FAPET

Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya (UB) yang berada di kota Malang, Jawa Timur, didirikan pada tanggal 5 Januari 1963 dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor: 196 tahun 1963 tertanggal 23 September 1963.

Universitas Brawijaya semula berstatus swasta, dengan embrio yang ada sejak tahun 1957, yaitu berupa 2 fakultas yaitu : Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi yang merupakan cabang Universitas Swasta Sawerigading, Makasar (Ujung Pandang). Kedua fakultastersebut perkembangannya nampak kurang menggembirakan, sehingga di kalangan mahasiswa timbul keresahan.

Beberapa orang tokoh mahasiswa yang menyadari hal ini kemudian mengadakan pendekatan-pendekatan kepada para pemuka masyarakat. Akhirnya, pada suatu pertemuan yang mereka lakukan di Balai Kota Malang pada tanggal 10 Mei 1957, tercetus gagasan untuk mendirikan sebuah Universitas Kotapraja (Gemeentelijke Universitas) yang diharapkan lebih dapat menjamin masa depan para mahasiswa.

Sebagai langkah pertama pendirian UB, dibentuklah Yayasan Perguruan Tinggi Malang pada tanggal 28 Mei 1957. Yayasan tersebutkemudian membuka Perguruan Tinggi Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (PTHPM) pada tanggal 1 Juli 1957. Mahasiswa dan dosen PTHPM terdiri atas mahasiswa dan dosen Fakultas Hukum Universitas Sawerigading. Pada waktu yang bersamaan, pada tanggal 15 Agustus 1957 sebuah Yayasan lain, yakni Yayasan Perguruan Tinggi Ekonomi Malang mendirikan Perguruan Tinggi Ekonomi Malang (PTEM). Pada perkembangan berikutnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kotapraja Malang dengan sebuah keputusannya tertanggal 19 Juli 1958 mengakui PTHPM sebagai milik Kotapraja Malang. Pada peringatan Dies Natalis ke III PTHPM tanggal 1 Juli 1960, diresmikan nama Universitas Kotapraja Malang. Universitas Kotapraja kemudian mendirikan Fakultas Administrasi Niaga  pada tanggal 10 November 1960.

Pada acara Peringatan Dies Natalis pertama nama Universitas Kotapraja Malang diganti menjadi Universitas Brawijaya sesuai dengan  kawat Presiden Republik Indonesia Nomor: 258/K/1961 tanggal 11 Juli 1961.

Selanjutnya pada tanggal 3 Oktober 1961 diadakan penggabungan antara Yayasan Perguruan Tinggi Ekonomi Malang yang mengasuh PTEM ke dalam sebuah yayasan baru yang bernama Yayasan Universitas Malang. Dengan demikian UB memiliki 4 buah fakultas, yakni Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (FHPM) yang semula PTHPM, Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Administrasi Niaga (FAN) dan Fakultas Pertanian (FP). Penggabungan tersebut adalah salah satu usaha yang harus ditempuh untuk memperoleh status negeri bagi UB, karena sebelum itu walaupun diakui sebagai milik Kotapraja Malang, semua pembiayaan Universitas masih menjadi tanggung jawab Yayasan. Guna memenuhi syarat penegerian, maka pada tanggal 26 Oktober 1961 Universitas Brawijaya mendirikan sebuah Fakultas  baru yaitu Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP).

Usaha yang dirintis selama beberapa tahun tersebut akhirnya menemui titik terang. Dalam sebuah pertemuan antara Panglima Daerah Militer VIII Brawijaya, President Universitas Brawijaya, President Universitas Tawangalun (Jember) serta Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan pada tanggal 7 Juli 1962, kemudian Menteri PTIP menyanggupi untuk menegerikan Universitas Brawijaya secara bertahap, yang akan dinegerikan pertama adalah fakultas-fakultas eksakta, sedangkan fakultas sosial dalam pertimbangan.

Dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor : 92 tertanggal 1 Agustus 1962 Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan diberi status negeri, terhitung mulai tanggal 1 Juli 1962 dan berada di bawah naungan Universitas Airlangga. Tanggal 30 September 1962, Fakultas Administrasi Niaga diubah  menjadi Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan (FKK), untuk menyesuaikan diri dengan Undang-Undang Perguruan Tinggi Nomor 22 Tahun 1961. Tanggal 28 Oktober 1961 dibuka sebuah Perguruan Tinggi Jurusan Perikanan Laut oleh Yayasan Pendidikan Tinggi di Probolinggo. Jurusan tersebut kemudian menjadi salah satu jurusan dari Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan, berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 163 tahun 1963 tanggal 25 Mei 1963.

Tanggal 5 Januari 1963, UB dengan seluruh fakultasnya dinegerikan dengan Keputusan Menteri PTIP Nomor 1 tahun 1963. Fakultas Pertanian serta Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan yang semula berada di bawah naungan Universitas Airlangga dikembalikan ke Universitas Brawijaya. Surat Keputusan Menteri PTIP tentang pengertian itu telah dikukuhkan dengan Keputusan President Republik Indonesia Nomor 196 tahun 1963 yang berlaku sejak tanggal 5 Januari 1963 dan tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari lahir (Dies Natalis) UB.

Sejak tanggal 3 Februari 1972, Perguruan Tinggi Jurusan Perikanan Laut Probolinggo bergabung dengan FKHP, UB sebagai Jurusan Perikanan melalui SK Rektor Nomor 229/Pend.5/25-72. Sementara pada akhir tahun 1970 didirikan Jurusan Kedokteran Hewan sehingga terdapat tiga Jurusan yaitu Jurusan Peternakan, Kedokteran Hewan dan Perikanan. Jurusan Kedokteran Hewan akhirnya bergabung dengan Universitas Airlangga di Surabaya terhitung mulai bulan Agustus 1972 hingga sekarang.

Dalam perkembangan berikutnya, Jurusan Perikanan di Probolinggo secara bertahap dipindahkan ke Malang untuk memudahkan administrasi pelaksanaan serta kemungkinan pengembangannya. Berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0220/B/1973 tanggal 3 Desember 1973, nama FKHP berubah menjadi Fakultas Peternakan (FAPET) terhitung mulai tanggal 1 Januari 1973. Melalui SK Rektor Universitas Brawijaya No. 51/Sk/77 tanggal 5 Juli 1977 nama Fakultas Peternakan UB. Dalam perkembangan selanjutnya pada tanggal 13 Mei 1983 Jurusan Perikanan memperoleh status sebagai Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 39249/I/1983 sehingga  FPP UB tinggal memiliki satu jurusan yaitu Jurusan Peternakan. Melalui SK Presiden Republik Indonesia Nomor 59 tahun 1982 tanggal 7 September 1982, nama FPP diubah kembali menjadi Fakultas Peternakan (FAPET).

Tahun 1984, melalui SK Dirjen Dikti Nomor 118/Dikti/Kep./1984 Fakultas Peternakan UB diizinkan untuk menyelenggarakan dua jurusan yaitu Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak dan Jurusan Produksi Ternak serta tiga Program Studi bernaung di bawah Dekan yaitu: Program Studi Reproduksi dan Pemilaan Ternak, Program Studi Teknologi Hasil Ternak serta Program Studi Sosial Ekonomi Peternakan. Selanjutnya berdasarkan dari Surat Dirjen Dikti Nomor 225/Dikti/Kep/1996, maka program studi yang ada di Fakultas Peternakan menjadi empat yaitu: Program Studi Produksi Ternak, Program Studi Nutrisi dan Makanan Ternak, Program Studi Teknologi Hasil Ternak, dan Program Studi Sosial Ekonomi Peternakan.

