Proses Instalasi WordPress, Tapi Instal Dulu XAMPP!

2012
06.23

Yang dibutuhkan dalam menginstal WordPress pada local host komputer adalah program aplikasi “XAMPP” dan database “wordpress”. Keduanya bisa diunduh gratis di situs resmi WordPress. Kemudian langkah awal yang harus dilakukan adalah menginstall aplikasi “XAMPP” terlebih dahulu di laptop atau komputer. Adapun langkah-langkah menginstall program aplikasi XAMPP adalah sebagai berikut:

  1. Buka file master (installer) program XAMPP. Kemudian akan muncul kotak dialog untuk pemilihan bahasa. Pilih bahasa sesuai dengan selera. Klik OK.
  2. Akan muncul Welcome Screen instalasi XAMPP. Klik Next
  3. Choose Install Location; pilih direktori tempat program akan diinstall. Biasanya di c:\program files. Setelah itu klik Next
  4. XAMPP Options; berisi pilihan-pilihan fitur/layanan apa saja yang akan diinstall. Centang semua saja untuk investasi masa depan. Klik Install.
  5. Installing; proses installasi sedang berjalan. Tunggu hingga selesai.
  6. Installation Complete; proses installasi telah selesai. Klik Yes untuk langsung mengakses Control Panel XAMP

Untuk selengkapnya silakan baca makalah kami di sini Makalah UAS Edited

Fungsi Menu Microsoft Word

2012
04.27

Fungsi Menu

Di bagian ini akan kami jelaskan tentang kegunaan atau fungsi-fungsi menu yang ada di Microsoft Word. Mengingat begitu banyaknya menu yang ada dalam aplikasi Microsoft Word maka kami akan memberikan penjelasan tentang menu-menu yang sering digunakan saja. Pertama akan kami jelaskan dahulu terkait tampilan Microsoft Word 2007. Pertama kali membuka Ms. Word 207 maka tampilannya akan seperti berikut:

The Microsoft Office Button

Di sebelah pojok kiri atas jendela Word 2007 terdapat tombol berbentuk lingkaran bergambar logo Office, itulah yang disebut dengan Microsoft Office Button. Ketika kita klik tombol ini maka akan keluar menu-menu yang bisa kita fungsikan untuk membuat file baru, menyimpan file, membuka file yang ada, dan fungsi-fungsi lainnya.

The Quick Access Toolbar

Di samping Microsoft Office Button adalah Quick Access toolbar. Quick Accsess toolbar ini berisi tombol-tombol aksi untuk perintah yang sering digunakan. Seperti save, open, undo, redo. Banyaknya tombol aksi yang ada bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

The Title Bar

Di samping Quick Access toolbar adalah Title Bar. Tittle Bar ini menunjukkan judul dari sebuah dokumen yang sedang kita buka atau kerjakan. Pada kondisi default Tittle Bar ini akan bernama/berjudul Document1. Baru setelah kita menyimpan dokumen yang kita kerjakan itu sesuai dengan nama yang kita inginkan, judul di Tittle Bar akan berganti

The Ribbon

Anda menggunakan perintah untuk memberitahu Microsoft Word apa yang harus dilakukan. Oleh Microsoft Word 2007, Anda menggunakan Ribbon untuk mengeluarkan perintah. Ribbon terletak di dekat bagian atas layar, di bawah Quick Access toolbar. Di bagian atas Ribbon beberapa tab, klik tab menampilkan beberapa kelompok perintah yang terkait. Anda juga dapat menemukan kotak dialog peluncur di sudut kanan bawah kelompok. Mengklik kotak dialog peluncur memberi Anda akses ke perintah tambahan melalui kotak dialog.

The Ruler

The Ruler atau mistar penggaris bisa ditemukan di bawah Ribbon tepat di bawahnya serta di samping kiri. Ruler ini digunakan dalam proses perataan dan penempatan paragraph dokumen.

The Text Area

Text area adalah tempat di mana kita mengetikan data. Apa yang kita ketik di keyboard akan keluar di Text Area.

The Vertical and Horizontal and Vertical Scroll Bars

Scroll bar vertikal dan horizontal memungkinkan Anda untuk menggeser text area ke atas, bawah. Scroll bar vertikal terletak di sepanjang sisi kanan layar. Scroll bar horizontal terletak tepat di atas status bar. Untuk naik dan turun dokumen Anda, klik dan tarik scroll bar vertikal ke atas dan bawah. Untuk bergerak maju mundur di seluruh dokumen Anda, klik dan tarik scroll bar horisontal bolak-balik.

The Status Bar

Status Bar posisinya berada di paling bawah jendela Microsoft Word. Status Bar ini menampilkan sejumlah informasi terkait dokumen yang sedang kita kerjakan atau buka, seperti posisi halaman dan jumlah kata yang sudah terketik.

Itulah penjelasan awal terkait tampilan jendela aplikasi Microsoft Word. Untuk selanjutnya adalah penjelasan tentang menu-menu yang sering digunakan di Microsoft Word. Penjelasan terkait menu ini akan kami bagi per tab.

