Kebiasaan Sehat Tapi Ada Keburukannya

Posted: 06/11/2013 10:00

Kebiasaan Sehat Tapi Ada Keburukannya

Liputan6.com, New York : Mengikuti aturan hidup sehat tampaknya sangat mudah dijalani. Seperti makan yang sehat, olahraga, cukup tidur, dan Anda pun menjadi orang yang sehat. Tapi, seringkali pilihan yang bermanfaat buat kesehatan bisa menyakiti Anda.

Berikut sejumlah kebiasaan yang tak terduga yang kelihatannya sehat tapi bisa membahayakan Anda seperti dikutip Fitnea, Rabu(6/11/2013).

1. Menggunakan pembersih tangan

Jika Anda menggunakan pembersih tangan setiap kali Anda kontak dengan dunia luar, Anda harus menjedakannya. Kecuali, Anda berada di sebuah tempat yang penuh kuman seperti rumah sakit, pilihan terbaik adalah sabun dan air.

Bila Anda tak dekat dengan wastafel, gel sanitasi pembersih tangan bisa membantu tapi pastikan selalu membaca labelnya.

Studi baru menunjukkan, pembersih mengandung triclosan bisa mempromosikan bakteri dan resistensi virus terhadap antibiotik. Sebaliknya, pilihlah merek yang mengandung setidaknya 55 persen alkohol yang akan membunuh 98 persen bakteri.

 

2.Langsung Sik

2. Menyikat gigi setelah makan

Segera menyikat gigi setelah makan mungkin seperti ide yang baik untuk menjaga kesehatan gigi Anda, tapi sebaiknya Anda menundanya.

Makanan bisa meninggalkan asam pada gigi Anda yang melemahkan enamel dan menyikat ketika enamel dalam keadaan melemah bisa menghancurkan enamel.

Untuk mengusir semua partikel makanan yang tersisa setelah makan, cukup kumur-kumur dengan air dan menyikat pada pagi hari dan malam.

Ketika Anda menyikat gigi, pastikan melakukannya dengan gerakan melingkar. Ini akan meningkatkan kemungkinan mengusir bakteri berbahaya antara gusi dan gigi. Di sisi lain menyikat bolak-balik atau naik dan turun bisa meninggalkan bakteri berbahaya, yang menyebabkan penyakit gusi.

3. Melewatkan makanan

Wanita memiliki kebiasan menabung kalori untuk hal-hal yang menyenangkan di kemudian hari. Ini tampaknya tak menjadi masalah selama Anda berhati-hati.

Sayangnya, ketika Anda tidak makan sarapan atau makan siang Anda mengembangkan hasrat dan mudah tersinggung yang bisa menyebabkan makan berlebihan di kemudian hari

4. Hanya minum air kemasan

Dengan minum air kemasan Anda mungkin berpikir bagus untuk tubuh karena menghindari air keran. Tapi, itu juga tidak benar.

Air botolan tidak mengandung flourida dan semakin banyak orang dewasa yang menderita kekurangan fluorida, yang menyebabkan kerusakan gigi. Sebaliknya, mengisi gelas Anda dengan air murni yang disaring akan membuat air Anda bebas dari kotoran umum yang ditemukan di air keran.

. Hanya kardio saat latihan

Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah tetap berlatih kardio, tapi jika Anda hanya melakukan kardio, tubuh Anda akan terbiasa dengan rutinitas tersebut dan hasilnya lemak yang terbakar sedikit.

Bertukarlah dengan beberapa latihan lainnya yang melibatkan latihan kekuatan yang berbeda dengan istirahat sebentar di antaranya agar menjaga detak jantung Anda saat berolahraga. Pastikan Anda membakar kalori yang banyak.