Dalam rangka menghadapi tuntutan perubahan dan dunia kerja bagi lulusannya, maka perguruan tinggi harus bisa menyesuaikan diri, sehingga diperlukan perubahan-perubahan baik yang sifatnya kelembagaan maupun kurikulumnya. Oleh karena itu sesuai dengan statusnya dan dalam rangka menuju fakultas riset maka diperlukan penataan kelembagaan serta program pendidikan yang paling sesuai dalam menghadapi kompleksitas masalah khususnya di bidang pendidikan. Program pendidikan tersebut hendaknya mampu mencakup pengetahuan dari hulu sampai hilir baik yang terkait dengan budidaya, teknologi, agribisnis, perilaku sosial masyarakat.

Pada perkembangannya lulusan yang dihasilkan dari masing-masing Program Studi dirasa mempunyai keilmuan yang terlalu spesifik oleh pengguna lulusan (Stakeholders), maka penguasaan dalam bidang peternakan secara menyeluruh seringkali terlihat sangat lemah. Banyak masukan agar lulusan Fakultas Peternakan UB merupakan sarjana yang “Generalis”. Oleh karena itu Kurikulum Berbasis Kompetensi yang disusun   sebagai bagian dari proses penyatuan program Studi yang diberi nama “Program Studi Peternakan” yang ditetapkan beradasarkan SK Dirjen Dikti No. 0034/D2.2 /2008. Pada tahun 2012 Program Studi Peternakan mendapatkan Akreditasi A dari BAN PT,dan ditahun yang sama Program S2 Ilmu Ternak menyusul mendapat akreditasi A serta awal tahun 2013 Program Doktor Ilmu Ternak juga mendapat akreditasi A.

VISI

Menjadi institusi terkemuka di bidang peternakan berbasis sumberdaya lokal di tingkat nasional maupun internasional.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu dan teknologi industri peternakan yang efektif dan efisien pada berbagai strata pendidikan melalui penyajian kurikulum berbasis kompetensi
  2. Menyelenggarakan pengkajian, penelitian, dan pengembangan ilmu dan teknologi industri peternakan yang adaptif, relevan dan kompetitif
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara proaktif melalui penyebaran dan penerapan ilmu dan teknologi industri peternakan sesuai dan kebutuhan masyarakat peternakan secara berkelanjutan.

    Fakultas Peternakan Universitas Brawaijaya sebagai lembaga pendidikan tinggi mempunyai tujuan sebagai berikut :

    1. Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki keunggulan dalam pengembangan dan penerapan ilmu dan teknologi industri peternakan yang berjiwa entrepreneur.
    2. Mengembangkan penelitian yang relevan dan menerapkan ilmu dan teknologi industri peternakan berbasis sumberdaya lokal.
    3. Menjalin kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang peternakan.

