berhasil dibuktikan;

  • Menurunkan berat badan (Penelitian berjudul Effect of ‘water induced thermogenesis’ on body weight, body mass index and body composition of overweight subjects)
  • Meningkatkan fungsi pencernaan (Penelitian berjudul Water, hydration, and health)
  • Memperbaiki suasa hati dan meningkatkan energi (Penelitian berjudul Effects of hydration status on cognitive performance and mood)
  • Meningkatkan sistem imun tubuh (Penelitian berjudul Immune-enhancing role of vitamin C and zinc and effect on clinical conditions)

Meskipun baru separuh klaim manfaat detoksifikasi yang terbukti secara klinis, bukan berarti bahwa separuh klaim lainnya hanya mitos. Ilmuwan masih memerlukan waktu untuk membuktikan manfaat detoksifikasi berdasarkan fakta sains.

Mekanisme Tubuh dan Detoksifikasi Menurut Praktisi

Tubuh manusia membutuhkan sejumlah energi setiap hari untuk mempertahankan fungsi dasar (laju metabolisme dasar). Energi yang dihasilkan dari konsumsi makanan menjadi yang pertama dan terpenting untuk menjaga organ vital tetap bekerja, yaitu menjaga fungsi penting yang membuat tubuh mempertahankan hidup.

Fungsi lain yang kurang penting, seperti pembuangan racun dan pembakaran lemak tidak bisa selalu dituntaskan dengan energi yang ada dalam tubuh. Oleh sebab itu lah dengan beristirahat, bersantai, dan menghilangkan energi yang dibutuhkan untuk mencerna sebagian besar makanan, tubuh dapat mengalihkan energi yang dibutuhkan untuk memastikan proses pembuangan tubuh selesai hingga tuntas.

Pada dasarnya, praktisi kesehatan menganjurkan olahraga ringan, yoga, dan jalan-jalan santai untuk membuang racun dalam tubuh. Tapi, praktisi detox berpikir bahwa selama tubuh sedang dalam proses detoksifikasi, (baik dengan jus diet detox atau bukan), konsumen dituntut untuk bersantai.

Efek Samping Detoksifikasi

Biasanya saat proses diet detoks berlangsung, konsumen merasa lelah. Ini adalah efek samping detoksifikasi yang meliputi sakit kepala dan mual. Kemungkinan suhu tubuh juga akan jadi lebih rendah sehingga merasa kedinginan.

Proses ini sangat normal pada konsumen yang menjalani diet detox karena menghilangkan racun dari dalam tubuh bukanlah proses yang mudah. Jika Anda mengalami gejala detoksifikasi tubuh, maka Anda tidak perlu khawatir dan biarkan tubuh bekerja sampai tuntas.

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) tidak dapat disembuhkan, tetapi gejalanya dapat ditangani. Pilihan pengobatan dapat bervariasi karena seseorang dengan PCOS mungkin mengalami berbagai gejala, atau hanya satu.

Pilihan pengobatan utama dibahas lebih rinci di bawah ini.

Perubahan Gaya Hidup

Pada wanita yang kelebihan berat badan, gejala dan risiko keseluruhan mengembangkan masalah kesehatan jangka panjang dari PCOS dapat sangat ditingkatkan dengan menurunkan berat badan berlebih.

Penurunan berat badan hanya 5% dapat menyebabkan peningkatan PCOS yang signifikan.

Anda dapat mengetahui apakah Anda berat badan yang sehat dengan menghitung indeks massa tubuh (BMI), yang merupakan pengukuran berat badan Anda dalam kaitannya dengan tinggi badan Anda.

BMI normal adalah antara 18,5 dan 24,9. Gunakan kalkulator berat badan sehat BMI untuk mengetahui apakah BMI Anda dalam kisaran sehat.

Anda bisa menurunkan berat badan dengan berolahraga secara teratur dan makan makanan yang sehat dan seimbang.

Diet Anda harus mencakup banyak buah dan sayuran, (setidaknya 5 porsi sehari), makanan utuh (seperti roti gandum, sereal gandum utuh, dan nasi merah), daging tanpa lemak, ikan, dan ayam.

Dokter umum Anda mungkin dapat merujuk Anda ke ahli diet jika Anda membutuhkan nasihat diet khusus.

Baca lebih lanjut tentang menurunkan berat badan, makan sehat, dan olahraga.

Obat-obatan

Sejumlah obat tersedia untuk mengobati berbagai gejala yang terkait dengan PCOS seperti dijelaskan di bawah.

#1. Menstruasi tidak teratur atau tidak ada

Pil kontrasepsi dapat direkomendasikan untuk menginduksi menstruasi yang teratur, atau menstruasi dapat diinduksi dengan menggunakan tablet progestogen intermiten (yang biasanya diberikan setiap 3 hingga 4 bulan, tetapi dapat diberikan setiap bulan).

Ini juga akan mengurangi risiko jangka panjang terkena kanker lapisan rahim (kanker endometrium) yang terkait dengan menstruasi yang tidak teratur.

