browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Tutorial Mengakses Folder di Windows Dengan Mudah

Posted by on December 2, 2013

Saat pertama kali menggunakan windows, mungkin hanya ada beberapa folder saja di komputermu. Tapi seiring waktu semakin banyak folder yang kamu buat dan semakin sulit pula untuk mengaksesnya. Kamu perlu mencarinya diantara beberapa folder bahkan membuka beberapa folder terlebih dahulu untuk membukanya. Jika kamu bisa mengakses folder dengan mudah, tentunya produktifitasmu saat berkerja dengan windows lebih meningkat, sehingga kamu bisa melakukan perkerjaanmu dengan lebih mudah dan cepat.

Windows sebenarnya sudah dilengkapi beberapa fitur agar kamu bisa mengakses folder dengan mudah. Tips ini akan memudahkan kamu mengakses folder di windows.


1. Favorite

Fitur ini memberikan kamu kemudahan untuk membookmark folder di bagian favorite windows explorer sehingga kamu bisa membukanya hanya dengan 1 klik saja. Favorite terletak di sebelah kanan windows explores. Caranya, drag dan drop folder ke bagian favorite windows


2. Libraries

Libraries merupakan kumpulan beberapa folder yang dikumpulan di satu tempat. Misalnya library musik, gambar atau video. Kamu bisa menambahkan folder favoritemu kedalam libraries yang sudah ada, atau membuat libraries baru. Fitur ini letaknya di sebelah kanan windows explorer.

Baca artikel Cara menggunakan fitur libraries di windows berikut untuk tutorial cara menggunakannya.
cara membuka folder dengan cepat


3. Shortcut

Sesuai dengan namanya tentu cara ini berfungsi untuk memberi jalan pintas untuk mengakses folder favoritemu. Tidak hanya aplikasi, folderpun bisa kamu buatkan shotcut. Caranya, Klik kanan folder, kemudian pilih Create Shortcut. Shortcut ini bisa kamu pindahkan ke tempat yang mudah kamu akses misalnya desktop.
cara membuat shortcut folder di windows


4. Start Menu atau Start Screen

Bukan hanya aplikasi, kamu juga bisa menambahkan folder favoritemu ke dalam start menu atau start screen.

Untuk di windows 7, drag folder ke dalam start menu windows 7. Folder ini selanjutnya bisa kamu akses langsung melalui start menu layaknya kamu membuka aplikasi.

Sedangkan untuk windows 8, kamu bisa menambahkan folder ke start screen, dengan cara Klik kanan folder -> Pin to Start.  Folder akan muncul di start menu
tips akses folder dengan cepat di windows


5. Taskbar

Windows 7 dan windows 8 memiliki fitur yang disebut “pin” dimana kamu bisa menambahkan folder, aplikasi dan dokumen di taskbar windowsmu. Caranya Drag folder ke Taskbar atau buka folder favoritmu, klik kanan di Taskbar -> pin this program to taskbar.
cara buka folder cepat di windows 8cara pin folder di taskbar

Untuk menambahkan folder yang lain, klik kanan icon explorer kemudian klik icon pin disebelah folder. 
cara cepat membuka folder di windows 8

Itulah cara untuk mengakses folder dengan mudah di windows. Dengan cara diatas, kamu akan lebih produktif lagi saat menggungkan windows. Punya cara lain? Share di box komentar ya.

Sumber : pintar.co.id