Organisasi bisnis
Organisasi bisnis merupakan organisasi yang beroperasi bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Dalam menjalankan kegiatan operasinya organisasi bisnis memerlukan dukungan sistem informasi . sistem informasi dikembangkan untuk mendukung keseluruhan organisasi, eksekutf, dan area bisnis.
Organisasi layanan Informasi
Organisasi layanan informasi adalah unit yang ada di dalam perusahaan yang memiliki tanggung jawab atas mayoritas sumber daya informasi. Didalam organisasi layanan informasi dua hal yang pertama sumberdaya informasi dan kedua spesialis informasi.
Sumberdaya informasi yaitu sumberdaya yang terdiri dari piranti peranti keras , peranti lunak, spesialis informasi, pengguna, fasilitas, basis data dan informasi. Pada umumnya organisasi ini berlokasi di layanan informasi dan merupakan tanggung jawab dari Chief Administration Officer (CIO). Sumber daya yang ada di area pengguna merupakan tanggung jawab manajer.
Di dalam Sistem Informasi Manajemen terdapat istilah spesialis informasi. Spesialis informasi adalah suatu karyawan yang memiliki tanggung jawab utama untuk memberikan kontribusi atas tersedianya sumber daya informasi dalam perusahaan. Spesialis Informasi terdiri dari :
1. Analisis sistem adalah spesialis yang bekerja dengan pengguna untuk mengembangkan sistem baru dan memperbaiki sistem yang sudah ada. Analis sistem adalah orang yang ahli dalam mendefinisikan masalah dan dalam membuat dokumentasi secara tertulis mengenai komputer bagaimana membantu menyelesaikan masalah-masalah tersebut.
2. Administrator Basis Bata adalah seorang spesialis yang bertanggung jawab atas basis data yang disebut dengan Administrator Basis Data (DBA). Tugas utama DBA terbagi empat area utama : perencanaan, Implementasi, Operasi dan keamanan.
3. Webmaster seorang spesialis yang bertanggung jawab atas penyajian situs web perusahan. Webmaster harus bekerja sama dengan spesialis untuk memastikan bahwa jaringan komunikasi antara perusahaan dan pelanggan dan atau sekutu bisnisnya
4. Spesialis jaringan adalah spesialis yang bekerja dengan analis sistem dan pengguna dalam membuat jaringan komunikasi yang menyatukan sumber daya komputasi yang menyebar. Spesialis jaringan akan mengunakan keahlian dari bidang-bidang komputasi maupun telekomunikasi.
5. Programmer adalah Menjadikan dokumentasi yang dibuat oleh sistem analis untuk membuat kode program computer yang mengubah data menjadi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.
6. Operator adalah menjalankan peralatan komputasi berskala besar seperti Komputer mainframe dan server yang biasa digunakan untuk sistem komputasi sebuah perusahaan.
Struktur organisasi Layanan Informasi
Tren dari struktur tersentralisasi ke desentralisasi.
Pada awalnya struktur organisasi layanan informasi biasanya menggunakan struktur sentralisasi namun pada tahun 1970 dan 1980-an beberapa perusahaan mulai mendesentralisasikan sumberdaya informasinya dengan mengalokasikan mereka ke unit-unit bisnis dan memberikan wewenang bagi unit-unit untuk memutuskan bagaimana sumberdaya akan diaplikasikan. Akhirnya banyak perusahaan yang menunjuk DIO ( divisional Information officer)
Ditambah sama struktur.
Struktur Organisasi Inovatif
Struktur ini dimulai pada tahun 1990 telah disadari bahwa struktur sentralisasi maupun desentralisasi memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Sebagai respons atas permasasalahan ini maka para peneliti Sistem Informasi Manajemen mengidentifikasi tiga struktur inovatif yang disebut dengan partner model, platform model, scalable model.
Partner Model adalah layanan informasi bekerja pada area-area dalam menggunakan teknologi informasi guna menghasilkan inovasi bisnis.
Platform Model adalah layana informasi tidak akan secara aktif mengawali inovasi bisnis , namun menyediakan beberapa informasi sehingga informasi tersebut dapat dicapai oleh area-area bisnis.
Scale Model bahwa sumber daya yang diperoleh begitu peluang pasar muncul dan harus dengan cepat dilepaskan ketika peluang tersebut tidak terjadi lagi. Sehingga mempertahankan biaya tetap pada tingkat minimum.
Komputasi Pengguna Akhir ( EUC)
Komputasi pengguna akhir adalah pengembangan seluruh atau sebagian atau seluruh sistem dilakukan oleh pengguna. End-user computing terjadi disebabkan oleh empat hal :
– Dampak pendidikan Komputer selama awal tahun 1980 banyak sekolah-sekolah, perguruan tinggi, dan perusahaan swasta melalakukan pendidikan Komputer
– Antrian layanan informasi mengakibatkan para spesialis informasi tidak bisa melaksanakan semua pekerjaan yang ada. Layanan informasi tidak bisa memberikan respons yang cukup cepat berdasarkan tuntutan pengguna pekerjaan mulai menumpuk beberapa pengguna harus menunggu dua sampai tiga tahun untuk selesai dari antrian
– Murahnya peranti keras. Pada masa yang samurma pasar dibanjiri oleh Komputer mikro. Pengguna dapat membeli sendiri computer yang ada di pasaran
– Peranti lunak siap pakai. Peranti lunak siap pakai ini menawarkan dukungan yang ditingkatkan dan kemudahaan penggunan dan memungkinkan perusahaan dan pengguna-penguna individual dengan sedikit keahlian computer dapat mengimplementasikan suatu sistem berbasis Komputer.
