My Day

April 2017
S M T W T F S
« May    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Archives

Common-Tree Frog (Polypedates leucomystax)

Polypedates leucomystax (Common tree frog)

Polypedates leucomystax (Common tree frog)

Common tree frog (Polypedates leucomystax) atau yang dikenal dengan katak pohon merupakan salah satu jenis katak yang cukup banyak ditemukan di wilayah Universitas Brawijaya. Sesuai dengan namanya, katak ini umumnya ditemukan pada pohon-pohon maupun di area sekitarnya. Katak pohon dengan jenis Polypedates leucomystax ini berukuran cukup kecil hingga sedang, dengan jantan yang memiliki panjang tubuh sekitar 50 mm dan betina sekitar 80 mm. Jenis katak ini memiliki distribusi yang cukup luas terutama di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara, meliputi Bangladesh, India, Jepang, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Viet Nam, dan Indonesia. Variasi jenis katak pohon ini dapat terlihat dari pola garis yang ada di permukaan kulitnya dan dapat menunjukkan asal darimana katak tersebut ditemukan. Namun, beberapa katak dari jenis Polypedates yang ditemukan juga ada yang tidak memiliki pola meskipun tidak umum seperti yang ditemukan di wilayah Bali (AmphibiaWeb, 2007).

Katak pohon ini menurut IUCN memiliki status least concern atau masih cukup aman dikarenakan jumlahnya yang banyak. Namun, seiring dengan kondisi lingkungan yang semakin tidak stabil serta berkurangnya habitat dari katak pohon akibat pemanfaatan lingkungan dapat menyebabkan jumlah spesies katak berkurang. Hal ini cukup menjadi perhatian mengingat banyaknya katak pohon yang ditemukan di wilayah UB dan menjadi salah satu kekayaan diversitas hewan yang ada. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian khusus terhadap lingkungan yang menjadi habitat dari katak pohon ini. Meskipun pemanfaatn lingkungan sering dilakukan, adanya tindakan konservasi terhadap lingkungan tersebut juga tidak boleh diabaikan.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

CAPTCHA Image

*