5 Tips Memilih SMARTPHONE TERBAIK untuk Menunjang Bisnis

Tips Memilih Smartphone Terbaik

Tips Memilih Smartphone Terbaik

Dalam mengelola bisnis, tak hanya diperlukan strategi jitu dan modal yang besar saja, melainkan juga perangkat gadget yang mumpuni. Selain laptop, smartphone adalah salah satu gadget penting yang lebih praktis digunakan dalam mengatur segala keperluan bisnis mulai dari komunikasi, menyimpan data, aktivitas banking, dan lain sebagainya.

Terlebih lagi jika bisnis yang dijalankan adalah bisnis berbasis online, misalnya online shop di Instagram. Smartphone yang lengkap tentu wajib sifatnya untuk dimiliki. Tidak usah khawatir harga mahal, fasilitas kredit hp tanpa kartu kredit tentu tersedia di berbagai merchant online untuk membeli smartphone yang Anda butuhkan.

Umumnya, dalam menyediakan fasilitas kredit instan online tanpa kartu kredit, merchant online seperti JD.id, Bukalapak, Lazada, Blibli, dan lainnya bermitra dengan bank atau perusahaan multifinansial, seperti Kredivo. Syarat domisili biasanya juga diberlakukan bagi peminat fasilitas ini.

Anda harus berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Denpasar, atau Medan, berusia minimum 18 tahun, serta berpenghasilan minimum Rp 3 juta per bulan untuk bisa mendaftar akun Kredivo. Bagi Anda yang berdomisili dan memiliki bisnis di Surabaya misalnya, maka kredit hp Surabaya secara online dengan Kredivo tentu sudah tersedia jika Anda ingin membeli smartphone dengan cicilan.

Namun, sebelum membeli, pastikan smartphone pilihan Anda nantinya memenuhi kriteria berikut ini agar penggunaannya untuk bisnis bisa maksimal.

  1. Memiliki fitur yang mendukung multitasking

Fitur multitasking merupakan fitur pada smartphone yang memungkinkan  untuk melakukan berbagai aktivitas sekaligus di dalam smartphone, misalnya, membuka email sambil membalas pesan.

Salah satu smartphone terbaik yang telah memiliki fitur ini adalah Samsung Galaxy Note dan S Series. Pada Galaxy S Series, fitur split screen multitasking ini dilengkapi juga dengan fitur S-Finder yang bisa memudahkan pengguna untuk mencari data atau folder dengan cepat.

Sementara itu, pada Galaxy Note Series, Samsung menyematkan teknologi S-Pen yang sekaligus menjadi ciri khas dari Galaxy Note. Anda bisa membuat catatan, menggambar, ilustrasi bagan, dan lain sebagainya langsung dengan S-Pen tersebut pada layar Samsung Galaxy Note. Fitur ini tentunya bisa memudahkan segala urusan bisnis, mulai dari mencatat ide strategi, membuat bagan bisnis, dan lainnya.

Samsung Galaxy S8+ dan Galaxy Note 8 merupakan dua seri terbaru dari Samsung S  Series dan Note Series. Kedua smartphone ini memang dibanderol dengan harga cukup mahal, yaitu sekitar Rp 10 jutaan. Namun, adanya fasilitas kredit hp online tentu bisa memudahkan Anda dalam memiliki Samsung Galaxy Note atau S Series.

Bagi Anda yang tertarik, kedua smartphone flagship besutan Samsung ini telah tersedia di berbagai merchant online seperti Lazada, Blibli, Bhinneka. Anda bisa memilih opsi kredit hp tanpa dp dengan Kredivo. Namun, sebelumnya, Anda harus membuat akun terlebih dahulu melalui aplikasi Kredivo yang bisa diunduh di Google Play Store dan App Store. Prosesnya serba online, cepat, dan mudah. Data-data pribadi Anda pun dienkripsi sehingga sangat terjamin keamanannya.

Ada dua opsi kredit yang diberikan Kredivo, yaitu “Bayar dalam 30 Hari” dan “Cicilan”. Untuk opsi “Bayar dalam 30 Hari”, Anda tidak dikenakan bunga apa pun, sementara untuk opsi “Cicilan”, pilihan tenor yang diberikan adalah 3, 6, dan 12 bulan dengan bunga 2,95%. Bunga ini tentunya lebih rendah jika dibandingkan dengan bunga yang diberikan oleh lembaga mutifinansial lain. Saat memilih metode pembayaran dengan cicilan dari Kredivo, pastikan smartphone yang hendak dibeli memiliki harga lebih dari atau sama dengan Rp 1,5 juta. Seperti Samsung Galaxy S8 atau Galaxy Note 8 misalnya, bisa Anda beli dengan fasilitas cicilan Kredivo jika limit kredit Anda mencukupi.