      Dosen

      No. Nama Dosen Tetap NIDN** Tgl. Lahir Jabatan Akademik***
      1 Prof.DR.,Ir. Achmanu 28054003 28/05/1940 Guru Besar
      2 Prof.DR.Ir. Soebarinoto 27054204 27/05/1942 Guru Besar
      3 Prof.DR.Ir.Hari Purnomo,M.App.Sc 20114306 20/11/1943 Guru Besar
      4 Ir. Sarwiyono,M.Agr.St 10104911 04/05/1944 Lektor Kepala
      5 Ir.Drs.Moch.Imam Tj. ,MS 8094602 09/08/1946 Lektor Kepala
      6 Prof.DR.Drh.Pratiwi Trisunuwati,MS 15064806 15/06/1948 Guru Besar
      7 Ir. Bambang SP., MS 22104806 22/10/1948 Lektor Kepala
      8 Ir. Siti Rochani A 2064905 06/02/1949 Lektor
      9 Ir. Siti Fatimah, MS 15114905 15/11/1949 Lektor
      10 DR.Ir. Nuryadi, MS 23055004 23/05/1950 Lektor Kepala
      11 Prof.DR.Ir.Luqman Hakim,MS 13125003 13/12/1950 Guru Besar
      12 Ir. Endang Setyowati, MS 6115205 11/06/1952 Lektor Kepala
      13 Ir.Hary Nugroho, MS 7115203 11/07/1952 Lektor Kepala
      14 Prof.DR.Ir.Hendrawan S.,M.Rur,Sc 2065303 06/01/1953 Guru Besar
      15 Prof.Dr.Ir..M.Nur Ihsan, MS 12065308 06/12/1953 Guru Besar
      16 Ir. Herni Sudarwati, MS 27025404 27/02/1954 Lektor Kepala
      17 Dr.Ir. Moch. Junus, MS 2035505 05/02/1955 Lektor Kepala
      18 Prof.DR.Ir. Siti Chuzaemi, MS 14055303 14/05/1955 Guru Besar
      19 Ir. Moch. Nasich, MS 6115505 11/06/1955 Lektor Kepala
      20 Ir. Trianti DJ., M.Agr.St 3075502 03/07/1955 Lektor
      21 Prof.DR.Ir. Woro Busono, MS 3045610 04/03/1956 Guru Besar
      22 Prof.Dr.Ir.Hartutik,MP 3065604 06/03/1956 Guru Besar
      23 Prof.Ir. Ifar Subagiyo, M.Agr.St.PhD 15045604 15/04/1956 Guru Besar
      24 Dr.Ir. Sucik Maylinda,MS 28095604 28/09/1956 Lektor Kepala
      25 Drh.Masdiana CH.P. M.App.Sc 10025608 02/10/1956 Lektor
      26 Ir. Muharlien, MP 5125704 12/05/1957 Lektor Kepala
      27 Ir. Edhy Sudjarwo, MS 29065704 29/06/1957 Lektor Kepala
      28 Ir. Agus Budiarto, MS 25085711 25/08/1957 Lektor Kepala
      29 Dr.Ir. Puguh Surjowardojo,MP 16125706 16/12/1957 Lektor Kepala
      30 Ir. Mustakim, MP 4065812 06/04/1958 Lektor
      31 Ir.MB. Haryono, MS 7045805 04/07/1958 Lektor Kepala
      32 Ir. Suprih Bambang S., MS 10065808 06/10/1958 Lektor Kepala
      33 Ir. Umi Wisaptiningsih, MS 15105606 15/10/1958 Lektor Kepala
      34 Ir. Tri Eko Susilorini., MP 11075810 07/11/1958 Lektor Kepala
      35 Ir. Kuswati,MS 11075809 07/11/1958 Lektor
      36 Prof.DR.Ir. Zaenal Fanani, MS 15064806 12/12/1958 Guru Besar
      37 DR.Ir.Lilik Eka Radiati,MS 23085911 08/03/1959 Lektor Kepala
      38 Drh. Rositawati Indrati,MP 29055913 29/05/1959 Lektor
      39 Prof.Dr.Ir. Kusmartono 6045908 04/06/1959 Guru Besar
      40 Ir. Nur Cholis, MSi 26065908 26/06/1959 Lektor
      41 Ir. Manik Eirry Sawitri, MS 7095906 09/07/1959 Lektor Kepala
      42 DR.Ir. Djalal Rosyidi, MS 27095910 27/09/1959 Lektor Kepala