Metode kontrasepsi hormonal lainnya, seperti intrauterine system (IUS), juga akan mengurangi risiko ini dengan menjaga lapisan rahim tipis, tetapi tidak menyebabkan menstruasi.

#2. Masalah kesuburan

Dengan pengobatan, kebanyakan wanita dengan PCOS bisa hamil.

Mayoritas wanita dapat berhasil diobati dengan pengobatan singkat tablet yang diminum pada awal setiap siklus untuk beberapa siklus.

Jika ini tidak berhasil, Anda mungkin ditawari suntikan atau perawatan IVF. Ada peningkatan risiko kehamilan ganda (jarang lebih dari kembar) dengan perawatan ini.

Obat yang disebut clomifene biasanya merupakan pengobatan pertama yang direkomendasikan untuk wanita penderita PCOS yang sedang berusaha untuk hamil.

Clomifene mendorong pelepasan bulanan telur dari ovarium (ovulasi).

Jika clomifene tidak berhasil mendorong ovulasi, obat lain yang disebut metformin mungkin direkomendasikan.

Metformin sering digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2, tetapi juga dapat menurunkan insulin dan kadar gula darah pada wanita penderita PCOS.

Selain merangsang ovulasi, mendorong periode bulanan yang teratur, dan menurunkan risiko keguguran, metformin juga memiliki manfaat kesehatan jangka panjang lainnya, seperti menurunkan kadar kolesterol tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Metformin tidak dilisensikan untuk mengobati PCOS di Inggris, tetapi karena banyak wanita dengan PCOS memiliki resistensi insulin, metformin dapat digunakan “di luar label” dalam keadaan tertentu untuk mendorong kesuburan dan mengontrol gejala PCOS.

Kemungkinan efek samping dari metformin termasuk mual, muntah, sakit perut, diare dan kehilangan nafsu makan.

Karena metformin dapat merangsang kesuburan, jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakannya untuk PCOS dan tidak mencoba hamil, pastikan Anda menggunakan kontrasepsi yang sesuai jika Anda aktif secara seksual.

National Institute for Health and Care and Excellence (NICE) memiliki lebih banyak informasi tentang penggunaan metformin untuk mengobati PCOS pada wanita yang tidak berusaha untuk hamil, termasuk ringkasan kemungkinan manfaat dan bahayanya.

Letrozole terkadang digunakan untuk merangsang ovulasi, bukan klomifen. Obat ini juga bisa digunakan untuk mengobati kanker payudara.

Penggunaan letrozole untuk perawatan kesuburan adalah “off-label”. Ini berarti produsen obat tersebut belum mengajukan izin untuk digunakan untuk mengobati PCOS.

Dengan kata lain, meskipun letrozole dilisensikan untuk mengobati kanker payudara, letrozole tidak memiliki izin untuk mengobati PCOS.

Dokter terkadang menggunakan obat yang tidak berlisensi jika menurut mereka obat tersebut efektif dan manfaat pengobatannya lebih besar daripada risiko terkait.

Cari tahu lebih lanjut tentang penggunaan obat-obatan tanpa izin dan di luar label

Jika Anda tidak bisa hamil meski minum obat oral, jenis obat lain yang disebut gonadotrophins mungkin direkomendasikan.

Ini diberikan melalui suntikan. Ada risiko lebih tinggi bahwa mereka dapat merangsang ovarium Anda secara berlebihan dan menyebabkan kehamilan ganda.

#3. Pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan dan rambut rontok

Obat untuk mengontrol pertumbuhan rambut berlebihan (hirsutisme) dan rambut rontok (alopecia) meliputi:

 

  • jenis tertentu dari kombinasi tablet kontrasepsi oral (seperti co-cyprindiol, Dianette, Marvelon dan Yasmin)
  • cyproterone acetate
  • spironolakton
  • flutamide
  • finasteride

Obat-obatan ini bekerja dengan memblokir efek “hormon pria”, seperti testosteron, dan beberapa juga menekan produksi hormon ini oleh ovarium.

Krim yang disebut eflornithine juga dapat digunakan untuk memperlambat pertumbuhan rambut wajah yang tidak diinginkan.

Krim ini tidak menghilangkan rambut atau menyembuhkan rambut wajah yang tidak diinginkan, jadi Anda mungkin ingin menggunakannya bersamaan dengan produk penghilang bulu.

Perbaikan bisa terlihat 4 sampai 8 minggu setelah pengobatan dengan obat ini.

Tetapi krim eflornithine tidak selalu tersedia di NHS karena beberapa otoritas NHS setempat telah memutuskan bahwa itu tidak cukup efektif untuk membenarkan resep NHS.

Jika Anda memiliki pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan, Anda mungkin juga ingin menghilangkan rambut berlebih dengan menggunakan metode seperti pencabutan, pencukuran, threading, krim atau penghilangan laser.

Penghilangan bulu wajah dengan laser mungkin tersedia di NHS di beberapa bagian Inggris Raya.

