Mencapai Kondisi Waspada dan Rileks untuk Mengelola Emosi

cara meingkatkan konsentrasi

OLS atau kewaspadaan yang rileks adalah keadaan konsentrasi total yang menyerap secara mutlak (emosi) sehingga seseorang berada dalam kepuasan saat itu dan memperlihatkan kinerja puncak dari kemampuan otak.

Dalam OLX, Anda benar-benar terserap ke dalam apa yang dipelajari dan pemahaman Anda mencapai maksimum. OLS tidak harus dialami dalam interval waktu yang panjang, kadang bisa datang ketika diinginkan. Penelitian dengan mesin elektroensefalografi memperlihatkan bahwa kita belajar dalam kondisi puncak, otak mengeluarkan gelombang elektromagnetik berkecepatan 8 sampai 12 siklus per sekon atau disebut gelombang alfa.

Baca juga: Teks Anekdot dalam Bahasa Jawa

Salah satu langkah untuk dapat memasuki kondisi OLS adalah menggunakan pernapasan yang dalam untuk menciptakan OLS. Pernapasan yang dalam memiliki pengaruh potensial pada pikiran karena:

  1. Dapat meningkatkan suplai oksigen ke otak dan otak membutuhkan suplai oksigen lebih banyak ketika berfungsi pada tingkat puncak dalam belajar.
  2. Dapat membuat tubuh menjadi rileks atau santai dan membersihkan pikiran dari ketegangan
  3. Menetapkan siklus fisik berirama yang menciptakan harmoni otak pada kondisi gelombang 8-12 cps (cycle per sekon)

Itulah sebabnya, meditasi memberikan efek yang baik untuk meningkatkan konsentrasi otak karena dengan meditasi, kondisi puncak dapat mudah tercapai.

Baca juga: Jamur Pencabut Nyawa

Kelak ketika menghadapi sebuah gagasan atau saat menginginkan suatu pandangan atas suatu masalah, pelatihan visualisasi akan membantu kamu pada sejumlah jawaban.

Latihan ini menggunakan imajinasi atau bahasa pikiran bawah sadar untuk membantu mengakses kekuatan pikiran bawah sadar. Langkah-langkahnya dapat kamu coba dengan mengikuti panduan berikut ini:

  1. Duduk dengan tenang di tempat yang nyaman dan tidak mungkin diganggu orang
  2. Pejamkan mata
  3. Bayangkan kamu sedang menembus hutan (Cobalah membuat citra yang jelas tentang hutan di sekeliling kamu. Cobalah untuk melihat, mencium dan merasakan hutan tersebut sedapat mungkin)
  4. Sekarang bayangkan kamu sudah tiba di sebuah rumah kosong (Sekali lagi cobalah membayangkan serinci mungkin keadaan rumah tersebut – jendelanya, pintunya, atapnya, lantainya, tanah yang mengelilinginya.)
  5. Dalam benak kamu, bukalah pintu rumah tersebut dan melangkah masuk
  6. Bayangkan seorang pria tua yang bijaksana sedang berdiri di ruang tengah. Bayangkan dia secermat mungkin. Ceritakan kepadanya masalah kamu.
  7. Dengarkan apa yang dia katakan dalam bayanganmu.

Ingin curhat online whatsapp gratis, tetapi tidak tahu harus kemana? Cobalah curhat online bersama kami di situs Kurotasanry. Dengarkan cerita-cerita kawan-kawan kami lainnya yang telah berbagi kisah mereka dalam blog Omegarion.

Tags: ,