browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Tiga Mahasiswa PTIIK UB Lolos SAIP 2014

Posted by on December 31, 2013

Tiga mahasiswa jurusan informatika Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya berhasil lolos dalam seleksi SOI Asia Internship Program (SAIP) 2014. Mereka adalah Billy Novanta Yudhistira (2010), Dwi Fetiria Ningrum (2010) dan Angela Puspitasari (2010). Berkat keberhasilannya tersebut, pada tahun 2014 mendatang mereka berhak untuk mengikuti program magang selama satu bulan di perusahaan ternama yang berada di Jepang.

Tidak hanya bersaing dengan kandidat dari dalam negeri, ketiga mahasiswa tersebut juga harus menyisihkan para kandidat dari Thailand, Malaysia dan Jepang. Tercatat sebagai peserta yang mengikuti seleksi program tersebut; 10 kandidat dari Indonesia, 40 Kandidat dari Thailand, 4 kandidat dari Malaysia dan 1 kandidat dari Jepang.

Menurut Billy, sebelum mengikuti berbagai tahapan seleksi, para peserta terlebih dahulu diberikan kesempatan untuk mengenal Weathernews Inc. Dan NTT Data Corp., dua perusahaan Jepang yang akan dijadikan tempat magang bagi kandidat terpilih. Para perwakilan kedua perusahaan tersebut mengenalkan perusahaannya pada para kandidat melalui teleconference yang dilakukan di ruang teleconference lt. 5 gedung perpustakaan UB.

Setelahnya, para kandidat harus mengikuti berbagai rangkaian seleksi, atara lain; seleksi administrasi (application screening), Logical communication skill test dan online interview (videoconference). Pada tahapan application screening dilakukan penilaian atas kemampuan bahasa Inggris peserta yang ditunjukkan lewat sertifikat TOEFL atau IELTS, serta bidang keminatan yang ingin dikembangkan oleh peserta pada saat magang.

Pada tahap kedua Logical communication skill test, peserta diwajibkan untuk mengerjakan 12 pertanyaan study case dalam bahasa Inggris dalam waktu 50 menit. Pada tahap ini giliran kemampuan peserta dalam mengkomunikasikan pemikirannya baik pada client maupun atasan yang diuji. Bagi peserta yang lolos tahapan ini dapat maju ke tahap Virtual Internship. Dimana para kandidat wajib untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Weathernews Inc. dan NTT Data Corp.

Di kesempatan itu Weathernews Inc. meminta para kandidat untuk membuat sistem pencarian rute pelayaran dalam waktu 3 minggu, dengan syarat kandidat harus membangun struktur datanya sendiri dan tidak diperbolehkan menggunakan data based yang telah ada. Sementara, tugas dari NTT Data Corp. Mengharuskan kandidat untuk membuat suatu perancangan bisnis dalam waktu 3 minggu. Kedua perusahaan mengharuskan setiap kandidat untuk mengirimkan laporan perkembangan hasil kerjanya setiap satu minggu sekali melalui email dan menyampaikan final report melalui online presentasi (skype/ video conference).
“Untuk virtual internshipnya kami para kandidat boleh mengerjakan seluruh tugas dari kedua perusahaan, atau memilih salah satu. Kemudian perusahaan akan memilih kandidat dengan hasil kerja terbaik, sebagai peserta magang diperusahaannya,” jelas Billy.

Dari berbagai rangkaian seleksi tersebut Weathernews Inc. menetapkan hanya 2 tim yang lolos; 1 tim dari Indonesia yang beranggotakan 3 mahasiswa PTIIK tersebut di atas dan 1 tim dari Thailand. Sementara itu, NTT Data Corp memilih 4 tim dari Thailand dan 1 orang dari Indonesia (Billy Novanta). Para kandidat terpilih tersebut akan memulai masa magangnya awal tahun depan. Dimana untuk peserta magang di Weathernews Inc. pada 17 Januari – 13 Februari 2014 dan untuk masa magang di NTT Data Corp. pada 17 Februari – 11 Maret 2014.
“Dwi dan Angela akan magang dari Januari sampai Februari 2014 di Weathernews Inc. Alhamdulillah saya terpilih untuk kedua perusahaan, jadi saya akan berada di Jepang untuk magang mulai 17 Januari sampai 11 Maret 2014,” ungkap Billy. [dna]

Sumber : ptiik.ub.ac.id