#4. Gejala lainnya

Obat-obatan juga dapat digunakan untuk mengobati beberapa masalah lain yang terkait dengan PCOS, termasuk:

  • obat penurun berat badan, seperti orlistat, jika Anda kelebihan berat badan
  • obat penurun kolesterol (statin) jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi dalam darah Anda
  • perawatan jerawat

 

Operasi

Prosedur bedah kecil yang disebut pemboran ovarium laparoskopi (LOD) mungkin merupakan pilihan pengobatan untuk masalah kesuburan yang terkait dengan PCOS yang tidak merespons obat.

Dengan anestesi umum, dokter Anda akan membuat sayatan kecil di perut bagian bawah dan memasukkan mikroskop tipis panjang yang disebut laparoskop ke perut Anda.

Ovarium kemudian akan dirawat melalui pembedahan menggunakan panas atau laser untuk menghancurkan jaringan yang memproduksi androgen (hormon pria).

LOD telah ditemukan untuk menurunkan kadar testosteron dan luteinising hormone (LH), dan meningkatkan kadar follicle-stimulating hormone (FSH).

Ini memperbaiki ketidakseimbangan hormon Anda dan dapat mengembalikan fungsi normal ovarium Anda.

Resiko Kehamilan

Jika Anda mengidap PCOS, Anda memiliki risiko komplikasi kehamilan yang lebih tinggi, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), pre-eklamsia, diabetes gestasional, dan keguguran.

Risiko ini sangat tinggi jika Anda mengalami obesitas. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, Anda dapat menurunkan risiko dengan menurunkan berat badan sebelum mencoba program kehamilan.

Pentingnya Memenuhi Nutrisi Selama Kehamilan

Makan makanan yang seimbang dan bervariasi memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang Anda dan bayi Anda butuhkan selama kehamilan. Nasihat ini penting untuk semua orang, termasuk keluarga dan pasangan Anda!

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang makanan mana yang baik untuk Anda dan bayi Anda dan makanan mana yang harus Anda hindari.

Cobalah untuk menghindari makan makanan yang banyak gula dan garam, dan pilih makanan dari masing-masing kelompok ini setiap hari. Semuanya penting untuk kesehatan Anda sekarang dan setelah bayi Anda lahir.

Buah dan sayur-sayuran

Makan banyak makanan ini, setidaknya lima porsi sehari. Setiap porsi harus seukuran segenggam orang dewasa yang baik, tetapi lebih disukai lebih. Pilih sayuran dan buah-buahan dengan warna berbeda – oranye, merah, hijau, kuning, putih dan ungu. Buah dan sayuran semuanya memiliki nutrisi yang berbeda, jadi usahakan untuk ‘makan pelangi’!

Baik segar, beku, kalengan atau dikeringkan, buah dan sayuran memiliki banyak vitamin dan mineral yang sehat. Mereka juga merupakan sumber serat yang baik, yang membantu mencegah sembelit.

Daging, ikan, telur, kacang-kacangan dan sumber protein non-susu lainnya

Daging, unggas, ikan, telur, kacang-kacangan dan kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, tahu dan daging alternatif lainnya menyediakan protein dan nutrisi penting zat besi dan seng. Protein membangun jaringan baru untuk tulang, otot, dan organ, jadi sangat penting untuk pertumbuhan bayi Anda.

Telur adalah sumber nutrisi yang sangat baik dan murah serta mudah disiapkan. Sementara wanita hamil sampai sekarang disarankan untuk menghindari makan telur mentah atau kurang matang, penelitian baru menunjukkan bahwa telur yang dimasak sedikit aman untuk dimakan selama kehamilan selama sesuai standar Red Lion.

Ikan berminyak seperti sarden, mackerel, salmon, dan tuna segar memiliki asam lemak Omega-3 yang dapat membantu perkembangan otak bayi. Tetapi Anda sebaiknya tidak lebih dari dua porsi ikan berminyak seminggu.

Usahakan makan makanan berprotein dua kali sehari.

Roti, nasi, kentang, pasta, dan makanan bertepung lainnya

Kelompok ini juga termasuk makanan seperti couscous, polenta, yam dan biji-bijian serta akar bertepung lainnya. Makanan karbohidrat bertepung dikemas dengan energi dan harus menjadi bagian utama dari setiap makanan selain buah dan sayuran.

Pilih makanan versi wholegrain, wholemeal, atau multigrain seperti roti, nasi, dan pasta. Ini akan memberi Anda lebih banyak serat dan nutrisi lain serta membuat Anda kenyang lebih banyak. Anda juga bisa membiarkan kulit kentang saat Anda memasaknya, lebih mudah dan lebih bergizi!

Susu dan makanan olahan susu

Ini termasuk susu, keju, dan yoghurt. Makanan olahan susu adalah sumber kalsium yang baik, bersama dengan vitamin D, penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Pilih versi rendah lemak atau rendah lemak dan, jika Anda sedang hamil, pastikan keju atau susu Anda telah dipasteurisasi. Karena Anda membutuhkan 6-8 gelas atau gelas cairan sehari, susu bisa menjadi pilihan yang baik untuk beberapa di antaranya.

