kebiasaan orang sukses

Kebiasaan orang sukses

Kebiasaan orang sukses di dunia dari berbagai bidang baik pengusaha maupun ilmuwan hampir memiliki kesamaan. Mungkin ini yang banyak disebut oleh para motivator, sukses berpola, gagal pun memiliki pola. Tidak dipungkiri, kita seringkali WOW dengan kesuksesan seseorang. Akan tetapi jarang sekali mempelajari apa saja habits harian mereka dalam menjalani hidup sehari-hari.

Orang-orang sukses sama dengan kebanyakan orang lainnya. Hidup dalam waktu yang sama, 24 jam sehari. Akan tetapi dengan durasi waktu yang sama, mengapa mereka mampu menggapai kesuksesan. Income penghasilan yang luar biasa jauh diatas orang pada umumnya. Begitupula para ilmuwan-ilmuwan sukses tersebut, dengan waktu yang sama mereka mampu menghasilkan karya-karya spektakuler yang memberikan dampak untuk kehidupan umat manusia.

Berikut ini beberapa habits atau kebiasaan orang sukses yang didapatkan dari beberapa referensi biografi para tokoh dan orang-orang sukses di dunia, antara lain:

1. Bangun lebih awal

Orang-orang sukses memiliki kebiasaan bangun lebih awal. Bahkan ketika mereka bukan seorang muslim sekalipun. Mereka tidak memiliki kewajiban untuk menjalan sholat subuh tepat pada waktunya, terlebih anjuran untuk sholat tahajud di akhir malam. Akan tetapi orang-orang sukses ini memiliki kebiasaan bangun lebih awal. Bangun lebih pagi. Dengan bangun lebih pagi, mereka gunakan waktu untuk banyak hal termasuk mempersiapkan hari itu dengan sebaik-baiknya.

2. Me Time

Masih berhubungan dengan point pertama, orang-orang sukses selalu meluangkan waktu untuk me-time. Waktu untuk memanjakan dirinya sendiri. Karena waktu seharian nanti akan dilalui dengan sangat padat dan sibuk. Akan tetapi me-time disini apa yang dimaksud? apakah bersantai dengan scrolling timeline facebook?. Tidak sama sekali. Me-time bagi orang-orang sukses ini betul-betul untuk me-recharge dirinya. Seperti, meditasi atau yoga. Bagi seorang muslim, mungkin aktivitas ini dapat ditempuh dengan sholat tahajud, sunnah qobliyah hingga subuh di masjid.

Re-charge diri betul-betul dimaksimalkan dengan tidak boleh ada gangguan dari hal-hal yang memiliki kemungkinan energi negatif. Orang-orang sukses ini memiliki kebiasaan unik dalam ber-media sosial hinggal internet. Mereka “pantang” untuk membuka internet saat me-time di pagi hari. Membuka email, media sosial, facebook, twitter hingga whatsapp grup mereka hindari. Hal ini semata-mata mereka ingin mempersiapkan diri untuk menjalani hari dengan sebaik-baiknya. Mereka percaya betul, awal yang baik adalah akhir yang baik.

3. Olah raga

Jika seseorang bangun lebih awal, katakanlah pukul 04.00 pagi atau bahkan sebelumnya. Maka untuk menuju pukul 06.00 tersedia waktu yang sangat banyak untuk diisi dengan banyak hal produktif yang arahnya untuk re-charge diri. Masih dalam bahasan me-time. Orang-orang sukses di pagi hari meluangkan waktu untuk olah raga. Uniknya, olah raga yang dimaksud disini bukan seperti halnya seorang atlet yang membutuhkan waktu dan energi yang besar. Olah raga yang mereka jalani tidak lebih dari 10 hingga 15 menit saja akan tetapi secara istiqomah mereka jalani setiap hari. Inilah salah satu rahasia, mengapa orang-orang sukses memiliki kecenderungan fisik relatif bugar. Mereka tidak membutuhkan waktu seharian untuk berolahraga dalam seminggu. Cukup 10 hingga 15 menit namun rutin setiap hari. Bagi seorang muslim, tema olah raga pagi ini bisa juga dijadikan kesempatan untuk ‘jalan cepat’ menuju masjid.

