EKONOMI DUNIA : Harga minyak di Asia naik terdongkrak data AS

Harga minyak di Asia naik terdongkrak data AS

Rabu,  26 Maret 2014  −  13:47 WIB

Harga minyak di Asia naik terdongkrak data AS

Sindonews.com – Harga minyak di perdagangan Asia hari ini naik,  karena data indeks kepercayaan konsumen Amerika Serikat (AS) berada di level tertinggi dalam enam tahun.

Kontrak utama New York, minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei, naik 21 sen menjadi USD99,40 per barel pada perdagangan sore. Sementara minyak mentah Brent North Sea untuk Mei naik 23 sen menjadi USD107,22  per barel.

Indeks Conference Board’s AS untuk kepercayaan pada Maret datang di angka 82,3 poin – tertinggi sejak Januari 2008 – dari 78,3 poin pada Februari, jauh lebih baik dari perkiraan sebelumnya sebesar 78,9 poin.

Indeks menunjukkan bahwa konsumen Amerika lebih percaya diri atas prospek ekonomi terbesar di dunia tersebut, yang juga akan menjadi pertanda baik terhadap permintaan energi.

“Kepercayaan konsumen di AS naik ke level tertinggi dalam enam tahun pada Maret sebagai tanda bahwa ekonomi Amerika lebih optimis di saat mendekati musim semi,” kata Phillip Futures dalam sebuah komentar pasar, seperti dilansir dari Economic Times, Rabu (26/3/2014).

Pasar juga mengawasi laporan data stok energi AS yang akan dirilis pada Rabu waktu setempat, dengan analis memperkirakan terjadi kenaikan cadangan yang bisa menempatkan tekanan pada harga minyak.

Pergerakan lalu lintas di jalur minyak utama di Amerika Serikat melambat setelah terjadi tabrakan kapal di Selat Malaka.

Shailaja Nair, managing editor senior penyedia informasi pasar energi Platts menilai meskipun Houston Ship Channel dibuka kembali, gerakan kapal masih belum kembali normal, memperlambat pasokan ke kilang Gulf Coast, AS. “Jika kilang minyak tidak mengambil jumlah yang biasa, stok minyak mentah akan naik,” jelas Nair.

 

(dmd)

http://ekbis.sindonews.com/read/2014/03/25/35/847643/harga-minyak-dunia-naik-terdorong-impor-china