Bagaimana Anda Mengetahui Ciri-ciri Kanker Serviks?

Bagaimana Anda Mengetahui Ciri-ciri Kanker Serviks? Serviks adalah area tubuh wanita antara vagina dan rahimnya. Ketika sel-sel di serviks menjadi abnormal dan berkembang biak dengan cepat, kanker serviks bisa berkembang. Kanker serviks dapat mengancam jiwa jika tidak cepat terdeteksi atau tidak diobati.

kanker serviks

kanker serviks

Penderita seharusnya mengetahui ciri ciri kanker serviks agar dapat segera diobati. Jenis virus tertentu yang disebut human papilloma virus (HPV) menyebabkan hampir semua kasus kanker serviks. Dokter tidak dapat mengobati virus dan sel prakanker ini. Ahli kesehatan hanya dapat menyarankan perawatan yang dapat mencegah terjadinya kanker. Di Universitas Brawijaya, mahasiswa Fakultas Kedokteran diajarkan cara menanggulangi gejala kanker.

GEJALA

Apa saja gejala kanker serviks?
Kanker serviks biasanya tidak menimbulkan gejala sampai stadium lanjut. Selain itu, wanita mungkin berpikir bahwa gejala terkait dengan hal lain. Seperti siklus menstruasi, infeksi bakteri, atau infeksi saluran kemih.

Contoh gejala yang berhubungan dengan kanker serviks meliputi:

Pendarahan abnormal seperti perdarahan antara periode menstruasi, setelah berhubungan seks, setelah pemeriksaan panggul. Atau setelah menopause yang tidak biasa dalam jumlah, warna, konsistensi, atau bau. Buang air kecil lebih sering, nyeri panggul, dan buang air kecil yang menyakitkan.

Semua wanita harus memiliki kesehatan serviks sesuai dengan pedoman nasional. Jika Anda mengalami ciri ciri kanker serviks, bicarakan dengan dokter tentang pemeriksaan indikasi penyakit.

PENYEBAB

Bagaimana Anda terkena kanker serviks?
HPV menyebabkan mayoritas kanker serviks. Serangan virus tertentu menyebabkan sel serviks normal menjadi tidak normal. Selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun, ini bisa menjadi kanker.

Wanita yang terpapar obat yang disebut dietilstilbestrol (DES) juga berisiko terkena kanker serviks. Obat ini adalah sejenis estrogen yang menurut dokter bisa mencegah keguguran. DES telah dikaitkan dengan penyebab sel abnormal pada serviks dan vagina.

Apa itu HPV?
HPV dikaitkan dengan penyebab kanker serviks serta genital warts pada kebanyakan kasus. HPV ditularkan secara seksual. Anda bisa tertular dari seks anal, oral, atau vaginal.

Menurut pakar kesehatan , HPV menyebabkan 99 persen kanker serviks. Lebih dari 200 jenis HPV yang ada, namun tidak semuanya menyebabkan kanker serviks. Dokter mengkategorikan HPV menjadi dua tipe.

HPV tipe 6 dan 11 menyebabkan 90 persen semua genital warts. Jenis HPV ini tidak terkait dengan penyebab kanker dan dianggap berisiko rendah.

Jenis HPV tipe 16 dan 18 adalah tipe berisiko tinggi. Mereka menyebabkan 70 persen kanker serviks. Jenis HPV ini juga dapat menyebabkan:

  • kanker dubur
  • kanker oropharyngeal
  • kanker vagina
  • kanker vulva

Infeksi HPV adalah infeksi menular seksual yang paling sering terjadi. Virus ini sering sembuh sendiri dalam dua tahun atau kurang tanpa perawatan apapun. Namun, beberapa orang mungkin terus terinfeksi setelah terpapar. HPV dan kanker serviks dini tidak selalu menimbulkan gejala. Namun, dokter akan memeriksa keberadaan sel abnormal di serviks melalui diagnosis cermat.

Diagnosa Ciri Ciri Kanker Serviks

Bagaimana kanker serviks didiagnosis?
Dokter dapat mendiagnosis adanya sel abnormal dan berpotensi kanker melalui tes kesehatan. Ini akan menguji leher rahim Anda dengan alat yang serupa dengan kapas. Mereka mengirim hasil tes ini ke laboratorium untuk diperiksa untuk sel prakanker atau kanker.

Ahli medis merekomendasikan agar wanita memulai pemeriksaan kanker serviks dengan mendapatkan tes kesehatn pada usia 21. Anda harus menjalani tes ini setidaknya setiap tiga tahun sampai Anda berusia 30 tahun. Saat berusia 30 tahun, Anda harus terus menjalani tes setiap tiga tahun dan mulai tes HPV.

Anda harus mendapatkan tes HPV setiap lima tahun jika tes pertama negatif. Tes HPV sangat mirip dengan tes sebelumnya. Dokter mengumpulkan sel-sel dari serviks dengan cara yang sama. Petugas laboratorium akan menguji sel untuk mengetahui materi genetik yang terkait dengan HPV. Ini termasuk DNA atau RNA dari untaian HPV yang diketahui menjadi ciri ciri kanker serviks.

Leave a Response

CAPTCHA Image
*