4. Membaca

Mulailah pagi hari dengan membaca sumber bacaan yang berkualitas dan inspiratif. Sebagai umat beragama dapat melakukannya dengan membaca Qur’an atau kitab. Mengaji lalu mengkajinya. Buku-buku biografi tokoh dan orang-orang sukses juga sangat tepat untuk dibaca saat me-time pagi hari. Hal ini juga bermanfaat untuk re-charge energi dan motivasi. Kebiasaan ini perlu dibangun dan tidak perlu membutuhkan waktu terlalu lama yang membutuhkan waktu berjam-jam. Beberapa halaman saja sudah cukup akan tetapi harus dijalankan secara istiqomah setiap hari.

5. Journaling

Banyak sekali pendapat yang mudah ditemukan di internet bahwa menulis merupakan aktivitas yang luar biasa. Sebuah kegiatan terapis yang memiliki efek dahsyat untuk kehidupan seseorang. Terkait dengan aktivitas menulis dipagi hari, journaling adalah yang paling tepat. Menuliskannya apa yang telah dikerjakan kemarin dengan berbagai catatan pendapat dan lainnya. Lalu menuliskan tentang apa yang akan dikerjakan sepanjang hari tersebut. Aktivitas sederhana namun jika dikerjakan secara terus menerus maka akan mengubah hidup seseorang. Sudah banyak sekali orang sukses yang membuktikan jika aktivitas menulis di pagi hari ini memiliki efek positif untuk kehidupannya. Jika dikembangkan, bahkan menulis mampu menjadi sebuah hobi yang mendatangkan penghasilan luar biasa. Untuk pemula, sila coba sosiago influencer marketing untuk memulai karir kepenulisannya. Mendapatkan penghasilan dari hobi menulis.

Jika masih belum yakin dengan manfaat aktivitas menulis, maka silahkan Googling dengan kata kunci, “benefits of writing”. Banyak sekali penelitian dan pembuktian secara ilmiah tentang manfaat menulis untuk meningkatkan taraf hidup seseorang.

6. Sarapan

Ada lagi yang sering kita abaikan meski padahal sebenarnya hal itu memiliki manfaat. Yakni, sarapan atau makan pagi. Dari beberapa referensi menyebutkan jika aktivitas sarapan memiliki dampak positif untuk kesehatan. Bahkan disebut-sebut penyakit degeneratif semacam diabetes juga erat hubungannya dengan kebiasaan mengabaikan waktu makan pagi. Selain faktor kesehatan, seseorang yang meluangkan waktu untuk sarapan atau makan pagi tentunya telah mempersiapkan energi untuk menjalani aktivitas dalam hari tersebut. Otak mampu berpikir lebih segar dan tubuh memiliki bahan bakar untuk aktivitas lebih maksimal.

7. Aktivitas Prioritas

Harapan menjadi sukses menjadikan kita memiliki ambisi untuk dapat mencapainya dalam waktu dekat. Namun tanpa agenda skala prioritas dan manajemen waktu yang optimal dan produktif maka hal itu justru menjauhkan seseorang dari kesuksesan. Orang-orang sukses berusaha menyelesaikan berbagai tugasnya secara tuntas dengan prioritas agenda yang harus diselesaikan. Bukankah agama telah mengajarkan jika, setelah selesai dari satu pekerjaan maka kerjakan tugas lainnya dengan bersungguh-sungguh.

8. Family Time

Coba kita simak orang-orang sukses yang namanya tidak asing di telinga kita. Mereka hampir semua memiliki kehidupan keluarga yang relatif harmonis. Memang dalam setiap rumah tangga pastinya terdapat riak-riak kehidupan. Akan tetapi mereka cenderung mampu mengatasi hal itu dengan baik. Mengapa?, karena dalam kebiasaan setiap hari dari pagi hingga malam, mereka telah meluangkan waktu untuk keluarga. Malam mereka gunakan untuk bercengkrama dan diskusi dengan keluarga. Dilanjutkan dengan istirahat atau tidur diawal waktu. Ingat kata bang haji Rhoma Irama, Begadang boleh saja asal ada perlunya. Jika tidak, maka usahakan untuk tidur lebih awal agar mampu bangun lebih awal dengan kondisi fisik yang lebih segar.

Calon orang sukses setidaknya menerapkan 8 habits kebiasaan yang disebutkan diatas. Selamat mencoba dan semoga benar-benar berhasil menjadi orang sukses. Aamiin 🙂