 Tips untuk memenuhi nutrisi harian

  • Makanlah buah untuk sarapan – iris pisang atau taburkan beri ke dalam sereal sarapan Anda, misalnya.
  • Masak berbagai sayuran, haluskan dalam food processor dan tambahkan ke dalam saus atau semur berbahan tomat.
  • Nikmati salad dengan makan siang atau malam Anda.
  • Untuk camilan, pilihlah buah segar, segenggam buah kering, atau batang sayuran mentah dengan sedikit hummus untuk dicelupkan.

Bagaimana jika Anda tidak suka sayuran?

Cobalah beberapa sayuran mentah, seperti wortel dan paprika, atau sayuran yang lebih manis, seperti jagung manis. Anda juga bisa menambahkan sedikit sayuran yang dicincang atau diblender ke dalam saus atau semur yang dibuat dengan tomat kaleng – Anda mungkin tidak akan menyadarinya dan jika Anda terus mencoba sayuran yang berbeda Anda mungkin akan menemukan Anda, dan keluarga Anda, belajar untuk lebih menyukainya.

Buah dan sayuran tidak harus mahal

Makan buah dan sayuran saat sedang musim karena harganya akan lebih murah, dan lihat penawaran di supermarket atau penjual sayur lokal Anda. Buah dan sayuran lepas seringkali lebih murah daripada yang dikemas sebelumnya, dan kios pasar dapat menawarkan nilai uang yang tinggi seperti skema kotak sayur dan buah lokal serta pasar petani.

Kondisi Lainnya terkait Skizofrenia

Gangguan Delusi

Gangguan delusi melibatkan seseorang yang memiliki keyakinan salah (delusi) yang bertahan setidaknya selama satu bulan. Delusi bisa aneh (tentang hal-hal yang tidak mungkin terjadi) atau non-aneh (hal-hal yang mungkin tetapi tidak mungkin, seperti keyakinan tentang diikuti atau diracuni).

Selain delusi, itu tidak melibatkan gejala lain. Orang tersebut mungkin tidak tampak memiliki masalah dengan fungsi dan perilakunya kecuali ketika mereka membicarakan atau bertindak berdasarkan khayalan.

Keyakinan delusi dapat menyebabkan masalah dengan hubungan atau di tempat kerja, dan masalah hukum. Gangguan delusi jarang terjadi: sekitar 0,2% orang akan mengalaminya seumur hidup. Gangguan delusi dapat diobati dengan psikoterapi individu, meskipun orang jarang mencari pengobatan karena mereka sering merasa tidak membutuhkan pengobatan.

Gangguan Psikotik Singkat

Gangguan psikotik singkat terjadi ketika seseorang tiba-tiba mengalami perilaku psikotik yang singkat. Episode ini berlangsung antara satu hari dan satu bulan dan kemudian gejala hilang sama sekali, dan orang tersebut kembali normal.

Gangguan psikotik singkat melibatkan satu (atau lebih) gejala berikut:

  • Delusi,
  • Halusinasi,
  • Pidato tidak teratur
  • Perilaku katatonik atau sangat tidak teratur.

Meskipun gangguannya singkat, individu dengan gangguan psikotik singkat biasanya mengalami kekacauan emosional atau kebingungan yang luar biasa. Gangguan psikotik singkat dapat terjadi pada semua usia, meskipun usia rata-rata saat onset adalah pertengahan 30-an. Ini dua kali lebih umum pada wanita daripada pria.

Penting untuk membedakan gejala gangguan psikotik singkat dari respons yang sesuai dengan budaya. Misalnya, dalam beberapa upacara keagamaan, seseorang mungkin melaporkan mendengar suara-suara, tetapi ini umumnya tidak bertahan dan tidak dianggap abnormal oleh sebagian besar anggota komunitas individu tersebut.

Gangguan Skizofreniform

Gejala gangguan skizofreniformis mirip dengan skizofrenia, tetapi gejalanya hanya berlangsung sebentar — setidaknya satu bulan tetapi kurang dari enam bulan. Jika gejalanya bertahan lebih dari enam bulan, maka diagnosis berubah menjadi skizofrenia.

Gangguan skizofreniform melibatkan dua atau lebih gejala berikut, masing-masing muncul untuk sebagian besar waktu selama periode satu bulan (, atau kurang jika berhasil diobati):

  • Delusi,
  • Halusinasi
  • Pidato tidak teratur,
  • Perilaku yang sangat tidak teratur atau perilaku katatonik, dan / atau
  • Gejala negatif.

Diagnosis gangguan skizofreniformis tidak memerlukan masalah dalam fungsinya (seperti halnya skizofrenia). Di Amerika Serikat, gangguan skizofreniform jauh lebih jarang daripada skizofrenia. Sekitar sepertiga dari individu dengan diagnosis awal gangguan skizofreniform sembuh dalam periode 6 bulan dan gangguan skizofreniform adalah diagnosis akhir mereka. Sebagian besar dari dua pertiga individu yang tersisa pada akhirnya akan menerima diagnosis skizofrenia atau gangguan skizoafektif.

