browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Membuat file ISO menggunakan konsol/terminal di Linux (Ubuntu)

Posted by on January 10, 2012

Distro-distro di Linux ketika kita hendak mendownloadnya umumnya dikompres dalam bentuk file ISO. Hal ini memang sengaja dilakukan agar distro tersebut menjadi lebih kecil filenya sehingga cukup untuk dimuat di keping CD/DVD dan dapat di-burning ke CD/DVD menggunakan berbagai aplikasi seperti Nero (di Windows), K3B (Linux Desktop KDE) atau Brasero (Linux Desktop Gnome).

Sedangkan file ISO image sendiri adalah sebuah file archive dari optical disc yang menggunakan format ISO (International Organization for Standardization) yang banyak didukung oleh para vendor software. File ISO image biasanya memiliki ekstensi file . ISO tetapi Mac OS X ISO images seringkali memiliki ekstensi. CDR. Nama “ISO” diambil dari sistem file ISO 9660 yang digunakan untuk media CD-ROM, tapi sebuah ISO image juga dapat berisikan sistem file UDF karena UDF sebelumnya telah kompatibel dengan ISO 9660

Membuat file .ISO sangat mudah di Linux (Ubuntu) dan penggunaannya selain untuk membuat distro bisa juga digunakan untuk membackup file-file penting kita sehingga nantinya dapat kita burn ke keping CD/DVD.

Program yang digunakan adalah mkisofs dan secara default biasanya sudah terinstal di distro-distro Linux.

1. Membuat file ISO dari folder/direktori

Perintahnya adalah:

mkisofs -r -o backuphome.iso /home/username_anda/folder_target/

mkisofs : nama aplikasi untuk membuat file iso

-r : -rational-rock yang akan mengaktifkan informasi Rock Ridge (Ekstensi Rock Ridge memungkinkan nama file yang lebih panjang, symbolic links dan banyak kegunaan lainnya)

-o : Membuat nama file output

backuphome.iso : nama file iso yang akan digunakan

/home/username_anda/folder_target/ : folder/direktori yang akan dijadikan file iso

2. Membuat file ISO dari sebuah file

Perintahnya adalah:

mkisofs -r -o filebackup.iso /home/username_anda/folder_target/file_target

Contoh lainnya jika kita mempunyai kumpulan lagu dalam format MP3 dan kita ingin membackupnya dengan menjadikan semua lagu tersebut menjadi satu file iso maka perintahnya adalah:

mkisofs -r -o backuplagu.iso /home/username_anda/folder_target/*.mp3

3. Membuat file ISO dari drive CD/DVD

dd if=/dev/cdrom of=backup.iso

/dev/cdrom : lokasi nama drive CD/DVD

Semoga bermanfaat :) Sumbernya ini