Aplikasi Komputer Perkantoran

Komputerisasi Kearsipan
Salah satu pekerjaan administrasi perkantoran yang utama adalah mengelola arsip. Pengelola arsip memegang peranan penting dalam mendukung suksesnya sistem kerja pada sebuah organisasi, yang dapat bermanfaat untuk bahan penilaian, pengambilan keputusan, atau penyusunan program pengembangan dari organisasi yang bersangkutan.

Program ini bersifat fundamental, ditujukan bagi staf pengelola teknis administrasi perkantoran yang terbatas dengan memiliki kemampuan pengoperasian komputer dasar non programer. Materi pelatihan mampelajari dasar – dasar komputer perkantoran, dasar – dasar teori kearsipan dan aplikasi komputerisasi kearsipan menggunaakan Ms Office dengan Ms Access.

Target pelatihan adalah peserta menguasai dasar – dasar manajemen kearsipan, dan memiliki kemampuan teknis dalam mengelola arsip berbasis komputer secara sederhana untuk masing – masing unit kerjanya dengan baik.

Target pelatihan adalah peserta dapat mengoperasikan komputer dan internet untuk pekerjaan perkantoran sehari – hari dengan baik, serta mampu mengatasi kendala teknis yang terjadi saat pengoperasian komputer.

Materi :

  • Dasar – dasar manajemen kearsipan
  • Pengelompokan arsip
  • Sistem penggolongan arsip
  • Prosedur kearsipan
  • Dasar – dasar manajemen arsip elektronik
  • Apresiasi komputer perkantoran
  • Aplikasi komputerisasi kearsipan

Komputerisasi Manajemen Barang

Salah satu pekerjaan administrasi perkantoran utama selain mengelola arsip adalah pengelolaan barang. Pengelolaan barang inventaris atau aset merupakan kegiatan untuk memperoleh data atas seluruh aset yang dimiliki atau dikuasai oleh organisasi dengan berbagai metode perolehan, baik berkaitan dengan jenis dan spesifikasinya, jumlah, sumber, waktu pengadaan, harga, tempat, kondisi serta perubahan – perubahan yang terjadi guna mendukung proses pengendalian dan pengawasan dalam upaya mendukung tercapainya tujuan organisasi.

Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah telah memberikan arah baru bagi pengelolaan keuangan daerah, di mana SKPD merupakan pengguna anggaran/pengguna barang. Untuk menyelaraskan pengelolaan barang daerah tersebut, terbit Permendagri No. 17 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah sebagai pengganti Keputusan Mendagri No. 152 Tahun 2004.

Program ini bersifat fundamental, ditujukan bagi staf pengelola teknis manajemen barang yang hanya memiliki kemampuan komputer dasar non programmer, namun dituntut untuk mampu mengelola aset dan membuat laporan periodik. Pelatihan komputerisasi manajemen barang ini mempelajari sistem administrasi pengelolaan barang daerah sesuai dengan peraturan – peraturan yang berlaku saat ini, secara praktis dengan menggunakan program aplikasi komputer perkantoran Ms Office dengan Ms Excel.

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta memahami dan memiliki kemampuan pengelolaan barang milik daerah mulai dari  perencanaan kebutuhan dan penganggaran, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan, penilaian, penghapusan, pemindahtanganan, penatausahaan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian yang efektif dan efisien, serta pengelolaan teknis barang milik daerah secara komputerisasi sederhana menggunakan Ms Excel untuk masing – masing unit kerjanya dengan baik.

Materi:

  • Apresiasi Ms Excel
  • Form pengisian data master
  • Form transaksi RKBU, RKAP, pengadaan, pemeliharaan, inventaris, penatausahaan, penghapusan, akuntansi
  • Fungsi statistik, logika, lookup dan database
  • Link antarlembar kerja
  • Rekapitulasi dan laporan

Komputerisasi Akuntansi Keuangan Bendahara

Komputerisasi akuntansi merupakan proses pencatatan akuntansi dengan komputer. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi organisasi atau lembaga, yaitu pekerjaan akuntansi menjadi lebih mudah dan cepat serta dapat meminimalisasi kesalahan dalam menyusun laporan keuangan.

Program ini bersifat fundamental, ditujukan bagi staf pengelola teknis keuangan atau bendahara yang terbatas dengan memiliki kemampuan pengoperasian komputer dasar non programer, namun dituntut untuk mampu mengelola keuangan dan membuat laporan keuangan periodik. Pelatihan secara teknis mempelajari komputerisasi akuntansi keuangan bagi bendahara atau pemegang kas menggunakan aplikasi komputer perkantoran Ms Office dengan Ms Excel.

Target pelatihan adalah peserta menguasai administrasi pengelolaan kas masuk, kas keluar dan pelaporannya berbasis komputer secara sederhana untuk masing – masing unit kerjanya dengan baik.

Materi:

  • Pembuatan lembar kerja
  • Daftar rekening (Akun)
  • Form penerimaan pendapatan
  • Form pengeluaran kas
  • Form rekapitulasi penerimaan dan pengeluaran
  • Form laporan surplus dan defisit
  • Form laporan neraca
  • Penggunaan fungsi statistik, logika, lookup dan database
  • Link antarlembar kerja
  • Pencatatan transaksi penerimaan dan pengeluaran
  • Pelaporan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>