Gangguan Skizoafektif

Orang dengan gangguan skizoafektif mengalami gejala episode suasana hati utama depresi atau gangguan bipolar (depresi berat atau mania) bersamaan dengan gejala skizofrenia (delusi, halusinasi, bicara tidak teratur, perilaku sangat tidak teratur, atau gejala negatif). Gejala episode mood mayor harus ada selama sebagian besar durasi penyakit aktif dan harus ada periode setidaknya dua minggu ketika delusi atau halusinasi hadir tanpa adanya episode mood.

Gangguan skizoafektif sekitar sepertiga lebih umum seperti skizofrenia, mempengaruhi sekitar 0,3% orang pada suatu waktu dalam hidup mereka. Usia tipikal pada permulaan gangguan skizoafektif adalah masa dewasa awal, meskipun bisa dimulai dari masa remaja hingga akhir kehidupan. Sejumlah besar individu yang awalnya didiagnosis dengan penyakit psikotik lain kemudian menerima diagnosis gangguan skizoafektif ketika pola episode suasana hati menjadi jelas

Rehabilitasi dan Hidup Dengan Skizofrenia

Perawatan dapat membantu banyak orang dengan skizofrenia menjalani kehidupan yang sangat produktif dan bermanfaat. Seperti penyakit kronis lainnya, beberapa pasien sembuh dengan sangat baik sementara yang lain terus menunjukkan gejala dan membutuhkan dukungan dan bantuan.

Setelah gejala skizofrenia terkontrol, berbagai jenis terapi dapat terus membantu orang mengelola penyakit dan memperbaiki kehidupan mereka. Dukungan terapi dan psikososial dapat membantu orang mempelajari keterampilan sosial, mengatasi stres, mengidentifikasi tanda-tanda peringatan dini kambuh, dan memperpanjang masa remisi. Karena skizofrenia biasanya menyerang pada masa dewasa awal, individu dengan gangguan tersebut sering mendapat manfaat dari rehabilitasi untuk membantu mengembangkan keterampilan manajemen kehidupan, menyelesaikan pelatihan kejuruan atau pendidikan, dan mempertahankan pekerjaan. Misalnya, program ketenagakerjaan yang didukung telah terbukti membantu orang dengan skizofrenia mendapatkan swasembada. Program-program ini memberi orang-orang dengan pekerjaan kompetitif penyakit mental parah di masyarakat.

Bagi banyak orang yang hidup dengan skizofrenia, dukungan keluarga sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan mereka. Juga penting bagi keluarga untuk diberi informasi dan mendukung diri mereka sendiri. Organisasi seperti Schizophrenia and Related Disorders Alliance of America (SARDAA), Mental Health America (MHA) dan National Alliance on Mental Illness (NAMI) menawarkan sumber daya dan dukungan kepada individu dengan skizofrenia dan penyakit mental lainnya serta keluarga mereka.

Optimisme itu penting dan pasien, anggota keluarga, dan profesional kesehatan mental perlu menyadari bahwa banyak pasien memiliki perjalanan penyakit yang menguntungkan, bahwa tantangan sering kali dapat diatasi, dan bahwa pasien memiliki banyak kekuatan pribadi yang harus diakui dan didukung.

Apa itu Skizofrenia?

Skizofrenia adalah kelainan otak kronis yang mempengaruhi kurang dari satu persen populasi AS. Saat skizofrenia aktif, gejalanya dapat berupa delusi, halusinasi, bicara tidak teratur, kesulitan berpikir, dan kurangnya motivasi. Namun, dengan pengobatan, sebagian besar gejala skizofrenia akan sangat membaik dan kemungkinan kambuh dapat dikurangi.

Meskipun tidak ada obat untuk skizofrenia, penelitian mengarah pada perawatan inovatif dan lebih aman. Para ahli juga mengungkap penyebab penyakit dengan mempelajari genetika, melakukan penelitian perilaku, dan menggunakan pencitraan lanjutan untuk melihat struktur dan fungsi otak. Pendekatan ini menjanjikan terapi baru yang lebih efektif.

Kompleksitas skizofrenia dapat membantu menjelaskan mengapa ada kesalahpahaman tentang penyakit ini. Skizofrenia tidak berarti kepribadian ganda atau kepribadian ganda. Kebanyakan orang dengan skizofrenia tidak lebih berbahaya atau kejam daripada orang pada populasi umum. Sementara sumber daya kesehatan mental yang terbatas di masyarakat dapat menyebabkan tunawisma dan sering dirawat di rumah sakit, adalah kesalahpahaman bahwa orang dengan skizofrenia akhirnya menjadi tunawisma atau tinggal di rumah sakit. Kebanyakan penderita skizofrenia tinggal bersama keluarga mereka, di rumah kelompok atau sendiri.

