browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Menuju Dies Natalis ke-51, UB Pecahkan Rekor MURI

Posted by on November 20, 2013

Awal tahun depan, Universitas Brawijaya akan merayakan umurnya yang ke-51. Dalam rangkaian Dies Natalis ke-51 UB tersebut yang kali ini dikomandani Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, akan dipecahkan Rekor MURI 51 orang Sivitas Akademika UB Menyelam selama 24 Jam”. Kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 21 – 22 Desember 2013 di Karang Mayit, Pasir Putih, Situbondo.

Para penyelam yang terdiri dari Dosen, Mahasiswa dan Karyawan ini akan menyelam di kedalaman 9-12 meter dengan tekanan berkisar 2 bar. Mereka akan didampingi Buddy (mitra penyelam) dari POSSI, AL, DKP Prop. Jatim, DKP Kab. Situbondo dan beberapa Perguruan Tinggi di Jawa Timur. Penyelam inti dari mahasiswa yang tergabung dalam FISHDIC (Fisheries Diving Club) FPIK UB dan pembinanya serta beberapa dosen dan karyawan lainnya dengan syarat bersertifikat/lisensi selam internasional (PADI; CMASS dsb).

Kegiatan yang akan dilakukan selama pemecahan rekor MURI ini adalah, Upacara Pengibaran Bendera Universitas Brawijaya di bawah laut, Mengamati ekosistem bawah laut, mencakup etologi dan interaksi biota bawah laut oleh 51 penyelam selama 24 jam. Hasil pengamatan itu akan dipublikasikan pada Buku Pengalaman dan Pengamatan Biota.

Dipilih lokasi Pasir Putih Situbondo dikarenakan merupakan tempat yang mendukung penyelaman baik dari segi biota lautnya maupun keamanan penyelaman. Selain itu, kawasan Pasir Putih merupakan daerah Pencadangan Kawasan Terumbu Karang yang termasuk Kawasan Konservasi Perairan Daerah. Ini berdasarkan Peraturan Bupati Situbondo Nomor : 19 Tahun 2012. [kandar/ai]

Sumber : Prasetya UB