WINDOWS XP Professional Microsoft Windows XP Professional kependekan dari Microsoft Windows Experience Professional merupakan sistem operasi berbasis grafis (gambar) dengan berbagai fasilitas, dan kemudahan dalam pengoperasiannya.Microsoft Windows XP ini merupakan salah satu produk unggulan dari Microsoft Corporation yang secara resmi dikeluarkan pada tanggal 25 Oktober 2001. Microsoft Windows XP yang selanjutnya yang disingkat dengan Windows XP ini merupakan kelanjutan dari dari Windows versi sebelumnya dengan berbagai fasilitas yang ada didalamnya, baik merupakan fasilitas penyempurnaan maupun fasilitas terbaru yang tidak ada pada versi sebelumnya. Dengan Windows XP ini anda akan dipermudah dalam penggunaannya, lebih menyenangkan, lebih cepat, kompatibel dengan berbagai perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). Hal inilah yang menyebabkan semakin banyak pengguna sistem operasi Windows XP ini dalam masyarakat. Banyak perubahan yang terjadi dalam system operasi Microsoft Windows XP ini, mulai dari masalah registrasi,kelengkapan driver, peningkatan performance, design interface baru, Internet Explorer dengan versi terbaru yang mengarahkan orientasi user dalam penggunaannya, sampai sesuatu yang belum pernah diterapkan pada Microsoft Windows generasi-generasi sebelumnya, yaitu Firewall.

1.1 REGISTRASI Dalam hal masalah registrasi, Microsoft Windows XP telah mengimplementasikan Windows Product Activation (WPA) dalam sistemnya. Artinya, dalam hal ini Microsoft menginginkan semua informasi tentang penggunanya. Karena dalam hal ini Microsoft memaksa penggunanya untuk melakukan registrasi dan pengguna diberi waktu selama 14 hari untuk melakukan aktivasi. Jika aktivasi ini tidak dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah digariskan maka Microsoft Windows XP akan macet dan tidak dapat digunakan lagi. Yang paling menonjol dalam hal aktivasi ini adalah bahwa pihak Microsoft menyediakan kombinasi dari 35 angka yang terus berubah. Dalam hal ini pengguna harus memasukkan nya ke dalam Activation Mask yang telah disediakan pihak Microsoft. Jika proses ini dapat dilewati maka Microsoft Windows XP akan dapat digunakan kembali.

1.2 KELENGKAPAN DRIVER Windows XP dibentuk dengan kompabilitas tinggi terhadap software-software yang ada sekarang. Bahkan Windows XP telah dipersiapkan untuk mendukung program-program berarsitektur Windows generasi sebelumnya seperti Windows 9x/Me/NT/2000. hal ini akan memberikan kemudahan dalam menggunakan software-software lama berarsitektur Windows 9x/Me/NT/2000. Namun demikian banyak juga program yang tidak bekerja dengan baik bahkan tidak mau berjalan karena adanya emulasi yang dipersiapkan oleh Windows XP ini, khususnya untuk software-software yang memiliki driver khusus untuk menjalankannya. Dari sisi hardware, tidak semua hardware kompatibel dengan sistem Windows XP. Hanya dari sisi multimedia dan kamera digital terdapat perkembangan yang mengembirakan.

1.3 PERFORMANCE YANG HANDAL Telah terjadi banyak perubahan dari sisi performance pada Windows XP ini. Penambahan kecepatan pada event-event tertentu, seperti saat booting, yang bahkan kecepatannya bias melampaui kecepatan booting Windows 2000. Feature terbaru yang tak kalah menariknya adalah bahwa kita dapat melakukan pergantian user (pada Windows generasi sebelumnya, harus menggunakan logoff), tanpa harus menutup aplikasi yang sedang aktif (hal ini tidak berlaku pada logoff), yaitu dengan menggunakan switch user. Dari sisi tampilan, terdapat desktop gaya baru dari Windows XP yang disebut dengan Luna. Gaya desktop ini berbeda total jika dibandingkan dengan desktop yang dimiliki oleh generasi Windows 9x/Me bahkan Windows 2000.

Windows tersebut merupakan minimum persyaratan untuk fungsionalitas dasar. Persyaratan aktual berbeda-beda, tergantung pada konfigurasi sistem dan program dan fitur yang Anda pilih untuk diinstal. Jika Anda menginstal Windows XP melalui jaringan, Anda mungkin perlu ruang hard disk tambahan.

Persyaratan hardware minimum untuk Windows XP Home Edition adalah: Prosesor Pentium 233-megahertz (MHz) atau yang lebih cepat (disarankan 300 MHz) RAM sekurangnya 64 megabyte (MB) (disarankan 128 MB) Ruang hard disk sekurangnya 1.5 gigabyte (GB) Drive CD-ROM atau DVD-ROM Keyboard dan Mouse Microsoft atau beberapa perangkat penunjuk kompatibel lainnya Adaptor video dan monitor dengan resolusi Super VGA (800 x 600) atau yang lebih tinggi Kartu suara Speaker atau headphone Prosesor Pentium 233-megahertz (MHz) atau yang lebih cepat (disarankan 300 MHz) RAM sekurangnya 64 megabyte (MB) (disarankan 128 MB) Ruang hard disk sekurangnya 1.5 gigabyte (GB) Drive CD-ROM atau DVD-ROM Keyboard dan Mouse Microsoft atau beberapa perangkat penunjuk kompatibel lainnya Adaptor video dan monitor dengan resolusi Super VGA (800 x 600) atau yang lebih tinggi Kartu suara Speaker atau headphone

Persyaratan hardware minimum untuk Windows XP Professional meliputi: Prosesor Pentium 233-megahertz (MHz) atau yang lebih cepat (disarankan 300 MHz) RAM sekurangnya 64 megabyte (MB) (disarankan 128 MB) Ruang hard disk sekurangnya 1.5 gigabyte (GB) Drive CD-ROM atau DVD-ROM Keyboard dan Mouse Microsoft atau beberapa perangkat penunjuk kompatibel lainnya Adaptor video dan monitor dengan resolusi Super VGA (800 x 600) atau yang lebih tinggi Kartu suara Speaker atau headphone Prosesor Pentium 233-megahertz (MHz) atau yang lebih cepat (disarankan 300 MHz) RAM sekurangnya 64 megabyte (MB) (disarankan 128 MB) Ruang hard disk sekurangnya 1.5 gigabyte (GB) Drive CD-ROM atau DVD-ROM Keyboard dan Mouse Microsoft atau beberapa perangkat penunjuk kompatibel lainnya Adaptor video dan monitor dengan resolusi Super VGA (800 x 600) atau yang lebih tinggi Kartu suara Speaker atau headphone

Keunggulan Windows XP

• Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.

• Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet.

• Dengan menggunakan Remote Assistence kita dapat memonitor kerusakan komputer yang terjadi pada komputer lain dari jarak jauh melalui internet.

• Memiliki sistem keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi folder-folder khusus agar dapat digunakan oleh pemiliknya sendiri.

• Windows XP dapat digunakan untuk berbagi aplikasi secara real time ke seluruh dunia.

Kekurangan Windows Xp

• Pihak Microsoft sangat membatasi kenyamanan pemakaian terhadap sistem operasi Windows XP ini dimana setiap pengguna harus melakukan aktivasi pihak Microsoft pada periode-periode tertentu.

• Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-generasi Windows sebelumnya.