Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah, Rambut, dan Diet

Oleh: Qi Bug

Salah satu buah yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh adalah buah jeruk nipis. Buah yang kaya akan kandungan vitamin C nya ini memiliki beragam khasiat untuk tubuh seperti untuk terapi kesehatan hingga untuk kecantikan. Untuk kecantikan misalnya, anda bisa memanfaatkan buah berwarna hijau ini sebagai obat untuk mengatasi jerawat yang efektif.tidak hanya itu saja,anda juga bisa merencanakan program diet dengan melibatkan jeruk nipis kedalam rencana diet anda.

tips kesehatan

tips kesehatan

Maka dari itu, tak heran jika buah ini banyak dicari karena manfaat nya yang baik. Selain itu, anda bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk terapi kecantikan anda pada wajah, rambut hingga diet sekaligus. Hal ini dikarenakan buah jeruk nipis selain banyak mengandung vitamin C juga banyak mengandung zat lainnya seperti karbohidrat,protein, serat pangan, magnesium, kalium dan masih banyak zat lainnya yang bisa anda gunakan untuk wajah, rambut serta diet. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk nipis untuk wajah, rambut dan juga diet yang perlu untuk anda ketahui.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah, Rambut, dan Diet

  1. Mengurangi jumlah produksi keringat pada wajah

Muka berminyak merupakan salah satu faktor penyebab utama dari wajah berjerawat. Maka dari itu, salah satu penanganan untuk masalah wajah yang berjerawat adalah dengan mengurangi jumlah produksi keringat pada wajah. Kulit berminyak ini sendiri disebabkan karena pori-pori kulit yang terbuka lebar, sehingga akan menghasilkan produksi minyak yang sangat berlebih pada wajah, maka dengan memoleskan jeruk nipis ke permukaan wajah secara teratur, bisa secara efektif mengurangi produksi minyak pada wajah anda.

  1. Memudarkan bekas jerawat

Selain untuk mengurangi produksi minyak, menggunakan jeruk nipis sebagai bahan alami perawatan wajah juga termasuk cara efektif untuk memudarkan bekas jerawat yang ada di wajah anda. anda bisa mengoleskan air perasan jeruk nipis ke bekas jerawat yang ada pada wajah anda. diamkan hingga 30 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

  1. Mengurangi kerontokan rambut

Rambut rontok masih terbilang dalam kategori normal jika intensitasnya hanya satu atau dua helai saja,akan tetapi jika anda mengalami rambut rontok dengan intensitas yang banyak, maka hal ini perlu penanganan lebih lanjut lagi. Mengaplikasikan perasan jeruk nipis keseluruh bagian rambut anda, bisa menguatkan akar rambut, sehingga rambut rontok pun akan berkurang.

  1. Melebatkan rambut

Selain berfungsi untuk mengurangi rambut rontok, jeruk nipis juga berkhasiat untuk melebatkan rambut. Kandungan vitamin pada jeruk nipis sangat berkhasiat untuk melebatkan rambut agar nantinya terhindar dari resiko kebotakan. Anda bisa membakar abu merah dari jeruk njpis yang terlebih dahulu telah diperas airnya, lalu rendam abu merang ini semalaman, air rendaman abu merang ini bisa anda campurkan dengan perasan air jeruk nipis. Anda bisa mengoleskan keseluruh permukaan rambut anda sambil memijat-mijatnya dengan lembut.

  1. Manfaat jeruk nipis untuk diet

Kandungan jeruk nipis yang banyak mengandung vitamin C serta berbagai macam zat lainnya efektif untuk mengurangi kandungan lemak dalam tubuh. Sehingga nantinya berat badan pun akan berkurang. Maka dari itu, banyak yang menggunakan jeruk nipis sebagai bahan yang efektif untuk menurunkan berat badan. Anda bisa menerapkan panduan kesehatan dari Universitas Brawijaya untuk mendapatkan tubuh langsing ideal.

Demikian beberapa manfaat jeruk nipis untuk wajah, rambut dan juga diet. Semoga bisa menjadi informasi anda untuk mengetahui berbagai manfaat jeruk nipis yang baik untuk tubuh.