Apa Peran Enzim?

March 27th, 2019

Enzim adalah molekul biologis, biasanya protein, yang memungkinkan reaksi kimia tertentu terjadi jauh lebih cepat daripada yang mereka lakukan sendiri. Enzim berfungsi sebagai katalis, yang berarti bahwa mereka mempercepat laju di mana proses metabolisme dan reaksi terjadi pada organisme hidup.

Mereka sangat penting bagi kehidupan dan melayani berbagai fungsi penting dalam tubuh, seperti membantu pencernaan dan metabolisme.

Salah satu peran enzim adalah dengan membantu memecah molekul besar menjadi bagian yang lebih kecil, yang kemudian lebih mudah diserap oleh tubuh. Enzim lain membantu menyatukan dua molekul untuk menghasilkan molekul baru. Enzim adalah katalis yang sangat selektif, yang berarti bahwa setiap enzim hanya memiliki efek pada reaksi spesifik.

Biasanya, proses atau reaksi adalah bagian dari siklus atau jalur, dengan reaksi terpisah di setiap langkah, yang biasanya memerlukan enzim spesifik. Tanpa enzim spesifik untuk mengkatalisasi suatu reaksi, siklus atau jalur tidak dapat diselesaikan.

Hasil dari siklus yang tidak lengkap atau melalui, adalah kurangnya produk, dan tanpa sumber daya yang diperlukan, suatu fungsi tidak dapat dilakukan, yang secara negatif mempengaruhi organisme.

Molekul yang bekerja dengan enzim disebut substrat. Substrat mengikat ke daerah enzim yang disebut situs aktif.

Ada dua teori yang menjelaskan interaksi enzim-substrat
Dalam model yang disebut kunci dan kunci, situs aktif enzim memiliki bentuk yang tepat untuk mengandung substrat tertentu. Dalam model penyesuaian yang diinduksi, situs aktif dan media tidak cocok satu sama lain; sebaliknya, keduanya mengubah cara menghubungkan mereka.

Apa pun masalahnya, reaksi yang terjadi semakin cepat, lebih dari satu juta kali, begitu substrat berikatan dengan situs aktif enzim. Reaksi kimia menghasilkan produk atau molekul baru, yang kemudian terpisah dari enzim, dan mulai mengkatalisasi reaksi lain.