Penelitian telah menunjukkan bahwa skizofrenia mempengaruhi pria dan wanita secara adil tetapi mungkin muncul lebih awal pada pria. Tarifnya serupa di seluruh dunia. Orang dengan skizofrenia lebih mungkin meninggal lebih muda daripada populasi umum, sebagian besar karena tingginya tingkat kondisi medis yang terjadi bersamaan, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Gejala

Ketika penyakit ini aktif, dapat ditandai dengan episode di mana orang tersebut tidak dapat membedakan antara pengalaman nyata dan tidak nyata. Seperti penyakit lainnya, tingkat keparahan, durasi dan frekuensi gejala dapat bervariasi; Namun, pada orang dengan skizofrenia, kejadian gejala psikotik yang parah sering kali menurun seiring bertambahnya usia. Tidak minum obat sesuai resep, penggunaan alkohol atau obat-obatan terlarang, dan situasi stres cenderung meningkatkan gejala. Gejala terbagi dalam tiga kategori utama:

  • Gejala positif: (yang hadir secara tidak normal) Halusinasi, seperti mendengar suara atau melihat hal-hal yang tidak ada, paranoia, dan persepsi, keyakinan, dan perilaku yang berlebihan atau menyimpang.
  • Gejala negatif: (yang biasanya tidak ada) Kehilangan atau penurunan kemampuan untuk memulai rencana, berbicara, mengekspresikan emosi atau menemukan kesenangan.
  • Gejala tidak teratur: Bingung dan tidak teratur berpikir dan berbicara, kesulitan dengan pemikiran logis dan terkadang perilaku aneh atau gerakan abnormal.

Kognisi adalah area fungsi lain yang terpengaruh pada skizofrenia yang mengarah ke masalah dengan perhatian, konsentrasi dan memori, dan penurunan kinerja pendidikan.

Gejala skizofrenia biasanya pertama kali muncul pada awal masa dewasa dan harus bertahan setidaknya selama enam bulan untuk menegakkan diagnosis. Pria sering mengalami gejala awal pada akhir usia belasan atau awal 20-an, sementara wanita cenderung menunjukkan gejala awal penyakit tersebut di usia 20-an dan awal 30-an. Tanda-tanda yang lebih halus mungkin muncul lebih awal, termasuk hubungan yang bermasalah, prestasi sekolah yang buruk dan motivasi yang berkurang.

Namun, sebelum diagnosis dapat dibuat, psikiater harus melakukan pemeriksaan medis menyeluruh untuk menyingkirkan penyalahgunaan zat atau penyakit neurologis atau medis lainnya yang gejalanya mirip dengan skizofrenia.

Faktor Penyebab

Para peneliti percaya bahwa sejumlah faktor genetik dan lingkungan berkontribusi pada penyebab, dan tekanan hidup dapat berperan dalam permulaan gejala dan perjalanannya. Karena banyak faktor dapat berkontribusi, para ilmuwan belum bisa secara spesifik mengenai penyebab pasti dalam setiap kasus.

Pengobatan

Meskipun tidak ada obat untuk skizofrenia, banyak pasien sembuh dengan gejala yang minimal. Berbagai obat antipsikotik efektif dalam mengurangi gejala psikotik yang ada pada fase akut penyakit, dan juga membantu mengurangi potensi episode akut di masa mendatang dan tingkat keparahannya. Perawatan psikologis seperti terapi perilaku kognitif atau psikoterapi suportif dapat mengurangi gejala dan meningkatkan fungsi, dan perawatan lain ditujukan untuk mengurangi stres, mendukung pekerjaan atau meningkatkan keterampilan sosial.

Diagnosis dan pengobatan bisa menjadi rumit dengan penyalahgunaan zat. Orang dengan skizofrenia berisiko lebih besar untuk menyalahgunakan obat daripada masyarakat umum. Jika seseorang menunjukkan tanda-tanda kecanduan, pengobatan untuk kecanduan harus dilakukan bersamaan dengan pengobatan untuk skizofrenia.

10 Cara Mengurangi Asupan Karbohidrat

Pengalaman Anda memulai dan mempertahankan diet rendah karbohidrat akan menjadi unik.

Beberapa orang mungkin tidak tahu cara mengurangi karbohidrat sementara yang lain merasa sulit untuk memulainya, tetapi dapat memotivasi diri sendiri dengan mudah begitu mereka mulai melihat hasilnya.

Beberapa memulai dengan kuat tetapi merasa sulit untuk bertahan dengan diet mereka jika mereka mengalami tantangan di sepanjang jalan atau tidak langsung mendapatkan hasil.

Anda mungkin tidak melihat dan merasakan manfaat dari diet rendah karbohidrat sampai Anda mencapai tingkat karbohidrat yang tepat dan khusus dari tubuh Anda.

Bukan berarti Anda tidak akan mulai memperhatikan perbedaan penampilan, rasa, dan gerakan tubuh Anda saat Anda mulai makan makanan rendah karbohidrat.

Anda hanya perlu memikirkan apa yang Anda butuhkan untuk merasa nyaman dengan rencana Anda dan mematuhinya untuk jangka panjang.

Berikut adalah 10 tip tentang cara mengurangi karbohidrat, menghadapi tantangan diet rendah karbohidrat, dan tetap termotivasi saat Anda bekerja untuk mencapai tujuan Anda.

Hidrasi Tubuh Anda

Tetap terhidrasi adalah salah satu cara terbaik untuk merawat seluruh tubuh Anda. Meskipun Anda pasti harus menghindari dehidrasi jika berolahraga secara teratur, dehidrasi ringan pun dapat memengaruhi segala hal mulai dari kulit hingga kesehatan usus.

