Tips Jualan di Marketplace Agar Bisa Untung Banyak

Tips Jualan di Marketplace Agar Bisa Untung Banyak – Siapa sangka jualan di marketplace bisa memberikan keuntungan lebih. Bahkan bisa dibilang, sebagai pekerjaan sampingan pun, Anda akan mendapat banyak keuntungan jika memilihnya. Unik ya? Tapi masih banyak yang belum paham dengan apa itu marketplace sendiri. Kebanyakan orang mengira marketplace ya online shop. Juga e-commerce. Padahal anggapan itu salah besar, lho!

Faktanya, ketiganya berbeda. Nah sebelum lanjut ke tipsnya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu marketplace dan perbedaannya dengan online shop dan e-commerce. Marketplace sendiri merupakan salah satu model bisnis berupa aplikasi atau website dimana mereka memfasilitasi orang lain untuk menjajakan barangnya di tempat tersebut. Hampir semua transaksi penjualannya melalui marketplace ini.

Sedangkan untuk e-commerce, memang hampir sama dengan marketplace, hanya saja mereka tidak memberikan wadah untuk orang lain menjajakan produknya. Hanya pihak merekalah yang akan menjual dan melayani konsumennya.

Lalu online shop surabaya adalah sebuah toko yang berdiri sendiri tanpa ada fasilitas dari pihak lain. Semua transaksinya langsung berhubungan dengan penjualnya. Bisa saja melalui aplikasi pesan singkat dan pembayaran yang langsung ke rekening atas nama penjual.

Nah dalam usahanya berjualan di marketplace, ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Terutama bagi anda yang menjalankan dropship tokopedia. Selain bersaing sendiri dengan supplier anda juga akan bersaing dengan dropshipper lainnya. Memang benar Kita sebagai penggunanya akan diberikan berbagai fasilitas yang bisa membantu proses penjualan Anda. Tapi berjalan atau tidaknya toko tersebut tetap bergantung pada Anda.

Untuk membantu Anda mewujudkan kesuksesan dalam berbisnis online melalui marketplace, Kami akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda coba. Simak terus ulasannya di bawah ini.

Memberi Judul yang Tepat

Judul yang menarik dan tepat sasaran menjadi kunci utama produk Anda dikunjungi atau tidak. Malah bisa dibilang judul klikbait akan menaikkan viewers produk. Judul tersebut haruslah disesuaikan pula dengan produk tersebut.

Jika Anda menjual produk baju atau atasan, janganlah memberikan nama celana atau rok. Selain itu, Anda bisa memasukkan semua nama yang relevan agar produk itu bisa muncul di atas pencarian.

Deskripsi yang Sesuai

Deskripsi yang sesuai adalah kunci lainnya yang patut diperhatikan. Sebagian orang terlalu malas untuk bertanya mengenai detail produk melalui chat. Karenanya, deskripsi produk harus diisi dengan detail selengkap-lengkapnya untuk memudahkan pembeli dalam memilih tanpa harus bertanya melalui chat.

Dalam deskripsi Anda juga bisa memasukkan kebijakan toko termasuk juga retur barang. Karena faktanya tidak semua orang rela membuka akun tokomu dan membaca bio yang ada.

Pun dengan kata-kata yang bisa menarik pelanggan untuk membeli produk tersebut. Entah itu fun fact kalau produk tersebut menjadi incaran para artis atau karena keunikannya yang jarang ditemui di produk lain.

Foto yang Menarik

Dan yang terakhir adalah foto yang menarik. Foto harus dibuat menarik dengan warna dan pencahayaan yang bagus. Serta kualitas yang tidak kalah keren.

Kualitas foto ini bisa memengaruhi kredibilitas dan kepercayaan dari buyer, lho!

Jika kualitas foto yang dipasang buruk, kemungkinan buyer akan ragu dengan barang yang dijual. Alhasil mereka akan mencari toko lain.

Bukan hanya perihal kualitas saja, tapi juga penataan yang tepat. Tabel size maupun detail produk sebaiknya tidak diletakkan sebagai foto utama. Orang akan menilai suatu produk worth it untuk dibeli atau tidak dari foto utamanya. Jadi penataan juga wajib untuk diperhatikan.

Nah itulah beberapa tips jualan online yang bisa Anda coba untuk meningkatkan penjualan toko. Selamat mencoba!