Home » SISDL » Cara Install ArcGIS 9.3

Cara Install ArcGIS 9.3

CARA INSTAL ARC-GIS (ArcGIS Desktop <9.3>)

1.    Buka folder “license server setup”
2.    Pilih Lmsetup   akan muncul kotak dialok dibawah:


Klik “browse” masukan file “37102011.efl9” atau  yang terletak pada folder yang sama atau di folder “license server setup”.

3.    Kemudian klik “next” hingga proses instal selesai dan muncul kotak dialog seperti dibawah ini:

Pilih YES jika ingin mematikan komputer atau RESTART dan pilih NO jika tidak ingin mematikan komputer anda.

4.    Selajutnya tekan FINISH

5.    Copi semua data yang ada didalam Folder “License Sever Crack” ke tempat anda menyimpan progam aplikasi Arc-GIS ini, misalkan: Local Disk (C) –> Program Files –> ESRI –> Arc-GIS,,,(nah teman-teman paste-nya di folder Arc-GIS itu).
Contoh tampilan yang di Folder License Sever Crack

Kalau habis di PASTE muncul seperti kotak dialok dibawah:
Jangan khawatir tinggal centang (√) bagian pojok kiri bawah kemudian pilih “Copy and Replace”,, Tapi kalau udah di “Copy and Replace” tiba-tiba muncul kotak dialog dibawah nich:
Tidak usah khawatir, temen-temen pilih “CONTINUE” aja.

6.    Kemudian klik start dan anda akan menemui 1 progam baru di daftar progam, yaitu: “License Manager Tools”
Pada “License Manager Tools” klik kanan pilih “properties” pilih “Compatibility” centang (√)  “run the progam in compatibility mode for” kemudian ganti dengan “windows XP (service pack 2)


7.    Selanjutnya buka “License Manager Tools” dan akan muncul kotak dialog dibawah:

Pada “Service/License File” pilih “Configuration Using Services” kemudian akan muncul tulisan “ArcGIS License Manager”. Blok tulisa tersebut seperti contoh dibawah:

8.    Masih pada kotak yang bentuknya tertampil diatas, tapi temen-temen pilih yang “Start/Stop/Reread”. Kemudian klik “Start” maka akan muncul dibawahnya tulisan sucessful dan dialog ASK, kalau sudah muncul teman-teman bisa klik “Stop” dan melanjutkan langkah berikutnya. INGAT!! KOTAK INI JANGAN DI-close SEBELUM PROSES INSTAL ARC_GIS SELESAI!!!
Contoh tampilan kotak dialog yang apabila teman-teman pilih “Start/Stop/Reread”

9.    Kalau sudah selesai langkah-langkah diatas, teman-teman silah membuka folder tempat teman-teman menyimpan master Arc-GIS. Didalam folder tersebut akan ada data yang icon-nya seperti gambar ini  . Lakukan klik kanan dan lakukan penggantian “Compatibility” menjadi “windows XP (service pack 2). Langkahnya seperti mengganti pada “License Manager Tools”.
Tampilan data yang ada di Folder ArcGIS:

10.    Kalau sudah diganti “Compatibility”nya silahkan buka data tersebut dengan klik dua kali atau klik kanan pilih open. Maka akan muncul kotak dialog dibawah:

11.    Kemudian pilih ArcGIS Deskop, maka akan muncul kotak dialog dibawah:

12.    Kemudian pilih “Install ArcGIS Deskop” maka muncul kotak dialog dan klik Next. Apabila muncul kotak dialog dibawah:

13.    Pilih ArcInfo kemudian pilih Next, maka akan muncul kotak dialog dibawah:

14.    Kemudian pilih “Complete” kemudian “Next” kemudian proses penginstallan program akan berjalan hingga muncul tulisan “FINISH” kemudian klik. Tunggu beberapa saat hingga ada 2 kotak dialog yang berproses. Kalau sudah selesai, masih ada yang harus teman-teman lakukan supaya Arc-GIS bisa dipakai.

15.    Kembali Pada “ArcGIS License Manager” pilih “Start/Stop/Reread” yang teman-teman buka sebelumnya atau kalau lupa tampilan kotak dialognya seperti dibawah ini:
Kemudian klik “Start” lalu lakukan langkah ke-16

16.    Kalau sudah selesai silahkan langkah diatas, lakukan Start –> ArcGIS –> Desktop Administrator

Kemudian akan muncul kotak dialog seperti dibawah:

17.    Pada “software product pilih ArcInfo (Floating), kemudian klik pada “License Manager” maka tampilan kotak dialog akan berubah menjadi:

18.    Kemudian klik “Browse” hingga muncul kotak dialog dibawah:

19.    Ganti nama sesuai keinginan anda atau yang standart pake “LOCALHOST” tekan OK kemudian Ok lagi pada kotak dialog “ArcGIS Desktop Administrator”.

20.    Selanjutnya silahkan teman-teman kembali pada kotak dialog “ArcGIS License Manager” pilih “Start/Stop/Reread” yang teman-teman buka sebelumnya atau kalau lupa tampilan kotak dialognya seperti dibawah ini:
Kemudian klik “Stop” lalu lakukan langkah ke-21

21.    Proses install ArcGIS telah selesai silahkan buka aplikasinya

22.    HAVE FUN ^.^

Malang, 12 Pebruary 2012
Laelatul Nyamiati

buat temen-temen yang ingin mengetahui Cara Menginstal Arc-GIS 9.3 pada komputer atau laptop temen-temen.. Gibawah ini disediakan dalam bentuk doc. Silahkan klik <download> di bawah ini:

download

 

SISDL

No Comments to “Cara Install ArcGIS 9.3”

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.