Hidrasi yang tepat sangat penting untuk melancarkan pencernaan. Karena diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan sembelit, 1 memastikan Anda mendapatkan cukup cairan setiap hari sangatlah penting.

Air harus menjadi pilihan utama Anda untuk hidrasi. Selain potensi efek negatif gula pada kesehatan Anda, minuman manis biasanya menawarkan nilai gizinya yang sangat sedikit.

Menghindari minuman manis seperti soda dan minuman berenergi sangat penting jika Anda mencoba mengurangi karbohidrat.

Memilih air juga akan membantu Anda menghindari penambahan kalori — baik dari minuman itu sendiri atau makan berlebihan nantinya

Saat Anda meraih minuman manis alih-alih makanan atau kudapan saat Anda benar-benar lapar, Anda tidak mungkin merasa puas dan mungkin mengisi “kalori kosong”.

Seratus kalori jus apel akan membuat Anda lebih lapar daripada 100 kalori buah apel yang sebenarnya.

Perbanyak Konsumsi Sayuran

Saat Anda pertama kali memulai diet rendah karbohidrat, salah satu kelompok makanan yang kemungkinan besar akan Anda isi (dan isi) adalah sayuran non-tepung, seperti sayur bayam, kecambah, kembang kol, alpukat, dan jamur.

Namun, tidak semua sayuran dibuat dengan cara yang sama dengan diet rendah karbohidrat: Batasi sayuran yang tinggi pati, seperti kentang dan jagung, yang paling baik dinikmati dengan porsi kecil dan tidak berlebihan.

Perbanyak Konsumsi Lemak Sehat

Gagasan tentang “diet” biasanya tidak sama dengan “makan lebih banyak lemak”, tetapi saat Anda mengurangi asupan karbohidrat, Anda perlu mengganti kalori dan nutrisi tersebut di tempat lain. Salah satu cara yang paling memuaskan dan bergizi adalah dengan menambahkan lemak sehat.

Selain tujuan diet, tubuh Anda membutuhkan cukup lemak untuk berfungsi dengan baik; makan makanan yang mengandung banyak lemak sehat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Meskipun Anda mungkin ingin membatasi jenis lemak jenuh tertentu dalam makanan Anda, Anda tidak harus menghindari semua lemak.

Perbanyak Konsumsi Protein

Saat Anda menyesuaikan asupan karbohidrat dan lemak, jangan lupakan protein. Makanan kaya protein akan membantu Anda tetap kenyang dan juga menawarkan banyak manfaat kesehatan tambahan.

Banyak sumber protein yang juga kaya asam amino, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya, seperti: 6

  • Telur
  • yogurt Yunani
  • Kacang dan biji-bijian
  • Kacang-kacangan, buncis, dan lentil
  • Protein kedelai, tahu, dan tempe
  • Daging tanpa lemak, seperti ikan dan ayam

Penutup

Pastikan Anda makan teratur tiga kali sehari tanpa melewatkan salah satu jadwal makan. Ini penting dilakukan untuk menghindari craving atau mengidam makanan.

Seringkali, mengidam makanan menjadi penyebab Anda sulit lepas dari karbohidrat.

Beberapa ahli menyarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayur agar Anda merasa kenyang lebih lama. Misalnya saja, Anda bisa mencoba jus diet detoks yang terbuat buah dan sayur yang dicampur.

Salah cara membuat jus buah dan sayur adalah dengan metode cold-pressed juice. Metode ini menggunakan teknik pressing yang kuat sehingga sari buah dikeluarkan tanpa pemanasan.

Anda bisa mendapatkan manfaat luar biasa dari konsumsi cold-pressed juice.

Cara Menghitung Kebutuhan Protein Anda

Kebutuhan protein individu Anda juga akan tergantung pada seberapa aktif Anda, massa otot Anda, dan metabolisme individu Anda

#1. Periksa Gula Tersembunyi

Beberapa sumber karbohidrat akan terlihat jelas dan mudah diperhatikan — tetapi yang lain, terutama dari gula, mungkin lebih sulit dikenali. Gula yang ditambahkan bahkan dapat muncul di tempat yang biasanya gurih daripada di sweet spot, seperti saus salad.

Meskipun Anda mungkin rajin membaca label nutrisi dan daftar bahan, gula mudah terlewat jika menggunakan nama lain.

“Gula tersembunyi” ini dapat dengan mudah bertambah dan membatalkan rencana diet Anda.

Perhatikan beberapa nama umum gula pada label makanan, termasuk dekstrosa, fruktosa, kristal tebu, maltodekstrin, xilosa, dan sirup malt.

#2. Pilih Kualitas daripada Kuantitas

Saat Anda meningkatkan asupan sayuran, protein, dan lemak sehat, terus kurangi makanan berkarbohidrat tinggi — terutama saat Anda tidak mengatur porsinya.

Misalnya, saat Anda disajikan semangkuk penuh pasta di restoran, ukuran penyajiannya mendekati satu cangkir pasta al dente.

Porsi sebenarnya dari makanan tinggi karbohidrat mungkin lebih kecil dari yang Anda kira: Satu porsi kentang atau nasi standar adalah setengah cangkir.

