browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

PTIIK UB Dikunjungi oleh Universitas Teknologi Malaysia

Posted by on December 25, 2013

Prof. Dr. Rose Alinda, Pembantu Rektor I Universiti Teknologi Malaysia (UTM) mengunjungi Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (PTIIK) Universitas Brawijaya (23/12). Prof. Rose mengatakan bahwa kedatangannya bertujuan untuk memperkenalkan UTM, khususnya program doktoral (PhD) Faculty of Computing (FC) pada para dosen di PTIIK.

Prof. Rose menjelaskan bahwa hingga saat ini jumlah mahasiswa program post graduate di UTM sudah mencapai 3.000 orang. Dimana 600 diantaranya adalah mahasiswa program PhD.
“Bilangan untuk PhD di UTM sekarang sudah sampai enam ratus. Enam puluh perseratusnya (60%) dari antar bangsa. Dari Malaysia sendiri hanya empat puluh perseratusnya (40%),” jelas Prof. Rose.

Selain sarana dan prasarana yang menunjang kehidupan kampus, Prof. Rose mengatakan bahwa para mahasiswa PhD di UTM juga akan dapat merasakan pembelajaran dari para profesor universitas ternama, seperti Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Harvard University.
“Kami biasa datangkan profesor dari universiti ternama seperti MIT dan Harvard untuk guest lecture. Jadi tidak perlu sampai ke Amerika, cukup di UTM saja sudah dapat merasakan pengalaman pembelajaran seperti di Harvard dan MIT,” ungkapnya.

Untuk dapat masuk pada program PhD UTM, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Antara lain; kemampuan bahasa Inggris yang baik ditunjukkan dengan sertifikat TOEFL atau IELTS, GPA min 3.0 dan pengalaman research serta paper yang telah dilakukan atau dibuat juga menjadi bahan pertimbangan.

Prof. Rose juga memberikan beberapa informasi terkait beasiswa yang bisa didapatkan oleh peminat program PhD UTM. Beasiswa yang diberikan sangat beragam. Mulai dari beasiswa dari UTM, Pemerintah Malaysia, hingga beasiswa dari berbagai perusahaan atau Industri di Malaysia.

Untuk beasiswa dari pemerintah Malaysia (Malaysia International Scholarship/ MIS) dapat di apply sebelum masuk ke UTM. Menurut Prof. Rose, pengajuan MIS dapat dilakukan sejak calon pelajar UTM berada di negara asalnya.
“Untuk MIS dapat di apply sebelum masuk UTM. Cukup dengan menunjukkan surat penawaran dari UTM dengan lampiran berkas yang diwajibkan, sudah  dapat apply MIS,” jelasnya lagi. Diharapkan dengan adanya kunjungan dari perwakilan UTM ini dapat memberikan tambahan wawasan, khususnya bagi para dosen PTIIK yang berencana melanjutkan studinya. [dna]

Sumber : ptiik.ub.ac.id