Comments Off on Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Membuka Jasa Percetakan ID Card

Banyaknya manfaat tentang sebuah ID Card (kartu nama, kartu member, kartu karyawan,d ll) pada perusahaan, membuat permintaan konsumen akan percetakan ID Card terus meningkat tiap tahunnya. Banyaknya permintaan konsumen akan cetak id card membuka kesempatan lebar kepada siapa saja yang ingin mendirikan jasa percetakan id card. Tentu saja persaingan dengan kompetitor lain dalam bisnis ini tetap ada karena mengingat jasa percetakan id card sudah ada sejak 10 tahun yang lalu. Akan tetapi berdasarkan kebutuhan konsumen akan id card sangat besar, maka keuntungan pun masih terbilang lumayan menguntungkan.

Jasa percetakan id card tidak hanya mencetak satu jenis kartu id card saja, melainkan ada berbagai macam jenis yang bisa dilayani. Selain itu target pasar dari jasa percetakan id card juga sangat luas mulai dari mall, swalayan, minimarket, lembaga sekolah, instansi pemerintahan, perusahaan swasta dan organisasi masyarakat. Id Card dijaman sekarang tidak hanya sebagai tanda pengenal saja, namum memiliki banyak fungsi seperti halnya untuk absensi kehadiran, kartu member, transaksi keuangan, akses pintu masuk dan lain-lain.

Bagi anda yang tertarik untuk membuka jasa percetakan Id card, mungkin saja mengira membutuhkan modal yang besar. Mengenai seberapa besar modal yang harus dikeluarkan, mari kita abaikan dulu dan sebaiknya kita berfikir tentang apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuka jasa percetakan ID Card. Berikut ini peralatan yang harus anda persiapkan untuk membuka jasa percetakan id card:

1. PVC ID Card
Hampir semua jenis kartu saat ini menggunakan bahan baku yaitu PVC (Poly Vinyl Chloride) Id Car. Bahan baku ini terjual dalam ukuran id card pada umumnya yaitu 20 x 30cm dan 54 x 86mm. PVC ID Card juga tersedia dalam berbagai macam warna yang cerah.
2. Printer ID Card
Saat ini untuk mencetak atau mendesain gambar, kata-kata, logo dan sebagainya pada kartu PVC bisa dikerjakan sangat mudah dengan bantuan Printer ID Card. Peralatan yang satu ini wajib untuk dimiliki oleh setiap jasa percetakan id card. Printer ID Card merupakan sebuah mesin cetak yang khusus digunakan untuk mencetak id card dalam berbagai ukuran. Saat ini ada banyak merek dan jenis printer id card di pasar Indonesia dan sebaiknya anda kunjungi toko online ini Tokoprinterkartu.id untuk membeli printer id card yang sudah pasti terjamin kualitasnya dan 100% bergaransi resmi dari pabriknya.
3. Komputer
Untuk mendesain dengan sempurna setiap kartu id card yang akan dicetak atau didesain dengan menggunakan printer id card, diperlukannya sebuah unit komputer atau sebuah laptop. Konsumen pun jadi lebih mudah untuk memilih desain yang akan dicetak pada id card yang dipesan. Bahkan apabila konsume memililiki file desain untuk dicetak pada Id card yang dipesan, maka dengan bantuan peralatan komputer akan lebih mudah.
4. Mesin Laminating
Id card dengan bahan PVC memang tidak diwajibkan untuk dilaminasi karena sudah kuat dan tahan lama serta tidak mudah luncur gambar atau kata-kata yang dicetak pada id card. Namun terkadang konsumen meminta harga lebih murah sehingga menggunakan bahan id card dari kertas karton sehingga untuk melindungi kartu dari air, suhu ektrim dan gesekan maka harus dilaminasi dengan mika plastik bening. Id card dengan bahan PVC akan jauh lebih kuat bila dilaminasi.
5. Id Card Punch Machine
Peralatan ini digunakan untuk memotong cetakan kartu id card supaya ukurannya lebih rapi dan disesuaikan dengan desain. Untuk mengoperasikan alat yang satu ini tidak membutuhkan listrik dan hanya dengan tenaga dari tangan anda sudah cukup.
6. Id Card Hole Maker
Terkadang ada konseumen yang meminta diberi lubang pada bagian atas id card yang dipesan agar bisa dipasangi tali id card. Jadi sebaiknya anda memiliki peralatan id card hole maker jika sewaktu-waktu ada yang memesan id card yang berlubang pada bagian tepi atas untuk dipasangi tali.
7. Tali ID Card
Ukuran id card yang mungil membuatnya mudah terselip atau hilang sehingga banyak konsumen yang memesan id card + tali id card. Biasanya tali id card yang dipesan konsumen memiliki desain yang serupa dengan id card yang dipesan. Namun perlu anda ketahui bahwa Printer Id Card juga memiliki fitur yang mampu mencetak gambar, kata-kata dan logo pada media lain seperti kain, karet dan mika.

Sebenarnya masih ada 1 lagi peralatan yang mungkin dibutuhkan tapi bersifat optional, tidak lain adalah Kamera. Biasanya konsumen meminta untuk diberi foto pada id card yang dipesan, sedangkan konsumen tidak memiliki foto sehingga anda harus memfotonya terlebih dahulu. Nah sekarang anda bisa mengetahui peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk membuka jasa percetakan id card dan mengenai berapa besar total modal yang dibutuhkan bisa anda perkirakan sendiri dengan menghitung semua harga peralatan di atas. Saran dari saya untuk menghemat pengeluaran dari modal anda, sebaiknya belilah beberapa peralatan di atas secara kredit atau beli barang bekas.