Jika Anda berada di rumah dan bisa mengukur, Anda akan bisa melacak porsinya lebih dekat. Namun saat Anda makan di luar, mungkin aman untuk berasumsi bahwa yang Anda pesan sebenarnya adalah dua (atau tiga atau empat) porsi.

Saat Anda memberikan hadiah untuk diri sendiri, nikmati sesuatu yang Anda sukai — perhatikan ukuran porsinya. Anda akan merasa lebih puas memiliki sepotong kecil kue yang enak daripada jika Anda mencoba mengisi alternatif bebas gula, bebas lemak, rendah karbohidrat yang sebenarnya bukan yang Anda inginkan. Faktanya, pendekatan ini bisa membuat Anda makan berlebihan.

#3. Pilih Biji-bijian

Saat Anda memilih di antara karbohidrat, karbohidrat yang Anda pilih membuat perbedaan. Bila Anda punya pilihan, pilih nasi merah daripada nasi putih, dan roti gandum daripada putih

Faktanya, beberapa orang memilih untuk memotong karbohidrat dengan “diet tidak putih” yang menghilangkan kentang, nasi putih, gula putih, atau tepung putih.

#4. Ganti Cemilan Anda

Salah satu cara termudah untuk mengurangi karbohidrat adalah dengan mengganti makanan pokok rendah karbohidrat dengan makanan pokok tinggi karbohidrat.

Jagalah agar dapur dan lemari es Anda penuh dengan bahan-bahan rendah karbohidrat dan berkreasi dengan resep.

Makan Lebih Sehat dengan Menukar Resep Anda dengan Pilihan Rendah Kalori

Ikuti tip berikut untuk mengurangi karbohidrat sepanjang hari:

  • Mulailah hari Anda dengan sereal rendah karbohidrat berserat tinggi untuk sarapan.
  • Tukar roti pada sandwich waktu makan siang Anda dengan bungkus rendah karbohidrat atau gunakan selada.
  • Raih buah segar atau protein batangan alih-alih pergi ke mesin penjual otomatis.
  • Untuk makan malam, masak spaghetti squash sebagai pengganti pasta.
  • Camilan bungkus kacang daripada permen atau popcorn mentega di bioskop.

Meskipun penurunan berat badan bukanlah tujuan akhir Anda pada diet rendah karbohidrat, melacak apa yang Anda makan (dan seberapa banyak Anda makan) bisa sangat membantu.

Menebak atau memperkirakan ukuran porsi atau informasi nutrisi dapat dengan mudah membuat Anda keluar jalur.

Jika Anda terus memantau dan tiba-tiba mengalami penurunan berat badan, memiliki semua data di depan Anda dapat membantu Anda menemukan solusi.

Melacak bagaimana kalori Anda setiap hari dibagi menjadi lemak, protein, dan karbohidrat dapat membantu mengarahkan pilihan makanan Anda.

Penutup

Perubahan, meskipun itu adalah langkah positif, tidak selalu mudah. Pasang surut menyesuaikan diri dengan perubahan yang Anda buat, mencari cara untuk memecahkan masalah, dan tetap termotivasi dalam jangka panjang akan lebih mudah dilalui jika Anda memiliki dukungan.

Tanyakan kepada dokter Anda tentang kelompok dukungan lokal untuk diet dan penurunan berat badan, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan kronis seperti diabetes.

Gym lokal atau pusat kebugaran Anda mungkin juga menawarkan kelas.

Ada banyak grup atau forum online, dan beberapa di antaranya bahkan memungkinkan Anda menautkan aplikasi kebugaran, pelacak aktivitas, atau penghitung kalori dengan yang lain untuk dukungan sehari-hari — dan mungkin sedikit persaingan yang sehat.

Hal terpenting adalah memperhatikan bagaimana perasaan Anda, secara fisik dan mental, saat Anda membuat perubahan ini.

Tidak jarang beberapa minggu pertama diet rendah karbohidrat merasa tidak nyaman secara fisik dan mental.

Setiap kali Anda melakukan perubahan gaya hidup besar-besaran, tubuh dan pikiran Anda akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri.

Selama beberapa minggu pertama menjalani diet rendah karbohidrat, Anda mungkin mengalami frustrasi karena tingkat energi dan suasana hati Anda menurun.

Anda mungkin juga mengalami perubahan nafsu makan dan gejala gastrointestinal.

Meskipun ketidaknyamanan ini bersifat sementara, hal itu mungkin membuat Anda merasa ingin menyerah. Inilah mengapa sangat penting untuk memiliki orang-orang di sekitar Anda, baik teman dan keluarga Anda atau kelompok pendukung, yang dapat membantu Anda tetap termotivasi.

Respons tubuh Anda akan memandu Anda dan memberi petunjuk tentang kapan saatnya untuk menambah atau mengurangi karbohidrat, melakukan lebih banyak aktivitas, atau melihat lagi piramida makanan rendah karbohidrat.

Mendengarkan apa yang dibutuhkan tubuh Anda dan menghormatinya akan membantu Anda mencapai yang terbaik dan berkembang.