Ingin Sehat Tertawalah Sebanyak Mungkin

Oleh : M. Khairul Anam

            Banyak cerita mengabarkan keramahan orang indonesia mampu meninggalkan kesan tersendiri, bagi para turis mancanegara. Ya, memang diakui kehangatan dan keramahan penduduk negeri ini kerap terpancar dari senyum tulus maupun tertawa ringan di dalam kebiasaan sehari-hari. Acara yang mampu mengocok perutpun tak pernah usang oleh waktu. Lihat saja dari dulu hingga sekarang., di layar kaca maupun di bioskop bermunculan acara dan film humor yang menghibur. Dalam seni pertunjukkan negeri inipun, kerap kali skenarionya menyematkan unsur humor untuk mengundang rasa tawa.

            Aktivitas bersenda gurau nan santai ini tentu telah menjadi bagian dari seluruh aktivitas yang dijalani ank-anak hingga lansia. Ia tidak hanya mujarab mengembalikan pikiran yang positif, tapi juga memberikan manfaat kesehatan. Ada beberapa poin positif yang dipetik dari aktivitas hahaha alias tertawa ini. Bahkan sudah ada yang menjadikannya sebagai bagian terapi kesehatan. Maka, diambil dari artikel kesehatan The Health Benefits Of Laughter dalam situs Seniors Health Medicare,  inilah beberapa manfaat positif tertawa bagi kesehatan, yang menarik untuk disimak, antara lain : membantu mengurangi rasa sakit.

            Hal ini telah diteliti dr. Lee Berk, Pengajar Bidang Kesehatan Masyarakat dari Loma Linda University, Amerika Serikat. Dalam penelitian yang dilakukan Berk terlihat bagaimana sampel darah dari responden yang telah diinformasikan tiga hari sebelumnya akan menonton film komedi, mengalami peningkatan. Kenaikan itu terjadi sebesar 70% pada horman betaendorphins, sebuah hormon alamiyah menekan rasa sakit. Manfaat tertawa lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal itu dibuktikan oleh Michael Miller MD FACC, direktur bidang kardiologi preventif dari university of Maryland Medical Center, Amerika Serikat.