browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Mengganti GRUB dengan BURG

Posted by on January 10, 2012

Bagi pengguna Linux, pastinya tidak asing dengan GRUB. Secara default, Grub pada Linux biasanya sangat membosankan. Ada yang hanya bergambar wallpaper biasa, ada pula yang hanya layar hitam dengan pilihan OS yang ada pada komputer, laptop, atau notebook. Namun, kini anda bisa mengganti Grub pada Linux anda dengan BURG. Boot loader untuk Linux yag memiliki tampilan cukup menarik. Entah saya yang memang kurang pengalaman dalam hal Linux, atau memang saya yang kurang mencari ilmu baru tentang Linux, sehingga saya tidak tahu tentang customize boot loader Linux. Berhubung ini masih fresh didalam otak saya, karena belum lama saya dapatkan, maka saya akan menulisnya disini sebagai dokumentasi agar tidak lupa.

Linux yang saya gunakan adalah Linux Mint 10 Julia. Maka, bagi anda yang menggunakan Ubuntu, bisa mengikuti perintah-perintah yang ada pada artikel ini. Cara install BURG pada Linux Mint 10 Julia:

1. Hubungkan Laptop, komputer, atau notebook anda ke internet. Karena semua paket-paket yang akan diinstall harus didownload dari internet.

2. Buka terminal Linux anda. Tambahkan repositori baru pada source list anda dengan perintah berikut:

sudo add-apt-repository ppa:bean123ch/burg

3. Update paket dengan perintah

sudo apt-get update

lanjutkan instalasi BURG dengan perintah:

sudo apt-get install burg burg-themes

4. Saat instalasi, akan muncul dimanakah anda akan memasang boot loader Linux anda. Jika anda hanya menggunakan 1 Harddisk, maka biasanya boot loader ada pada /dev/sda. Namun, jika lebih dari 1 hardisk, maka anda tentukan sendiri dimanakah anda akan memasang boot loader tersebut.

5. Setelah terpasang dengan baik, anda bisa test Burg denga perintah:

burg-emu

Beberapa tombol shortcut pada BURG saat laptop, komputer, atau notebook booting adalah sebagai berikut:

  • F1: Help
  • F2: Change Theme
  • F3: Change Resolution

Banyak theme BURG yang bisa anda gunakan untuk mempercantik tampilan boot loader Linux anda. Anda bisa mengunduh theme burg secara gratis. Bisa anda cari melalui Google. Folder theme dari BURG adalah:

/boot/burg/themes

Dengan BURG, maka tampilan boot loader Linux anda akan lebih menarik. Apalagi jika tampilan GRUB default Linux anda hanya layar hitam dengan tulisan pilihan OS yang ada pada komputer, laptop, atau notebook anda.

Salah satu theme yang saya suka dari BURG adalah Arabic and Freedom:

arabic and freedom Mengganti tampilan GRUB dengan BURG
Burg Theme

Sebagai catatan tambahan, penggantian theme anda lakukan saat komputer, laptop, atau notebook anda masuk kedalam Boot Loader setelah anda restart atau menghidupkan komputer, laptop, atau notebook anda. Cukup menarik bukan? Karena saya masih belum mencari theme BURG yang lain, maka sementara saya hanya memajang screen shot ini saja. Semoga catatan kecil ini bisa bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba.

Sumber dari sini.