Near Field Communication (NFC)

                    Near Field Communication , atau lebih dikenal dengan sebutan NFC ini , adalah pengembangan dari teknologi berbasis Radio Frequency Identification (RFID). Salah satu contoh pendekatan teknologi RFID dalam kehidupan sehari –hari yang memiliki bentuk dan kegunaan yang sama yaitu terdapat pada kartu ATM yang kita punya. Bedanya yaitu pada ATM ini jika ingin melakukan transaksi banking harus di gesek kan terlebih dahulu pada mesin – mesin ATM sedangkan RFID hanya didekatkan saja pada alat pembacanya , maka data akan terbaca dengan otomatis dan tidak lagi untuk menggesek kartunya. Contoh RFID yang terdapat dalam kartu – kartu pintar (smart card) yaitu kartu e-toll Bank Mandiri atau Flazz Bank BCA di Indonesia.

Bagaimana Cara Kerja NFC

                      Cara kerja NFC sendiri yaitu pengguna NFC harus mempunyai chip NFC pada perangkat sendiri tentunya , lalu perangkat yang sudah tertanam chip NFC tersebut di tempelkan atau di kibaskan pada perangkat lain yang tentunya suda memiliki alat yang sama atau alat pembaca NFC juga. Dengan begitu , data – data pada chip NFC akan terbaca pada NFC Reader. Dan akan di tampilkan pada perangkat lunak yang mendukung NFC.

                    Pada dasar nya , ada dua mode operasi yang dicakup oleh protoko NFC itu sendiri , yaitu NFC Aktif (terbuka) dan NFC Pasif (secure). Adapun penjelasan 2 mode operasi tersebut , yaitu sebagai berikut :

  1. NFC terbuka (aktif)

Adalah kedua perangkat radio menghasilkan bagian sendiri untuk mengirimkan data yang artinya menghubungkan dua perangkat yang sama-sama memiliki NFC dan hal ini memungkinkan pertukaran konten digital antar perangkat. Pengguna dengan mudah bisa menghubungkan ponsel NFC dengan smartphone yang lain, hanya dengan menyentuhkan kedua ponsel. Ada beberapa ponsel yang sudah mengadopsi teknologi ini seperti Blackberry dengan ‘Blackberry Tag’, Samsung galaxy SII, Nokia Lumia 800, Nokia Lumia 710, dan lain-lain. Dengan cara ini pengguna bisa saling bertukar konten, seperti foto, atau bahkan bermain game, tanpa harus melakukan koneksi pairing Bluetooth.

                   2. NFC secure (Pasif)

Adalah hanya satu perangkat saja yang menghasilkan bidang radio, sementara modulasi lainnya menggunakan beban lain untuk mentransfer data yang artinya lebih kepada penggunaan perangkat mobile contoh  smartphone yang sudah terintegrasi dengan NFC (Near Field Communication) sebagai dompet atau kartu kredit atau alat bayar virtual. Cara kerjanya pengguna hanya perlu mengibaskan perangkat mobile tersebut ke mesin atau alat pembaca NFC.

Apa Manfaat dan Keunggulan Jika Memakai Teknologi Ini ?

                     Keunggulan NFC cukup banyak. Dengan NFC pengguna bisa leluasa untuk bertransaksi membayar sesuatu, menjadi mesin kas, membayar jalan toll, melakukan “check in” di tempat tertentu, mengumpulkan poin atau berbelanja di pusat perbelanjaan, bisa menjadi mesin penjual dan meter parkir, atau nanti bisa mengakses situs atau blog tanpa harus mengetikkan URLnya.

NFC

                   Semakin banyak perangkat seperti mobile handset, smartphone, PC, kamera, printer yang menggunakan teknologi NFC karena saat ini NFC (Near Field Communication) dipandang sebagai salah satu hal yang menguntungkan dari sudut pandang pendapatan. Menurut data riset Jupiter pada tahun 2013 nanti diprediksi akan terjual sekitar 700 juta ponsel berkemampuan NFC.

“NFC Tools” Sebagai Software Pendukung NFC

Capture

                    NFC Tools adalah sebuah software pada platform android yang berfungsi untuk membaca dan menulis NFC tags atau perangkat yang didalamnya terdapat chip NFC. Software yang di buat dan di kembangkan oleh “wakdev” salah satu username yang tertera pada google play store ini , dapat menampilkan informasi informasi yang terdapat pada chip. Aplikasi akan menampilkan informasi sebagai berikut :

–          Manufaktur dari tag (misal : NXP, Nokia, IBM, Samsung, dll.)

–          Jenis tag (misal : MIFARE ultralight, Ultralight C, DESFire, NTAG203)

–          Standar (misal : NFC Forum Tipe 2)

–          Teknologi yang tersedia ( kelas Android)

–          Serial Number

–          Size tag dan Data

–          Dsb.

Pada aplikasi ini , pengguna juga bisa menuliskan data – data pada NFC chip ,jika pada NFC chip memungkinkan untuk menulis dan membaca data. Jika memungkinkan untuk penulisan data, pada aplikasi ini bisa menuliskan beberapa data , antara lain :

–          Menyimpan Text

–          Menyimpan Pesan

–          Menyimpan Kontak

–          Menyimpan SMS

–          Menyimpan Lokasi GPS

–          Konfigurasi koneksi bluetooth

–          Menyimpan Nomor Telephon

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat suatu Task pada kehidupan sehari – hari , seperti mengaktifkan bluetooth jika ditempelkan pada perangkat NFC tertentu, men-set alarm , menyimpan tanggl dan waktu , mengirim sms , enable – disable WIFI, mobile data, set auto-rotate, set volume, launch app, launch url/uri, dan masih banyak lagi.

nfcGambar diatas adalah , screenshot dari aplikasi , dan jika aplikasi membaca NFC Chip , maka aplikasi akan menampilkan informasi dari NFC Chip tersebut.

nfc2

                   Dengan aplikasi ini , anda bisa menulis dan membaca informasi dari NFC Chip yang ada kehendaki , bahkan bisa men-set sebuah Task untuk membantuk ada di kehidupan sehari – hari , hanya dengan menempelkan saja perangkat anda ke perangkat NFC Chip yang lain , maka aplikasi ini akan bekerja.

Refrensi :

 http://www.rikhojansen.com/pengetahuan/519-apa-itu-nfc-dan-bagaimana-cara-kerja-nfc.htm

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wakdev.wdnfc

https://www.youtube.com/watch?v=9uvvWl5l8Bs