5 Cara Mengistirahatkan dan Menyegarkan Otak Anda

Memprioritaskan kesehatan mental Anda harus berada di urutan teratas daftar hidup sehat Anda di samping tujuan kesehatan Anda yang lain. Sama seperti Anda akan berlibur untuk melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari, otak Anda perlu istirahat secara teratur.

Seringkali, ketika Anda mengalami pasang surut kehidupan, Anda cenderung mengabaikan perawatan kesehatan mental Anda. Membiarkan otak Anda sering beristirahat telah terbukti meningkatkan motivasi, keterampilan membuat keputusan, dan memori serta pembelajaran Anda.

Untuk memanfaatkan otak yang cukup istirahat, berikut adalah beberapa cara untuk menyegarkan kesehatan mental Anda:

Prioritaskan tidur

Tidur adalah prioritas utama dalam hal mengatur ulang kesehatan mental Anda, tetapi itu sulit dipercaya ketika Anda mempertimbangkan bahwa satu dari tiga orang dewasa tidak cukup tidur setiap malam.

Mulailah dengan memprioritaskan tujuh hingga sembilan jam tidur yang sehat di malam hari. Jaga lingkungan tidur Anda sejuk dan gelap dengan menutup jendela dan menggunakan masker mata, jika perlu, untuk membantu Anda tertidur lebih cepat.

Mulai sesuatu yang baru

Kebanyakan orang tidak menyukai perubahan tetapi mengubah rutinitas Anda atau memperkenalkan sesuatu yang baru dalam hidup Anda dapat memberi otak Anda penyegaran yang dibutuhkan untuk berfungsi secara memadai. Otak Anda sangat menyukai pola sehingga dapat terbiasa dengan rutinitas yang sama dari waktu ke waktu. Jadi, jika Anda ingin memberikan dorongan atau tantangan baru pada otak Anda, mulailah dengan menambahkan sesuatu yang baru dalam hidup Anda .

Anda dapat mencoba rutinitas olahraga baru, teka-teki baru, menambahkan hobi baru ke daftar tugas Anda, atau bahkan mengadopsi anjing . Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman Anda ketika mencari sesuatu yang baru untuk dicoba.

Pikiran pikiranmu

Mungkin sulit untuk melambat akhir-akhir ini, tetapi meluangkan waktu untuk melatih kesadaran , mencatat pikiran Anda, dan berlatih meditasi adalah cara yang bermanfaat untuk memulihkan kesehatan mental Anda.

Luangkan waktu untuk memperhatikan indra Anda, mengenali emosi Anda, mencabut koneksi dari media sosial, dan memiliki waktu tenang untuk diri sendiri tanpa gangguan, meskipun hanya sepuluh menit sehari.

Dapatkan udara segar setiap hari

Terkadang kunci kebahagiaan terletak pada hal-hal sederhana, seperti alam bebas. Penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan hanya 20 menit di luar setiap hari dapat meningkatkan kesejahteraan mental Anda. Selain itu, menghirup udara segar dapat membantu meningkatkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi dan fokus .

Biarkan diri Anda membuang otak

Sebuah otak dump adalah praktek menuliskan semua pikiran Anda, kecemasan, pertanyaan, kebutuhan ingin, hal-hal pada Anda to-do list, dan segala sesuatu yang ada di pikiran Anda, dan kemudian reorganisasi mereka ke dalam pikiran kohesif. Tempat pembuangan otak dimaksudkan untuk memberikan kejernihan pikiran, mengatur pikiran, dan membantu Anda mendapatkan kembali kendali atas hidup Anda lagi.