browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Arsitektur Jawa dan Arab, Masjid Jami Malang

Posted by on November 29, 2013

http://dollah.zoomshare.com/files/malangkucecwara/images/Masjid_Jami_Malang.jpg

Salah satu landmark Kota Malang adalah Masjid Jami’, letaknya sangat strategis di pusat kota. Tepatnya, disebelah barat alun-alun Kota Malang. Masjid Jami’ Malang yang luasnya diatas lahan 3000M2 didirikan pada tahun 1890 M dan selesai pada 13 September 1903 M. Bangunan masjid ini berbentuk bujursangkar berstruktur baja dengan atap tajug tumpang 2, dan bangunan aslinya tersebut dipertahankan hingga saat ini.

http://static.panoramio.com/photos/large/48291743.jpgMasjid Jami’ Malang memiliki gaya arsitektur Jawa dan Arab, menyatunya dua gaya arsitektur ini dapat dilihat dari bentuk atapnya, tajug. Ini adalah ciri khas arsitektur jawa. Sedangkan gaya arsitektur arab terlihat dari bentuk kubah menara dan kontruksi lengkung pada pintu dan jendela masjid.

Didalam bangunan utama masjid terdapat 4 (empat) buah tiang besar yang terbuat dari kayu jati, 4 ini bermakna 4 sifat Nabi Muhammad SAw dan 20 (dua pulu) tiang atau kolom yang bentuknya dibuat mirip dengan kolom aslinya, 20 ini bermakna 20 sifat wajib Allah SWT.

Masjid Jami’ Malang merupakan salah satu 3 (tiga) masjid berhistoris di Jawa Timur, selain Masjid Sunan Ampel Surabaya dan Masjid Jami’ Pasuruan. Didalam masjid Jami’ Malang terdapat prasasti peresmian perluasan yang dimulai pada 15 Maret – 13 September 1903. Prasasti tersebut ditandatangani langsung oleh bupati ke-4 Malang, Raden Bagoes Mohamad Sarib.

Sumber artikel : Seputarmalang.com