Business Communication through Social Media

November 29th, 2019

Komunikasi Bisnis

Pengertian komunikasi bisnis

Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan dan informasi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal.

Unsur – unsur dalam Komunikasi

  1. Komunikator, orang yang menyampaikan informasi
  2. Komunikan, orang yang menerima informasi
  3. Pesan (Message ), informasi yang disampaikan oleh komunikator kepada

Teknik Komunikasi Bisnis

  1. Komunikasi Verbal

Teknik ini digunakan untuk mendiskusikan sebuah gagasan atau ide, mengekspresikan opini, menjawab pesanan dan pendengar yang baik. Komunikasi verbal yang efektif yaitu tentang pesan yang disampaikan dapat diterima dan berani untuk mendapat sanggahan atau tanggapan terhadap pesan yang telah disampaikan.

Contoh komunikasi verbal :

  1. Rapat
  2. Telepon resmi
  3. Meeting proyek
  4. Presentasi
  5. Komunikasi Nonverbal

Menurut data laporan psikologi komunikasi bahwa lebih dari 90% pesan disampaikan melalui komunikasi non-verbal, yaitu 55% bahasa tubuh, 38% nada bicara, dan 7% adalah kata yang disampaikan, data ini menunjukkan bahwa bahasa tubuh adalah hal penting ketika berinteraksi dengan rekan bisnis.

Berkomunikasi menggunakan bahasa tubuh termasuk gerakan, gestur, dan postur, dan kontak mata merupakan hal penting dalam aspek komunikasi non-verbal. Kontak mata menunjukkan apakah kamu tertarik dengan apa yang di bicarakan dan di dengarkan, tetap menjaga durasi selama kontak mata, karena jika terlalu lama bisa menimbulkan arti agresivitas.

 

 

Tujuan Komunikasi Bisnis

  1. Memberi Informasi (informatif)

Tujuan pertama dalam komunikasi bisnis adalah memberikan informasi yang berkaitan dengan dunia bisnis kepada pihak lain.

2.      Melakukan Persuasi (persuasif)

kedua dari sebuah komunikasi bisnis adalah melakukan persuasi kepada pihak lain agar apa yang disampaikan dapat dipahami oleh audiens dengan baik dan benar. Hal ini sering dilakukan terutama yang berkaitan dengan negoisasi antara seseorang dengan orang laian dalam bisnis.

  1. Kolaborasi

Tujuan ketiga dalam komunikasi bisnis adalah melakukan kolaborasi atau kerjasama bisnis antara seseorang dengan orang lain. Melalui jalinan komunikasi bisnis, seseorang dapat dengan mudah melakukan kerjasama bisnis baik antara perusahaan dosmetik maupun dengan perusahaan asing.

Tahap komunikasi bisnis

  1. Ngobrol ( Penjajakan )
  2. Ngafe / entertain ( prospek )
  3. Lobi ( win win solution )
  4. Cash Back ( Viagra )

Peranan Sosial Media Dalam Bisnis

1. Media promosi

Promosi melalui media sosial bukan lagi hal yang baru. Baik bagi Anda, para pebisnis maupun bagi pengguna media sosial pada umumnya. Manfaat media sosial yang satu ini memang sudah dilakukan sejak lama, tetapi bukan berarti Anda terlambat melakukannya. Untuk menerapkan manfaat media sosial sebagai media sosial sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis Anda bukanlah hal yang terlambat dilakukan karena jumlah penggunanya kini semakin meluas

2. Melihat selera pasar

Salah satu manfaat dari media sosial bagi perkembangan bisnis yakni memberikan kemampuan untuk melihat selera pasar. Melalui kebiasaan yang pelanggan Anda lakukan di media sosial, dapat terlihat bagaimana selera mereka berubah seiring dengan perkembangan waktu. Bahkan, tanggapan pelanggan atau masyarakat terhadap sesuatu yang baru ini pun dapat Anda lihat.

3. Memberikan pengalaman lebih bagi pelanggan

Bisnis bukan hanya tentang bagaimana sebuah produk baik itu barang maupun jasa jatuh ke tangan konsumen, tetapi juga tentang before dan after sales. Saat-saat inilah yang sebenarnya penting bagi para pelanggan Anda. Nah, dalam hal inilah manfaat media sosial dapat dirasakan oleh seorang pebisnis

4. Kesempatan untuk melihat kompetitor

Melihat apa yang dilakukan oleh kompetitor bisnis Anda, kini dapat dilakukan dengan mudah melalui adanya manfaat media sosial. Hanya perlu melirik sejenak ke akun media sosial kompetitor, Anda akan mendapatkan informasi mengenai cara promosi, penawaran, serta inovasi baru yang dilakukan. Adanya kemudahan ini justru akan melatih Anda untuk semakin jeli membuka peluang dengan menghadirkan inovasi yang tidak kalah dengan kompetitor Anda. Salah satunya adalah dengan kecepatan penyediaan barang.

5. Target penjualan yang jelas

Manfaat media sosial lainnya bagi perkembangan bisnis yakni Anda tidak perlu repot untuk “mengerucutkan” pasar dan mengeluarkan biaya serta usaha untuk menawarkan barang kepada audiens yang tidak cocok dengan produk. Misalnya, Anda akan menawarkan perlengkapan sekolah yang unik. Dengan bantuan media sosial, Anda dapat langsung menawarkan produk perlengkapan sekolah tersebut kepada siswa sekolah dengan bantuan media sosial. Begitu juga dengan pasar lainnya, dengan target penjualan yang pas, Anda pun dapat menghemat biaya untuk memasang iklan dan melakukan promosi.

Sekian dulu yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat 🙂

 

 

Bahul Andriyan

October 10th, 2018

CO-WORKING SPACE

MALANG DIGITAL CORE

  1. Hal yang menarik yang dapat diadaptasi untuk mata kuliah kewirausahaan.

Malang Digital Core yang terletak di RND lantai, universitas Ma Chung, Villa Puncak Tidar, Doro, Karad widoro, Dau, Malang merupakan tempat co working yang sangat ideal. Terdapat kursi dan meja dilengkapi dengan kabel rol setiap mejanya. LCD, proyektor, dan jaringan wifi yang cukup kencang. Ruangannya juga cukup luas ditambah dengan pemandangan yang bagus. Tempatnya juga terkesan mewah.

 

  1. Mata Kuliah Kewirausahaan yang Ideal.

Mata kewirausahaan yang ideal menurut saya adalah ketika para mahasiswa tidak hanya di ajarai tentang bagaimana cara berwirausaha yang baik, melainkan mereka juga juga di berikan soft skil berupa praktek langsung dilapangan sehingga merekan ( mahasiswa ) mempunyai softskill yang bermanfaat untuk  mereka gunakan di kemudian hari.

Hello world!

September 11th, 2018

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!