Analisa STP pada produk OREO

posted by khoiru arrijal
Oct 22

TUGAS TERSTRUKTUR MATA KULIAH

MANAJEMEN PEMASARAN

“Analisa STP (Segmenting, Targeting and Positioning) pada Produk OREO”

                                                     KHOIRU ARRIJAL                                                                              115100300111016

Dosen pengampu : Ika Atsari Dewi, STP.MP

 

 

 

LABORATORIUM MANAJEMEN AGROINDUSTRI

JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

MALANG

2012


Data Diri

 

Nama                    : Khoiru Arrijal

NIM                       : 115100300111016

Kelas                     : I

Jurusan                : Teknologi Industri Pertanian

Fakultas               : Teknologi Pertanian


ANALISA STP (SEGMENTING, TERGETING , POSITIONING) PRODUK OREO

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Market Segmentation

Pasar apapun bentuknya akan terdiri dari banyak pelanggan yang berpencar dan beraneka ragam dalam tuntutan pembeliannya. Oleh karena itu tidak ada satupun produsen yang dapat melayani atau memenuhi semua tuntutan pelanggan. Produsen harus mengarahkan program pemasarannya  hanya pada pelanggan yang memang menjadi bidikan sasaran pemasarannya, untuk itu produsen harus melakukan segmentasi pasar bagi produknya.  Segmentasi pasar adalah proses  pemilahan atau pembagian pasar ke dalam beberapa kelompok pelanggan (sub-market) yang memiliki karakteristik sama  dalam kebutuhan dan sikap, dan diharapkan akan memberikan respon yang sama terhadap penawaran yang disampaikan. Dengan melakukan segmentasi pasar produsen akan lebih tepat dalam mengarahkan program pemasarannya secara lebih efektif. Produk oreo ini manglakuakn strategi diferensiasi kemasan sebagai metode penerapan market segmentation. Biscuit oreo mengeluarkan  produk dengan kemasan yang berlabel harga Rp 300 dan Rp 1000. Hal ini dilakukan agar produk oreo dapat menembua warung-warung kecil di pelosok perkotaan dan pedesaaan., karena selama ini akibat harga yang lumayan mahal, oreo hanya sering kali ditemukan di toko atau swalayan.

  1. Targeting

Dalam melakukan pemasaran kita juga harus menentukan target produk yang akan kita pasarkan. Dalam hal ini produk oreo memilih target pasar konsumen dengan latar belakang keluarga yang bahagia. Hal ini dilakukan agar setiap orang dari berbagai tingkat ekonomi dapat menikmati produk yang enak, serta berkualitas. dengan target pasar yang demikian, diharapkan produk Oreo dapat menjadi pilihan dari semua orang yang ingin menikmati biscuit yang berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.

  1. Analisa Positioning

Dalam pemasaran, positioning adalah cara yang dilakukan oleh marketer untuk membangun citra atau identitas di benak konsumen untuk produk, merek atau lembaga tertentu. Positioning adalah membangun persepsi relatif satu produk dibanding produk lain. Kemampuan untuk mengidentifikasi peluang positioning merupakan ujian yang berat bagi seorang marketer. Keberhasilan satu positioning biasanya berakar pada berapa lama produk tersebut mempunyai keunggulan bersaing. Beberapa hal mendasar dalam membangun strategi positioning satu produk antara lain : positioning pada fitur spesifikasi produk, positioning pada spesifikasi penggunaan produk, positioning pada frekuensi penggunaan produk, positioning pada alasan mengapa memilih produk tersebut dibanding pesaing, positioning melawan produk pesaing, positioning dengan melakukan pemisahan kelas produk, dan positioning dengan menggunakan simbol budaya/kultur. Tulisan ini akan membahas brand positioning sebuah brand biscuit yang sudah lama beroperasi. OREO.

PT kraft Food sebagai pemilik brand market produk Oreo melakukan strategi positioning produknya sebagai berikut.

  1. Oreo mengkomunikasikan kepada masyarakat bahwa produk yang di buatnya berdasarkan standar mutu yang sangat ketat, diolah dengan bahan pilihan sehingga biscuit oreo merupakan biscuit yang berkualitas dan menyehatkan bagi keluarga.
  2. Oreo senantiasa menjaga agar komunikasi pemasaran mereka tetap konsisten, hal ini dilakukan dengan cara melakukan iklan secara berkala di media massa.
  3. Brand oreo terus menjaga kepribadian produknya nya sebagai biscuit anak yang menyehatkan dan menyenangkan.

atau bisa di download

Categories: Document


Leave a Reply

*