  1. Memiliki RAM dan memori yang besar

Kemampuan multitasking dalam smartphone harus didukung juga oleh kapasitas RAM yang besar. Hal ini untuk menghindari lag atau lemot saat menjalankan berbagai aplikasi dalam waktu bersamaan. Selain RAM, memori internal yang besar dengan dukungan tambahan microSD juga diperlukan untuk menyimpan banyak file.

Minimal, pilihlah smartphone dengan kapasitas RAM 2GB. Semakin besar kapasitasnya, tentu akan semakin baik untuk menunjang aktivitas bisnis. Misalnya, Samsung Galaxy Note 8 yang memiliki RAM 6 GB dengan pilihan memori internal 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Anda juga bisa menggunakan microSD tambahan hingga 256 GB.

Namun, jika bujet tidak cukup untuk membeli Galaxy Note 8, Anda bisa mencari smartphone lainnya dengan kapasitas RAM yang tidak beda jauh, namun harga lebih terjangkau dan bisa kredit hp murah, seperti Xiaomi Mi Mix dengan harga Rp 7 jutaan atau Asus Zenfone 4 dengan harga Rp 4 jutaan.

  1. Prosesor dan kapasitas baterai yang mumpuni 

Prosesor dan baterai dapat dikatakan merupakan jantung dari sebuah smartphone. Tanpa adanya prosesor, smartphone tentu tidak bisa dijalankan. Untuk keperluan bisnis, pilihan smartphone dengan prosesor minimal Dual-Core. Core merupakan salah satu bagian dari prosesor yang memberi perintah pada smartphone untuk menjalankan aktivitas tertentu. Misalnya, Anda membuat jadwal meeting pada kalender, lalu mengirimkan melalui email. Saat itulah Core bekerja mengirimkan sinyal agar aktivitas mengirim email terlaksana.

Dual-Core berarti prosesor tersebut memiliki 2 buah Core yang bisa bekerja pada smartphone. Ada juga prosesor dengan Quad-Core (4) dan Octa-Core (8). Namun, banyaknya Core tidak menjamin kecepatan kinerja sebuah smartphone. Sebab, tidak semua Core tersebut digunakan, maksimal hanya 2 Core saja.

Untuk baterai, smartphone dengan fitur wireless charging tentu akan lebih baik untuk memudahkan mobilitas dan tetap terhubungi. Selain itu, waktu pengisiannya juga lebih cepat dibanding charger biasa atau power bank. Namun, bujetnya tentu mahal. Minimal, pilihlah smartphone dengan kapasitas baterai yang cukup besar dan tahan seharian.

  1. Layar lebih lebar

Layar smartphone yang lebar memang menyulitkan untuk digenggam dan disimpan di kantong. Namun, dalam penggunaan, layar yang luas dan lebar tentu memberikan user experience yang lebih baik. Smartphone dengan ukuran layar 5 inci ke atas lebih disarankan untuk aktivitas bisnis. Misalnya, apabila ada meeting yang berbentuk video call, layar yang lebar tentu bisa menghasilkan gambar yang terlihat lebih jelas.

  1. Kualitas kamera yang ciamik

Kualitas kamera juga menjadi salah satu hal penting yang wajib dipertimbangkan sebelum membeli smartphone untuk bisnis. Apalagi kalau bisnis yang Anda jalankan adalah bisnis online shop. Anda tentunya memerlukan kamera dengan kualitas yang baik untuk memotret  berbagai produk yang akan Anda jual.

Salah satu cara untuk menarik minat pembeli dalam bisnis online shop tentunya  dengan menyediakan foto barang dengan kualitas yang baik. Pilihlah smartphone dengan kamera beresolusi tinggi serta teknologi autofocus, OIS, dan flash yang mumpuni.

Sekarang Anda dapat membeli smartphone kualitas mumpuni demi kelangsungan bisnis Anda lebih mudah dengan kredit hp di berbagai kota di Indonesia menggunakan Kredivo. Misalnya, Anda berdomisili di Surabaya dan sedang merintis usaha online shop. Maka, Anda tak perlu repot-repot lagi mencari kredit hp di Surabaya. Cukup download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau Apple App Store, lalu ikuti langkah-langkah pendaftarannya dengan cermat. Pastikan Anda memiliki catatan histori rekening yang baik, serta mengunggah berbagai dokumen dengan benar, jelas, dan dapat terbaca.

Setelah daftar, Anda hanya perlu menunggu 1 x 24 jam untuk proses approval. Ketika di-approved, Anda akan menerima notifikasi otomatis pada aplikasi dan notifikasi SMS. Anda juga bisa langsung melihat plafon kredit yang diberikan pada bagian dashboard di aplikasi. Kemudian, klik menu “Merchant”, lalu Anda dapat mencari smartphone yang Anda butuhkan di lebih dari 150 merchant online yang telah bekerjasama dengan Kredivo.