Teknologi Alat Bantu Dengar Yang Tersedia Di Indonesia

Posted: 26th January 2018 by tweety in Manfaat
Comments Off on Teknologi Alat Bantu Dengar Yang Tersedia Di Indonesia

Alat bantu dengar bagi semua tuna rungu merupakan sebuah alat yang sangat berharga karena tanpa alat bantu dengar, penderita tuna rungu akan merasakan dunia ini sunyi tanpa suara. Alat bantu dengar merupakan sebuah terobosan teknologi yang sangat canggih dan fungsinya membantu sistem pendengaran manusia. Dengan menggunakan alat bantu dengar maka penderita tuna rungu bisa mendengar dengan jelas. Saat ini alat bantu dengar telah tersedia di Indonesia dengan berbagai jenis dan harga yang bervariasi. Adapun toko online yang Jual Alat Bantu Dengar Harga Murah dan kualitasnya sangat terjamin, yaitu toko Gesunde Medical yang beralamat di Alatkesehatan.id.

Mungkin bagi penderita tuna rungu sudah tidak asing lagi mengenai alat bantu dengar karena sudah pernah menggunakannya. Tetapi sebaiknya sebelum membeli alat bantu dengar memahami secara mendalam mengenai fitur-fitur atau komponen yang ada pada alat bantu dengar sehingga dengan begitu bisa membedakan mana alat bantu dengar harga murah dan harga mahal. Fitur alat bantu dengan pada umumnya ada 4 fitur, antara lain :

1. Digital Sound Processor
Semua jenis alat bantu dengar dilengkapi dengan processor selaknya sebuah smartphone yang juga menggunakan processor. Digital sound processor ini berfungsi untuk pemroses suara digital yang dapat diprogram untuk disesuaikan dengan tingkat gangguan pendengaran yang diderita oleh tuna rungu. Dengan adanya fitur ini maka alat bantu dengar bisa membaca gelombang suara dengan baik dan membuat penggunanya bisa mendengar dengan jelas.
2. Channels Gelombang Suara
fitur lain yang terdapat di alat bantu dengar adalah channerls gelombang suara yang berfungsi untuk memecah sinyal gelombang suara menjadi beberapa frekuensi agar proses pembacaan gelombang suara bisa lebih detail dan membuat suara yang didengar oleh pengguna alat bantu dengar semakin jelas. Jadi semakin banyak jenis channel gelombang suara yang diproses makan akan semakin jernih suara yang didengar.
3. Amplifikasi
Fitur yang satu ini berfungsi untuk memperkuat gelombang suara yang ditangkap dari area sekitar dengan frekuensi spesifik (berbeda-beda) berdasarkan dari sumber suara. Sedangkan setiap penderita tuan rungu memiliki gangguan pendengaran pada frekuensi yang berbeda-beda sehingga fitur ini mampu menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.
4. Tekanan
Fitur yang terakhir ini berfungsi untuk memperjernih atau mengeraskan volume suara yang sudah melalui proses pembacaan sinyal sehingga penggunanya bisa mendengar dengan lebih jelas. Fitur tekanan ini bisa dinaikkan dan bisa diturunkan sesuai dengan keinginan penggunanya.

Seperti itulah penjelasan dari keempat fitur yang terdapat di alat bantu dengar, tetapi tidak semua tipe/jenis alat bantu dengar memiliki keempat fitur di atas. Padahal seharusnya keempat fitur ini wajib dimiliki oleh setiap alat bantu dengar karena fungsinya dari masing-masing fitur saling mensupport untuk menghasilkan suara yang didengar dengan jernih dan jelas oleh penggunanya. Semoga coretan singkat ini bisa bermanfaat bagi anda semua.