Tutorial Membuat Sistem Broadcast Reciever Berbasis Sistem Service

Broadcast Reciever adalah, sebuah komponen yang merespon kepada pemberitahuanBroadcast secara system-wide. Kebanyakan Broadcast berasal dari sistim, seperti pemberitahuan bahwa layar telah dimatikan, baterai hampir habis, suatu gambar telahdicapture, kejadian terkait dengan sms dan panggilan. Broadcast juga dapat berasal dariaplikasi seperti memberitahukan aplikasi lain bahwa data telah didownload ke peralatandan tersedia untuk digunakan.

Jika Activity memiliki UI, Maka Broadcast receiver tidak menampilkan suatu UI, tetapi mereka dapat membuat notifikasi pada status bar untuk memberitahukan bahwa suatu kejadian Broadcast telah terjadi. Padaumumnya suatu Broadcast receiver hanya berupa suatu gerbang kepada komponen laindan hanya melakukan suatu pekerjaan kecil, jika operasi yang dijalankan lebih panjang,maka anda perlu mengkombinasikan service dengan BroadcastReceiver untuk menjaga proses tersebut aktif sepanjang waktu operasi.

 

CARA MEMBUAT APLIKASI BROADCAST RECIEVER

Sebagaimana dengan Activity, Broadcast receiver juga diaktifkan oleh asynchronus message yaitu Intent. Untuk membuat Broadcast receiver anda perlu membuat suatu class yang merupakan subclass dari BroadcastReceiver. Disini saya akan membuat sebuah timer yang berguna untuk membuat suatu penjadwalan dimana jika waktu yang ditentukan pada time akan segera habis , maka broadcast reciever akan menerima trigger dan otomatis akan menampilkan notifikasi berupa pesan toast dan getaran padah android phone.

 

1.  Langkah pertama yaitu membuat dahulu layout berupa inputan dan tombol,

1

2. Setelah sudah membuat layout, dilanjutkan dengan membuat class baru yang berguna untuk membuat vibrasi pada hp terhadap reciever.

2

3. Kemudian , daftarkan class dari broadcast reciever tadi ke dalam xml dan permintaan otorisasi untuk bisa membuat vibrate pada moblie.

3

4. Setelah sudah menambah source code tersebut, maka selanjutnya yang akan kita lakukan yaitu membuat script untuk input, menjalankan, dan menerima reciever tersebut. Tambahkan kode berikut ke dalam file main_activit.java anda.

4

5. Penjelasan dari gambar diatas yaitu , blok warna kuning yaitu penginisialisasian variable saja ,yaitu var text sebagai edit textnya, var i sebagai integer, variable ok sebagai objek button nya. Lalu pada fungsi void mulaiService , ini adalah fungsi yang menjalankan timer nya dan memanggil boradcast dari class broadcastrecievervib yang sudah di buat sebelumnya.

6. Lalu tidak lupa juga untuk membuat fungsi onClik untuk respon pada buttonnya.

5

 

7. Didalam fungsi onClick , terdapat pengkondisian , jika inputan di isi 0 , maka akan menampilkan toast notifikasi, dan jika di isi sebuah angka selain 0 , maka akan memanggil fungsi mulaiService tadi.

8. Setelah sudah , kita jalankan aplikasi nya dengan avd yang aktif. Berikut adalah tampilan awal dari aplikasi ini.

6

9. Dan jika kita langsung menekan tombol dengan inputan angka 0, maka akan muncul toast notifikasi.

7

10. Kemudian , jika di isi angka misalnya 10, dan button ditekan , maka akan memunculkan toast notiifikasi lagi , yaitu sebagai berikut.

8

11. Dan , waktu timer sudah di mulai dengan waktu penghitungan 10 detik di hitung mundur.

12. Setelah waktu mencapai angka 0, maka aplikasi akan memunculkan toast notifikasi “maaf waktu anda habis”

9

13. Dan setelah notifikasi ini muncul secara bersamaan handheld atau android phone akan bergetar atau vibrate akan aktif selama 2 detik. Dikarenakan mendapat broadcast reciever yang berisi mengaktifkan vibrate dan memunculkan toast message.