EKONOMI DUNIA : Harga minyak dunia naik terdorong impor China

Harga minyak dunia naik terdorong impor China

Rabu,  26 Maret 2014  −  13:47 WIB

Harga minyak di Asia naik terdongkrak data AS

Sindonews.com – Harga minyak mentah di perdagangan global hari ini naik, setelah data impor China lebih dari jumlah bulan lalu.

Kontrak utama New York, minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei, naik 36 sen menjadi USD99,96 per barel. Sementara minyak mentah Brent North Sea untuk Mei, naik 30 sen menjadi USD107,11 per barel.

“Fokus saat ini ada pada persediaan menyusul berita semalam bahwa persediaan minyak mentah China naik ke level tertinggi pada Februari setelah dua bulan mencatat rekor impor,” ujar analis Bank Saxo, Ole Hansen, seperti dilansir dari Xin MSN, Selasa (25/3/2014).

Di sisi lain, Administrasi Informasi Energi (IEA) AS diperkirakan akan melaporkan cadangan minyak mentah Amerika meningkat untuk data pekan kemarin. Hal itu menjadi sinyal melemahnya permintaan konsumen minyak mentah terbesar di dunia tersebut.

Minyak mentah berjangka juga naik setelah pengiriman minyak utama Amerika Serikat ditutup akibat tabrakan yang mengakibatkan tumpahan minyak.

Kenny Kan, analis CMC Markets Singapura mengatakan, penutupan sementara pengiriman rute Houston telah mengangkat harga WTI.

Seperti diketahui, The Houston Ship Channel ditutup setelah peristiwa tabrakan pada akhir pekan antara perahu tongkang dengan kapal yang mengakibatkan tumpahan bahan bakar minyak sekitar 168.000 galon (636.000 liter) di Selat Malaka. Penutupan mengganggu pasokan ke kilang Gulf Coast, AS.

Dalam komentar pasarnya, Kan menyebutkan, penutupan sementara pengiriman tidak memiliki dampak nyata pada laporan persediaan minyak mentah pekan ini, yang telah menyebabkan banyak volatilitas.

 

(dmd)

http://ekbis.sindonews.com/read/2014/03/25/35/847643/harga-minyak-dunia-naik-terdorong-impor-china