enterpereneur

Empat Pengusaha Muda Sukses dari Afrika

Pengusaha muda asal Afrika yang telah berhasil mereguk kesuskesan ini membuktikan tak cuma golongan berumur yang harus menjadi orang kaya. Memulai usaha dari nol, resign dari pekerjaannya dan mendirikan perusahaan, serta tak lulus kuliah adalah sebagian kisah mereka. Seperti dilansir dari Forbes, Selasa (16/7/2013), berikut ini sejumlah pengusaha muda Afrika yang berusia di bawah 39 tahun dan sudah berhasil menjadi miliarder.

1. Patcik Ngowi (Tanzania)

Pria berusia 28 tahun ini merupakan pendiri helvetic Solar, perusahaan energi terbarukan di Afrika Timur. Perusahaan ini menangani pembangunan, suplai, instalasi dan maintenance dari pembangkit listrik tenaga air juga solar di Afrika Timur.

2. Ken Njoroge (Kenya)

Pria berusia 37 tahun ini adalah founder dari Cellulant, perusahaan mobile commerce yang menjadi pemimpin pasar. Perusahaan ini mengurus, mengirim dan menagih untuk transaksionline yang terjadi. Cellulant juga menyajikan mobile banking, mobile payment, music, dan layanan mobile lainnya.

3. Colin Thornton (Afrika Selatan)

Pada tahun 1998, saat usianya baru 20 tahun, dia di-drop out dari University of Witwatersrand, ketika tengah mengejar gelar BSc untuk Ilmu Komputer. Dia lalu mengumpulkan sekira USD1.000 dari teman dan keluarganya untuk mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang jual beli komputer. Saat ini, perusahaannya, Dial A Ners, menjadi perusahaan yang menyuplai komputer untuk individu dan perusahaan. Perusahaan tersebut mencetak penjualan sampai USD10 juta, memiliki 14 kantor cabang dan 150 staf.

4. Alan Knott Craig Jr (Afrika Selatan)

Pengusaha asal 36 tahun ini merupakan founder World of Avatar, perusahaan invetasi yang mengakuisisi MXit dari Herman Heunis dan Naspers senilai USD50 juta pada Agustus 2011. Alan juga dinobatkan sebagai 2009 World Economic Forum Young Global Leader. (bn)