Semua Tentang Sovaldi Yang Wajib Diketahui

Semua Tentang Sovaldi Yang Wajib DIketahui – Apa itu Sovaldi? Jika Anda memiliki virus hepatitis C (HCV), dokter Anda mungkin akan meresepkan Sovaldi. Ini adalah obat resep yang digunakan pada orang dewasa dan beberapa anak untuk mengobati jenis HCV tertentu. Ini digunakan dengan obat lain yang juga mengobati HCV.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Sovaldi dan kegunaannya untuk HCV, lihat “Apakah Sovaldi digunakan untuk hepatitis C? ” bagian di bawah.

Dasar-dasar Sovaldi

Sovaldi mengandung bahan aktif sofosbuvir. (Bahan aktif inilah yang membuat obat bekerja.) Sovaldi tidak tersedia sebagai obat generik .

Sovaldi hadir sebagai tablet yang Anda telan. Ini juga tersedia sebagai pelet yang bisa Anda telan utuh atau taburkan di makanan.

Baca tentang penggunaan Sovaldi, efek samping, dan lainnya di bawah ini.

Apakah Sovaldi Digunakan Untuk Hepatitis C?

Sovaldi digunakan dengan ribavirin saja atau dengan ribavirin dan peginterferon untuk mengobati beberapa jenis virus hepatitis C kronis (HCV) .

Secara khusus, Sovaldi digunakan pada orang dewasa untuk mengobati HCV kronis yaitu genotipe 1, 2, 3, atau 4. (“Genotipe” berarti jenis virus tertentu.) Sovaldi juga digunakan pada anak-anak usia 3 tahun ke atas dengan HCV kronis itu genotipe 2 atau 3.

Untuk orang dewasa dan anak-anak, Sovaldi digunakan untuk mengobati HCV tanpa sirosis (jaringan parut hati) atau dengan sirosis yang tidak menimbulkan gejala.

Sovaldi mengobati hepatitis C dengan memblokir enzim (protein) yang dibutuhkan virus untuk membuat dirinya sendiri. Ini menurunkan jumlah HCV dalam tubuh Anda ke tingkat yang tidak dapat dideteksi dengan tes darah .

Tentang HCV Kronis

HCV adalah virus yang menyebabkan pembengkakan di hati. Seiring waktu, HCV dapat menyebabkan infeksi kronis (jangka panjang) di hati. HCV kronis dapat menyebabkan sirosis dan gagal hati .

Gejala HCV kronis dapat mencakup:

  • sakit perut
  • kencing gelap
  • kelelahan (energi rendah)
  • nafsu makan menurun
  • nyeri otot atau sendi
  • penurunan berat badan
  • penyakit kuning (menguningnya kulit atau bagian putih mata Anda)

Apa Efek Samping Sovaldi?

Seperti kebanyakan obat, Sovaldi dapat menyebabkan efek samping ringan atau serius. Daftar di bawah ini menjelaskan beberapa efek samping yang lebih umum. Daftar ini tidak mencakup semua kemungkinan efek samping.

Ingatlah bahwa efek samping obat dapat bergantung pada usia Anda, kondisi kesehatan lain yang Anda miliki, dan obat lain yang Anda konsumsi. Misalnya, efek samping Sovaldi dapat bervariasi tergantung pada apakah Anda meminumnya dengan ribavirin saja atau dengan ribavirin dan peginterferon.

Dokter atau apoteker Anda dapat memberi tahu Anda lebih banyak tentang potensi efek samping Sovaldi. Mereka juga dapat menyarankan cara untuk membantu mengurangi efek samping.

Efek Samping Ringan

Berikut adalah daftar singkat dari beberapa sampingan efek ringan yang dapat disebabkan oleh Sovaldi. Untuk mempelajari tentang efek samping ringan lainnya, dengan hasil dokter atau apoteker Anda, atau baca informasi peresepan Sovaldi .

