Samurai : Kastel Awan Burung Gereja (novel by Takashi Matsuoka)

Gan, ane mau share tentang novel favorit ane, nih ๐Ÿ™‚

Boleh lah, sekali2 yang agak cerita sejarah gitu..

Judul aslinya sih Cloud of Sparrows tapi kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia jadi Samurai : Kastel Awan Burung Gereja #cakep ๐Ÿ™‚

Ya udah gpp, itu urusannya penulis, penting kita paham pas bacanya, oke gan?!

ย Pengetahuan bisa menghambat. Ketidaktahuan justru membebaskan.

Tahu kapan untuk tahu dan kapan untuk tak tahu,sama pentingnya dengan pedang yang tajam.

– Suzume-no-Kumo (1434) –

Apakah kemampuan mengetahui masa depan bisa menguntungkan, atau justru membawa malapetaka? Mampukah pengetahuan seperti itu melahirkan seorang samurai sejati, yang tabu mengeluh ketika mengalami siksaan fisik paling hebat sekalipun, yang rela mati menjunjung tinggi kehormatan dan kesetiaan, namun tetap dianggap wajar untuk menangis tersedu-sedu saat merasakan keharuan dan kebahagiaan?

Samurai: Kastel Awan Burung Gereja adalah kisah hidup Daimyo Akaoka, Genji Okumichi — kisah tentang sebuah pergolakan zaman, perbenturan Timur dan Barat, budaya dan norma, agama dan dogma, kehormatan dan kemanusiaan, kisah yang akan menyeruakkan kesadaran kita bahwa pengetahuan dan keyakinan manusia bukan merupakan kebenaran hakiki.

Resensi :

Buku pertama dari dwilogi ini (yang satunya judulnya Jembatan Musim Gugur) bercerita tentang Okumichi no kami Genji, seorang Daimyo (Bangsawan Agung) daerah Akaoka di pulau shikoku yang berkuasa sekitar tahun 1860-1895 Masehi. Jaman dimana Jepang sedang dalam masa transisi dari keruntuhan Shogun Tokugawa dan restorasi Kaisar Meiji. Genji yang bertempat tinggal di Edo ibukota shogun (kemudian hari menjadi Tokyo) menerima kedatangan 3 misionaris Kristen yaitu Zephaniah Cromwell, Emily Gibbson dan Matthew Stark. Kedatangan ketiga orang itu dalam lindungan klan Okumichi membawa banyak perubahan dan intrik yang berakibat pada percobaan pembunuhan dan pengkhianatan dari orang-orang terdekatnya.

Genji yang hatinya telah terpikat pada Mayanako no Heiko, seorang Geisha termasyhur dari Edo akhirnya harus merelakan kekasihnya pergi ke Amerika karena intrik yang semakin besar dan kemungkinan kebocoran masa lalu Heiko yg merupakan keluara eta (orang buangan). Kematian Cromwell (tunangan Emily) di sisi lain membuat Emily kehilangan pegangan, tapi tekadnya untuk bertahan di Jepang membawanya pada garis kehidupan lain dan sesuai dengan ramalan Okumichi. Stark mantan peduel pistol yang mempunyai niat tersembunyi ke Jepang dengan menumpang misi Kristen Cromwell.

Ramalan merupakan anugerah sekaligus kutukan pada klan Okumichi sejak 600 tahun silam, Lord Genji mampu melihat masa depan begitu juga kakeknya Lord Kiyori dan pamannya Lord Shigeru (seorang samurai yg sehebat Musashi), begitu juga leluhurnya di mana satu pada setiap generasi mampu membaca pertanda jaman.

Masa lalu dan masa depan silih berganti bercerita dan semuanya bermula dari Lady Shizuka (moyang Lord Genji) yang menurunkan kemampuan meramal masa depan pada klan Okumichi.

Moral ceritanya adalah manusia, walaupun mengetahui masa depannya, tidak dapat menghindarinya tetapi hanya dapat menyikapi dengan sikap yang semestinya…

 

dapatkan lengkap di sini ๐Ÿ™‚

a

Hello world!

Welcome to Ludya Wahyu Pratiwi’s Student Blogs. ๐Ÿ™‚

This is a blog contains many informations you’ll need. This blog is including some themes, they are lecture, news and entertainment (but don’t be worry, I will categorize many more :), ok)

So please, if you read this blog, don’t forget to leave your comments below the posts

If you are a good reader (by giving your comments), I will give you some music lyrics ๐Ÿ™‚

่ฐข่ฐข ๐Ÿ™‚

Stay tune guys!

Copyright © 2021 — Ludya Wahyu Pratiwi's | Site design by Trevor Fitzgerald