Home Tab

Clipboard. Kelompok ini mencakup perintah populer seperti Cut, Copy dan Paste. Menggunakan perintah Cut, Anda dapat memindah sepotong teks dari satu lokasi dan memasukkannya ke lokasi baru dalam dokumen yang sama. Anda juga dapat menggunakan perintah Copy untuk menyalin teks. Teks bisa ditempatkan di lokasi baru namun hal ini akan meninggalkan teks asli di tempat. Perintah Paste intinya untuk mengeksekusi perintah Cut and Copy tadi.

Font; Tab font ini berisi sekumpulan tombol aksi untuk mengedit tampilan font. Untuk mengganti jenis font kita bisa memilihnya lewat kotak Font Type. Untuk memperbesar dan memperkecil ukuran font. Di bawah kotak font type terdapat tiga tombol formatting, yakni Bold untuk menebalkan huruf, Italic untuk menciptakan efek miring, dan Underline untuk membeuat karakter bergaris bawah.

Paragraph; Di seksi paragraph ini terdapat sekumpulan menu yang berfungsi untuk mengatur tata letak penulisan yang kita buat. Seperti 4 tombol perataan paragraph (left, center, justify, right). Left untuk membuat dokumen rata kiri, right untuk perataan kanan, justify membentuk rata kanan rata kiri. Fungsi lainnya yakni Bullet and Numbering untuk memberikan penomoran terhadap poin-poin teks. Line Spacing untuk mengatur jarak spasi antar teks maupun paragraph.

Styles; Seksi Styles ini adalah untuk membuat efek format teks sesuai dengan tema atau keperluan. Seperti heading, tittle, dan subtitle. Dengan menggunakan fungsi ini maka akan lebih cepat membuat judul, heading, dan subjudul.

Tab Insert

Pages; Dalam seksi pages terdapat tiga menu lagi yakni Cover Page untuk membuat halaman cover. Blank Page untuk menyisipkan halaman kosong. Kemudian terdapat menu Page Break yang berfungsi untuk membuat halaman baru.

Table; Seksi ini berfungsi untuk menyisipkan atau membuat tabel.

Illustrations; Di seksi Ilustrasi ini terdapat objek-objek yang bisa membantu memberikan ilustrasi pada dokumen yang sedang kita buat. Objek-objek tersebut bisa berupa gambar (picture), Clip Art, Shapes (bentuk- bentuk dasar), SmartArt (ilustrasi yang sifatnya visual grafis), dan Grafik atau Diagram (Chart)

Links; Seksi ini berfungsi untuk menyisipkan Link atau tautan-tautan pada dokumen kita. Yang sering digunakan adalah Hyperlink. Dengan Hyperlink ini maka suatu teks bisa ditautkan ke halaman atau bahkan suatu website.

Header & Footer; Berisi menu yang fungsinya memberikan pilihan untuk memberi kop (header), catatan kaki (footer), dan nomor halaman (Page Number).

Text; Di seksi Text ini kita bisa menyisipkan tulisan-tulisan di luar bentuk tulisan yang terketik di Text Area. Seperti Text Box (kotak Teks) dan membuat tulisan dengan sentuhan artistic (Word Art)

References

Tab referensi berisi sekian menu yang berguna dalam penyusunan referensi untuk tulisan yang sedang kita buat. Menu-menu ini sangat memberikan kemudahan bagi penulis untuk menyusun referensi semacam daftar pustaka secara otomatis.

Table of Contents; digunakan untuk membuat daftar isi secara otomatis. Untuk mengaktifkan menu ini, pengguna harus menggunakan menu Style untuk setiap penamaan atau pembuatan judul dan subjudul dalam tulisan.

Footnotes; berfungsi untuk membuat catatan kaki sebagai bentuk referensi dari kutipan-kutipan yang digunakan dalam badan tulisan

Citation & Bibliography; menu ini digunakan untuk menyusun daftar pustaka secara otomatis dari tulisan yang kita gunakan. Tersedia pula menu Insert-Citation yang mampu membuat kutipan sesuai format yang baku.

Captions; adalah digunakan untuk menyisipkan keterangan terhadap suatu gambar atau objek yang diletakkan dalam dokumen

Index; di menu index ini pengguna bisa menyusun serangkaian istilah atau daftar konsep yang terdapat di dalam tulisan. Menu ini sangat membantu dalam penyusunan buku yang terdiri dari banyak konsep seperti kamus.

Views

Menu ini menyediakan berbagai perintah untuk mengatur tampilan jendela Microsoft Word.

Draft View: dengan tampilan model Draft memberikan kemudahan terhadap pengguna untuk mengedit dokumennya.

Web Layout; dengan tampilan model web ini akan memberikan pengguna preview apabila dokumen yang dikerjakan nanti dipublikasikan atau diupload ke halaman internet

Print Layout; print layout menampilkan dokumen seperti apa yang akan tercetak lewat printer nantinya.

Reading Layout; adalah format tampilan dokumen yang dikhususkan untuk membaca. Tampilannya menyerupai seperti buku.

Outline View;

Tampilan outline menampilkan dokumen dalam bentuk outline. Anda dapat menampilkan judul tanpa teks. Jika Anda memindahkan, menuju bergerak teks yang menyertainya dengan itu.

Fungsi Menu MS Word

Hello world!

2011
05.03

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!