Bissmillahirrahmanirrahiim…
ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

Alhamdulillah, bulan yang paling dinanti-nanti oleh umat Nabi Besar Muhammad saw telah tiba. Bulan yang banyak diharapkan kedatangannya oleh kaum muslimin diseluruh antero dunia… Yakni bulan Ramadan, yang kini telah kita temui. Tentu sebelum kita mengamalkan puasa Ramadan itu sendiri banyak hal yang harus kita ketahui, apa yang harus kita ketahui??? dan apa yang harus kita pelajari??? Ingat ! amalan yang tidak didasari oleh ilmu pasti akan sia-sia. Salah satunya hal terpenting yang harus kita ketahui dan kita pelajari terlebih dulu adalah :

Hal – Hal Yang Merusak Pahala Puasa Ramadan  sudah sepatutnya kita ketahui baik diawal puasa Ramadan maupun saat ini.  Hal ini jelas sebagai prinsip dasar ketika kita ingin mencapai tujuan dengan sempurna dalam hal ini kita mendapatkan pahala puasa ramadan yang sebanyak-banyaknya kita harus tahu benar Hal – Hal Yang Merusak Pahala Puasa Ramadan

Seperti  nasehat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dalam sabdanya  menyambut bulan puasa ramadhan :

Sabda Nabi shallallahu1

“Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan rasa harap, maka akan diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Al Bukhari 2014 dan Muslim 760).

Sabda Nabi shallallahu2

Jika telah masuk bulan Ramadan, pintu-pintu Al Jannah akan dibuka, pintu-pintu Jahannam akan ditutup, dan para syaitan akan dibelenggu. (HR. Al Bukhari 1899 dan Muslim 1079).

Hal – Hal yang membatalkan Puasa Ramadan antara lain :

  • Makan dan minum dengan sengaja. Jika dilakukan karena lupa maka tidak batal puasanya.
  • Melakukan hubungan suami istri disiang hari, Jima’ (bersenggama).
  • Memasukkan makanan ke dalam perut. Termasuk dalam hal ini adalah suntikan yang mengenyangkan dan transfusi darah bagi orang yang berpuasa.
  • Mengeluarkan mani dalam keadaan terjaga karena onani, bersentuhan, ciuman atau sebab lainnya dengan sengaja,  Adapun keluar mani karena mimpi tidak membatalkan puasa karena keluamya tanpa sengaja. .
  • Keluamya darah haid dan nifas. Manakala seorang wanita mendapati darah haid, atau nifas batallah puasanya, baik pada pagi hari atau sore hari sebelum terbenam matahari.
  • Sengaja muntah, dengan mengeluarkan makanan atau minuman dari perut melalui mulut. Hal ini didasarkan pada sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam .  Barangsiapa yang muntah tanpa sengaja maka tidak wajib qadha, sedang barangsiapa yang muntah dengan sengaja maka wajib qadha. ” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah dan At-Tirmidzi).  Dalam lafazh lain disebutkan : “Barangsiapa muntah tanpa disengaja, maka ia tidak (wajib) mengganti puasanya).” DiriwayatRan oleh Al-Harbi dalamGharibul Hadits (5/55/1) dari Abu Hurairah secara maudu’ dan dishahihRan oleh AI-Albani dalam silsilatul Alhadits Ash-Shahihah No. 923.

Catatan : 

Tidak batal puasa orang yang melakukan sesuatu yang membatalkan puasa karena tidak tahu, lupa atau dipaksa. Demikian pula jika tenggorokannya kemasukan debu, lalat, atau air tanpa disengaja.

Jika wanita nifas telah suci sebelum sempurna empat puluh hari, maka hendaknya ia mandi, shalat dan berpuasa.

Hal – Hal Yang Merusak Pahala Puasa Ramadan antara lain :

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

Sabda Nabi shallallahu3

Puasa itu adalah perisai, jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah mengucapkan ucapan kotor, dan jangan pula bertindak bodoh, jika ada seseorang yang mencelanya atau mengganggunya, hendaklah mengucapkan: sesungguhnya aku sedang berpuasa. (HR. Al Bukhari 1904).

Sabda Nabi shallallahu4

Barangsiapa yang tidak meninggalkan ucapan yang haram dan mengamalkannya, ataupun bertindak bodoh, maka Allah tidak butuh dengan upaya dia dalam meninggalkan makan dan minumnya. (HR Al Bukhari dalam Shahihnya).

Agar Pahala puasa kita tidak rusak antara lain :

  • Wajib menjauhkan diri dari perbuatan dusta.
  • Menghindari ghibah (menyebutkan kejelekan orang lain).
  • Dilarang melakukan namimah (mengadu domba).
  • Melaknat atau mendo’akan orang yang tidak baik dan mencaci-maki.
  • Diharuskan menjaga telinga, mata, lidah dan perutnya dari perkataan yang haram.

 

Hal – Hal Yang Merusak Pahala Puasa Ramadan  ini saya himpun dari berbagai sumber antara lain :

  • http://www.muslimdaily.net/artikel/islami/3914/hal-hal-yang-membatalkan-puasa
  • https://abuhanzhalah.wordpress.com/2010/08/09/nasihat-menyambut-bulan-suci-rhamadan/
  • http://www.membuatblog.web.id/2010/08/hal-yang-membatalkan-puasa.html
  • http://satriamadangkara.com/hal-hal-yang-merusak-pahala-puasa-ramadhan-bahkan-membatalkan-puasa-ramadhan/

Semoga saja dapat kita dijauhkan dari Hal – Hal Yang Merusak Pahala Puasa Ramadan  tahun ini. Aamiin… Jika tulisan saya ini bermanfaat bagi Anda, silahkan Anda share dan sebar luaskan bagi saudara-saudara muslim kita yang lain.

Jazakumullah.