• KRITERIA KELAYAKAN INVESTASI

    Date: 2017.03.19 | Category: TUGAS KULIAH | Tags:

    Tujuan artikel ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Proyek. Namun, selain itu artikel ini juga akan berbagi mengenai cara menganalisis kelayakan investasi dari data suatu proyek yang akan didirikan ataupun telah didirikan.

    Kriteria yang digunakan dalam analisis tersebut berjumlah 5 poin, diantaranya sebagai berikut:

    1. NPV (Net Present value)
    2. Net B/C
    3. Gross B/C
    4. IRR (Internal Rate of Return)
    5. Payback Period

    Untuk memulai analisis data diperlukan data-data dari proyek yang bersangkutan. Berikut contoh data proyek yang akan di analisis.

    Tabel 1 Contoh Data Suatu Proyek

    1

    Dari data diatas terlihat 10 tahun umur suatu proyek. Dalam suatu proyek juga dihitung  dari tahun ke 0 pembangunan proyek. Pada tahun ke 0 belum terjadi produksi sehingga Cost (C) atau Biaya dan Benefit (B) atau Keuntungan belum ada. Pada tahun 0 ini hanya terjadi pengeluaran dalam bentuk Capital (K). Selanjutnya pada tahun pertama K mulai berkurang sementara C dan B mulai muncul. Pada Tahun kedua K juga semakin turun namun C dan K semakin meningkat. Demikian seterusnya sampai tahun ke 10.

    Setelah data tersedia langsung kepada tahap analisis. Untuk ketentuan atau patokan data analisis dapat dilihat di link dibawah ini:

    https://docs.google.com/uc?export=download&id=0B3F4Y4nqFArFYkp3YjhBWTNfcFU

    Sementara untuk hasil analisis data diatas dapa dilihat di link di bawah ini:

    https://docs.google.com/uc?export=download&id=0B3F4Y4nqFArFZUhkMW9zNTc4LW8

    Setelah melihat hasil analisis, ternyata ada DF (Discount Factor) yang mempengaruhi. Berikut untuk tabel link untuk DF yang digunakan diseluruh dunia:

    https://docs.google.com/uc?export=download&id=0B3F4Y4nqFArFM3ZUcXJodUdRNHc

    Berikut  analisis deskriptif dari hasil perhitungan data diatas:

    1. NPV (Net Present value)

    Proyek tersebut mampu menghasilkan Net Present Value atau nilai bersih saat ini setelah 10 tahun pada tingkat Discount Factor sebesar 10% yakni 29.6184841. Hasil itu masih dalam indicator positif yang artinya proyek tersebut layak untuk dilaksanakan.

    Tabel 2 Hasil NPV dari Contoh Data Suatu Proyek

    2

    2.      Net B/C

    Hasil dari Net B/C adalah -1.34477. Namun dalam perhitungannya total yang negatif itu mutlak sehingga hasilnya adalah 1.34477. Dengan hasil itu Net B/C yang berasal dari perbandingan PV positif dibanding dengan PV negatif. Sehingga artinya PV positif lebih banyak daripada PV negatif dengan selisih perbandingan 0,34477 artinya dari seluruh biaya yang dikeluarkan  masih menutup biaya ditambah perbandingan benefit sebesar 0,34477. Kesimpulan dari penjelasan diatas bahwa lebih banyak benefit artinya proyek ini layak untuk dijalankan

    Tabel 3  Hasil Net B/C dari Contoh Data Suatu Proyek

     3

    3. Gross B/C

    Merupakan perbandingan antara total B dibanding dengan total C ditambah total K. Dari perbandingan tersebut menghasilkan 1.189425. Artinya bahwa jumlah B lebih banyak dari pada jumlah C dan K. Artinya proyek layak untuk dilaksanakan.

     

    Tabel 4  Hasil Gross B/C dari Contoh Data Suatu Proyek

    4

    4. IRR (Internal Rate of Return)

    Dihitung dari perhitungan IRR interpolasi dengan diketahui masing-masing NPV pada setiap DF. Kedua DF yakni DF sekarang dan DF ketika NPV negatif pertamakali. Hasil IRR dari data diatas yakni 0.157241 atau sama dengan 15,7 %. Dengan demikian hasil IRR yang lebih dari DF sekarang yakni 10% menandakan proyek ini layak untuk dijalankan.

    Tabel 5 Data Suatu Proyek ketika DF 10%

    5

    Tabel 6 Data Suatu Proyek ketika DF 16%

    6

    5. Payback Period

    Dana Modal pada Suatu Proyek ini akan kembali pada tahun ke-9. Semakin cepat dana modal ini kembali maka semakin baik proyek tersebut.

    Tabel 7 Hasil Payback Period dari Data Suatu Proyek

     7

     

    Demikian Hasil Deskripsi 5 Kriteria Analisis Kelayakan Investasi. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat.

     

    Laili Salista Romdani

    155020500111004