Efek sampingan Sovaldi bila dikonsumsi dengan ribavirin saja meliputi:

  • sakit kepala
  • kelelahan (energi rendah)

Efek sampingan Sovaldi saat dikonsumsi dengan ribavirin dan peginterferon meliputi:

  • insomnia (sulit tidur)
  • kelelahan
  • mual
  • sakit kepala

Efek samping dari banyak obat dapat hilang dalam beberapa hari hingga beberapa minggu. Tetapi jika mereka mengganggu, datanglah kepada dokter atau apoteker Anda.

Efek Samping Yang Serius

Efek samping dari Sovaldi dapat terjadi, tetapi tidak umum. Jika Anda memiliki efek samping yang serius dari Sovaldi, hubungi dokter Anda segera. Tetapi jika Anda merasa mengalami keadaan darurat medis, Anda harus menelepon 911 (atau nomor darurat) atau pergi ke ruang darurat terdekat.

Efek samping yang serius dari Sovaldi bila dikonsumsi dengan ribavirin saja atau dengan ribavirin dan peginterferon meliputi:

  • anemia (rendahnya kadar sel darah merah)
  • detak jantung lambat
  • kotak peringatan: aktivasi ulang virus hepatitis B*
  • reaksi alergi

Berapa Dosis Sovaldi?

Dokter Anda akan merekomendasikan dosis Sovaldi yang tepat untuk Anda. Di bawah ini adalah dosis yang umum digunakan, tetapi selalu gunakan dosis yang ditentukan oleh dokter Anda.

Bentuk dan Kekuatan

Sovaldi hadir sebagai tablet yang Anda telan. Ini juga tersedia sebagai pelet yang bisa Anda telan utuh atau taburkan di makanan.

Tablet Sovaldi datang dalam dua kekuatan: 400 miligram (mg) dan 200 mg. Pelet oral juga datang dalam dua kekuatan: 200 mg dan 150 mg.

Dosis Yang Pasti

Sovaldi Dosis yang diresepkan dokter untuk Anda akan bersandar pada genotipe (strain) virus hepatitis C (HCV) yang Anda miliki. Ini mungkin juga tergantung pada faktor lain, seperti jika Anda menderita kanker hati dan sedang menunggu transplantasi hati.

Untuk anak-anak, dosis Sovaldi mereka tergantung pada jenis HCV yang mereka miliki dan berat badan mereka. Dokter anak Anda akan menentukan dosis yang seharusnya.

Anda akan mengambil Sovaldi sekali sehari. Anda bisa meminumnya dengan atau tanpa makanan. Anda dapat mengambil Sovaldi kapan saja, tetapi coba untuk meminumnya pada waktu yang sama setiap hari. Ini membantu menjaga tingkat obat yang konsisten dalam tubuh Anda. Anda biasanya akan meminumnya bersamaan dengan obat lain dalam rejimen pengobatan Anda, seperti ribavirin dan peginterferon.

Pertanyaan Tentang Dosis Sovaldi

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan umum tentang dosis Sovaldi.

  • Bagaimana Jika Saya melewatkan satu dosis Sovaldi? Jika Anda melewatkan satu dosis Sovaldi, minumlah segera setelah Anda ingat. Tetapi jika sudah tepat waktunya untuk dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan minum dosis berikutnya pada waktu yang biasa. Anda tidak harus mengambil dua dosis Sovaldi sekaligus. melakukan hal itu dapat meningkatkan risiko efek samping Anda.
  • Apakah saya perlu menggunakan Sovaldi dalam jangka panjang? Tidak, Sovaldi biasanya digunakan jangka pendek. Dokter Anda akan meresepkan Sovaldi selama 12 minggu atau 24 minggu, tergantung pada genotipe (strain) HCV yang Anda miliki dan riwayat kesehatan Anda. Orang dengan kanker hati yang sedang menunggu transplantasi hati dapat menggunakan Sovaldi selama 48 minggu.
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan Sovaldi untuk bekerja? Sovaldi mulai bekerja tepat setelah Anda mengambil dosis pertama Anda. Beberapa orang mungkin mengalami gejala hepatitis yang mereda setelah hanya beberapa hari atau minggu minum obat. Tetapi bahkan jika Anda melihat gejala Anda berkurang, penting untuk tetap menggunakan Sovaldi selama dokter Anda meresepkannya.