Jumlah ODHA di Jawa Timur Tahun 2018

December 24th, 2020

Saya Keke Aghita Fennie mahasiswi Jurusan Sosiologi FISIP angkatan 2019. Berikut merupakan infografis yang saya buat untuk memenuhi tugas akhir semester ganjil 2020 mata kuliah Sociological Acadmiec Skill II.

Human Imunnodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah virus mematikan yang menyerang imun seseorang. Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk penyembuhan penaykit tersebut. Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki tingkat Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) tergolong tinggi. Jawa Timur merupakan salah satu provinsi dengan tingkat ODHAyang tinggi pada tahun 2018. Dilansir dari Buku Infografis Jawa Timur dan Data Kemenkes 2018 persebaran AIDS mencapai 2.767 orang . Penderita terbanyak berada di Kab. Malang dengan jumlah 254 dan jumlah terendah berada di Kab. Madiun sebanyak 2 orang. Sedangkan persebaran HIV mencapai 7.545 orang dengan  jumlah penderita tertinggi sebanyak 679 di Kab. Jember dan penderita terendah berada di Kab. Pacitan sebanyak 5 orang.

Faktor penyebab adanya HIV/AIDS anatara lain, berhubungan seks tanpa menggunakan alat kontrasepsi, pergaulan bebas, penggunaan jarum suntik yang tidak steril, penularan dari ibu hamil dan menyusui ke bayi dan yang paling sering  dan paling tinggi resiko tertular adalah tidak setia terhadap pasangan.  Cara mencegah dan menaggulangi HIV/AIDS dalah dengan melaporkan atau memeriksakan diri sejak dini apabila merasa adanya gangguan kesetan, menghindari penggunaan jarum suntik dengan bergantian, menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan seks serta setia terhadap pasangan.

 

Hello world!

December 24th, 2020

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!