Peranan Matematika dalam Bisnis

PENTINGNYA MATEMATIKA DALAM BISNIS

Matematika merupakan cabang dari logika yang dapat memberikan kerangka kerja sistematis pada suatu hubungan kuantitatif. Oleh karena itu, analisis bisnis yang berkenaan dengan konsep kuantitatif misal harga, biaya, produksi, penjualan, pendapatan, investasi, dan lain sebagainya dapat dilakukan dengan menggunakan konsep matematika.

Apabila variabel-variabel dalam ekonomi diwakilkan dengan simbol dan sifat-sifat yang dimiliki dinyatakan secara matematis, maka matematika dapat memberikan teknik-teknik untuk menganalisa hubungan antar simbol atau variabel tersebut. Matematika memungkinkan ahli ekonomi untuk mendefinisikan variabel-variabel yang relevan secara tepat, menyatakan secara jelas asumsi yang dibuat, menganalisa secara logis, dan mampu mempelajari pengaruh dari beberapa variabel terhadap satu atau beberapa variabel lain.

 

PENGGUNAAN MATEMATIKA DALAM BISNIS

Konsep matematika banyak digunakan dalam menganalisis bisnis. Berikut ini adalah penggunaan matematika dalam bisnis.

  1. Pengetahuan mengenai deret/baris dapat digunakan untuk menganalisis perkembangan dan pertumbuhan perusahaan yang mempunyai pola seperti yang disyaratkan dalam deret/baris. Selain itu, pengetahuan mengenai  deret/baris juga dapat digunakan untuk menganalisis nilai uang, baik sekarang atau masa depan, pada tingkat bunga tertentu.
  2. Pengetahuan mengenai fungsi dapat digunakan untuk menganalisis hubungan sebab-akibat antara berbagai variabel ekonomi, misal antara permintaan dan harga, penawaran dan harga.
  3. Pengetahuan mengenai diferensiasi  dapat digunakan untuk menganalisis keuntungan maksimum dan minimum yang dapat diperoleh perusahaan.