      43 Ir. Imam Thohari, MP 11025907 02/11/1959 Lektor Kepala
      44 Prof. Dr.Ir. Budi Hartono, MS 28016008 28/01/1960 Guru Besar
      45 Ir. Eny Sri Widiastuti, MP 2046007 04/02/1960 Lektor
      46 DR.Ir. Osfar Sjofjan,M.Sc 22046008 22/04/1960 Lektor Kepala
      47 Dr.Ir. Purwadi, MS 16066007 16/06/1960 Lektor Kepala
      48 Ir. Aris Sri Widati, MS 12096008 21/09/1960 Lektor Kepala
      49 DR.Ir. Gatot. Ciptadi, DESS 12056010 05/12/1960 Lektor Kepala
      50 Dr.Ir. Sri Minarti, MP 22016107 22/01/1961 Lektor
      51 DR.Ir.Bambang Ali,MS.DAA. 14046111 14/04/1961 Lektor Kepala
      52 Ir. Mashudi, M.Agr.Sc 19056108 19/05/1961 Lektor Kepala
      53 Ir. Priyo Sugeng Winarto, MA 28076107 28/07/1961 Lektor
      54 Ir. Irdaf, M.Si. 8046109 04/08/1961 Lektor Kepala
      55 Ir. Hari Dwi Utami, MS,PhD 11036117 03/11/1961 Lektor
      56 Ir. Hermanto, MP 11056106 05/11/1961 Lektor Kepala
      57 Prof. DR.Ir. Suyadi, MS 3046208 04/03/1962 Guru Besar
      58 Ir. Hanif Eko Sulistyo,MP 6016207 01/06/1962 Lektor
      59 Prof.DR.Ir. Trinil Susilawati., MS 12116210 11/12/1962 Guru Besar
      60 Ir. Eko Widodo, M.Agr.Sc.,M.Sc.,PhD 2106307 10/02/1963 Lektor Kepala
      61 Ir. Siti Nurul Kamaliyah., MP 4046314 04/04/1963 Lektor
      62 Dr.Ir. Mardjuki, M.Sc 4066311 06/04/1963 Lektor
      63 Ir. Ita Wahyu Nursita., M.Sc 8056308 05/08/1963 Asisten Ahli
      64 DR.Ir.V.M. Ani Nugihartiningsih,M.Sc 23066406 23/06/1964 Lektor Kepala
      65 DR.Ir.Sri Wahyuningsih, M.Si 10016408 01/10/1964 Lektor Kepala
      66 Ir. Irfan H. Djunaidi, M.Sc 27066506 27/06/1965 Lektor
      67 DR.Ir. Nurul Isnaini, MP 6036607 03/06/1966 Lektor Kepala
      68 Abdul Manab, SPt.MP 28087005 28/08/1970 Lektor Kepala
      69 M. Halim Natsir, S.Pt. MP 24127105 24/12/1971 Lektor Kepala
      70 Agus Susilo,S.Pt,MP 20087304 20/08/1973 Lektor
      71 Khotibul Umam Al. A. S.Pt. MP 14037402 14/03/1974 Lektor
      72 Dedes Amertaningtyas, SPt.,MP 30047407 30/04/1974 Asisten Ahli
      73 Heli Tistiana, SPt.MP 26087406 26/08/1974 Asisten Ahli
      74 Herly Evanuarini, SPt.,MP 10017506 10/01/1975 Asisten Ahli
      75 Siti Azizah, S.Pt.M.Sos.M.Commun 12067508 06/12/1975 Lektor
      76 Adelina Ari Hamiyanti 21027502 21/02/1976 Asisten Ahli
      77 Achadiah Rachmawati, S.Pt.M.Si 11047602 04/11/1976 Asisten Ahli
      78 Artharini Irsyammawati, S. Pt 16107702 16/10/1977 Asisten Ahli
      79 Heni Setyo Prayogi, S. Pt 26027802 26/02/1978 Asisten Ahli
      80 Rini Dwi wahyuni, S. Pt 6048001 06/04/1980 Asisten Ahli
      81 Eko Nugroho, S. Pt,MSc 14058002 14/05/1980 Asisten Ahli
      82 Anie Eka Kusumastutie, S. Pt 29058003 29/05/1980 Asisten Ahli
      83 Irida Novianti, S. Pt. 24118102 24/11/1981 Asisten Ahli
      84 Rizki Prafitri, S. Pt 15078201 15/07/1982 Asisten Ahli