Keuntungan komputasi pengguna akhir
– Menyamakan kemampuan dan tantangan.
– Mempersempit jarak komunikasi
Walaupun komputasi pengguna akhir memiliki keuntungan disisi lain sistem ini memiliki resiko diantaranya yaitu
– Sasaran sistem yang buruk.
– Sistem yang dirancang dan didokumentasikan dengan buruk.
– Penggunaan sumberdaya informasi yang tidak efisien.
– Hilangnya integritas data.
– Hilangnya keamanan.
– hilangnya kendali.

Kriteria pendidikan , pengetahuan, dan keahlian yang dibutuhkan untuk karier dibidang layanan informasi.
Pengetahuan yang dibutuhkan yaitu
• Computer literacy yaitu kemampuan dalam menggunakan sumberdaya computer guna mendapatkan pemrosesan data yang dibutuhkan.
• Information Literacy yaitu pemahaman mengenai penggunaan informasi dalam setiap langkah proses pemecahan masalah
• Business Fundamentals berkaitan topic-topik mata kuliah sarjana dan master bisnis mengenai akuntansi, keuangan pemasaran, manajemen, Sistem informasi manajemen dan operasi.
• System Theory menjelaskan bagaimana mengambarkan suatu fenomena dalam bentuk struktur-struktur sistem yang normatif.
• System modelling berkaitan dengan cara untuk mendokumntasikan suatu sistem.
Kemudian keahlian yang harus dimiliki meliputi tiga aspek berikut :
– Keahlian Komunikasi yaitu keahlian menyampaikan suatu informasi kepada orang lain.
– Kemampuan analitis yaitu kemampuan studi yang melibatkan pemahaman akhir atas suatu situasi dengan tujuan untuk merumuskan respon atau solusi.
– Kreativitas berkaitan dengan penciptaan idea atau solusi yang sepenuhnya atau separuh baru.
– Kepemimpinan yaitu kemampuan utnuk mengarahkan dan mengerakkan orang lain untuk melaksanakan tugasnya.
Otomatisasi Kantor
Otomatisasi kantor yaitu seluuh sistem elektronik formal maupun informal yang terutama berhubungan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang di dalam dan diluar perusahaan.
Movement from administrative problem solving to managerial
Initially the office automation supporting employee in secretary and administrative department. For example word processing, e-mail, fax and electronics calendar. Seiring dengan bertambanya kemampuan computer di kalangan manajer dan profesional mereka menyadari dapat mengunakan berbagai macam aplikasi untuk mengambil keputusan.
Kantor maya
Kantor maya adalah suatu mekanisme kerja yang mengakui pekerjaan kantor dapat dilakukan di semua lokasi geografis selama tempat kerja tersebut terhubung dengan kemampuan komunikasi elektronik
Konsep kantor maya dapat dibedakan menjadi dua yaitu telecommunicating dan hoteling. Telecommunicating muncul pada tahun 1970-an . dengan murahnya peralatan computer memudahkan karyawan untuk berkomunikasi dengan jarak jauh. Hal ini menimbulka pemikiran bahwa karyawan dapat bekerja tanpa harus pergi ke kantor.
Pada konsep telecommunicating hanya terbatas pada kelas pekerja dalam kantor tertentu saja. Namun meluas hingga semua karyawan mereka barangapan bahwa datang kekantor jika diperlukan saja. Konsep ini disebut dengan hoteling
Keuntungan kantor maya
Telecommunicating dan hoteling memungkinkan adanya kantor maya. Dengan adanya kantor maya tersebut memiliki beberapa keuntungan yaitu :
– Biaya fasilitas yang lebih rendah.
– Biaya peralatan yang lebih rendah.
– Berkurangnya penghentian pekerjaan.
– Kotribusi sosial.
Namun dengan diterapkanya kantor maya tersebut mengandung beberapa kerugian yaitu :
– Menimbulkan moral yang rendah.
– Kekhawatran akan resiko keamanan data.
Organisasi maya
Organisasi maya adalah sebuah sistem yang dirancang sedemikian rupa sehingga tidak terikat pada lokasi fisik. Terbentuk nya organisasi maya ini di laterbelakangi oleh suksenya pelaksanaan dari kantor maya sebelumnya. Ketika pelaksanaan kantor maya sukses maka terinspirasi untuk membuat siste yan lebih luas lagi yaitu organisasi maya.
Dampak sosial organisai maya.
Dengan adanya organisasi maya ini mampu memiliki dampak sosial kepada masyarakat. Khusunya industry-industri yang tertarik pada organisasi maya. Memberikan nilai tambah dalam bentuk informasi, ide dan kecerdasan. Istilah Three I economydi jabarkan untuk industry-industri semacam ini. Contohnya adalah idang pendidikan, perawatan, kesehatan, hiburan, perjalanan, olahraga, dan konsultasi. Seiring dengan banyaknya organisasi yang tertarik dengan kantor maya perubahan yang terjadi hampir mempengaruhi cara hampir semua orang hidup dan bekerja pengaruh ini akan lebih jelas terlihat pada penampilan fisik dan fungsi pada kota-kota kita. Organisasi maya akan menurunkan terhadap permintaan-permintaan terhadap gedung-gedung pencakar langit dan transportasi. Menjadi kota kita lebih tenang menjadi lebh lembut dan menjadi kota yang lebih menarik untuk dihuni.
Menempatkan pengguna sistem dan SpesialisInformasi pada perspektif
Pengembangan sistem informasi pada awalnya dilakukan pada sepenuhnya oleh spesialis informasi. Namun lama kelamaan pengguna telah memainkan peranan yang semakin penting sampai ke suatu sistem titik ekstream. Pengguna dapat melakukan pekerjaan pengembangan.